Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Alibaba Cloud pada hari ini (20/12) mengumumkan pencapaiannya di tahun 2022 dan menjelaskan mengenai strategi kedepannya.
Strategi ini menunjukkan kedepannya Alibaba Cloud akan meluncurkan data center kembali atau tidak di Indonesia.
Karena terdapat tiga data center yang sudah diluncurkan di Indonesia dan strategi selanjutnya menuai rasa penasaran.
Baca Juga: Jadwal Rilis OnePlus 11 5G Diumumkan, Dukung Update OS Hingga 4 Tahun!
Alibaba Cloud menghadirkan tiga data center dan scrubbing center yang pertama di tahun 2018, lalu 2019 dan 2021.
Dari peluncuran tiap data center tersebut terdapat kebutuhan atau permintaan yang ada ke Alibaba Cloud.
Seperti halnya scrubbing center yang diluncurkan oleh Alibaba Cloud karena untuk security atau keamanan.
Baca Juga: Kemendikbud Ristek Gandeng AWS Kembangkan Transformasi Digital Indonesia, Layani 9 Juta Mahasiswa
Lalu untuk data center selanjutnya ialah mengikut tren kerja hybrid yang muncul pada masa-masa pandemi.
Alibaba Cloud bahkan memprediksi bahwa kerja hybrid akan terus berlangsung meski pandemi mulai landai.
"Semasa pandemi inijuga banyak yang memang menerapkan hybrid jadi offline dan online,makanya kita melihat di sini hybrid akan terus ada," ujar Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence kepada media di Jakarta Selatan. (20/12)
Terlebih lagi, kondisi Indonesia yang masih pandemi, membuat tren tersebut menjadi awet dan marketnya menjadi luas sehingga masih bisa untuk berkembang bagi perusahaan cloud di Indonesia.
Maka dari itu Alibaba Cloud memiliki strategi kedepannya data center di Indonesia.
Menurutnya, perusahaan memang melihat permintaan tinggi di Indonesia untuk cloud center.
Namun Alibaba Cloud tak mau langsung menghadirkan data center begitu saja melainkan harus dari permintaan terlabih dahulu.
Baca Juga: Ruang Virtual dan Avatar Cerdas Alibaba dan JP Games di Metaverse
"Tidak menutup kemungkinan jika nanti kedepannya marketnya bertambah jadi semuanya itu mungkin terjadi sesuai dengan demandnya kita berkespansi membuka data center kembali," ungkap Leon.
Selama tahun 2022 ini Alibaba Cloudtelah mengembangkan ekosistem lokalnya di Indonesia dengan bekerja sama dengan mitra teknologi berpengalaman termasuk ISV dan integrator sistem.
Tahun ini, para mitra termasukAdINs (spesialisdalam sistem multi-finance), Real Data Indonesia (dalam mMonitoring Kinerja Aplikasi Seluler), Dimata Sora Jayate (di ERP), Worxcode(di i-office), MKP (untuksistem pembayarane-tiket), 3Dolphins (di Chatbots & CRM) danZahir (diAplikasi Bisnis yang Terintegrasi), telah memperkuat kolaborasi mereka dengan Alibaba Cloud.
Setahun terakhir ini juga terdapat lebih dari 62.000 orangdi Indonesia telah mengikuti berbagai program pelatihan digital yang diselenggarakan oleh Alibaba Cloud.
Perusahaan bekerja sama dengan universitas lokal, asosiasi, inkubator startup, dan komunitas pengembang.
Alibaba Cloud telah memperkenalkan serangkaian produk di bidang analitik digital pada 2022 ini.
Seperti rekomendasi cerdas, manajemen aplikasi layanan mikro, solusi keamanan yang ditingkatkan, dan blockchainsebagai layanan bagi pelanggan untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka. (*)