Concept Luna Ala Dell : Produksi Laptop Ramah Lingkungan yang Bisa Didaur Ulang

Senin, 19 Desember 2022 | 20:30
Dell Technologies

Ilustrasi masa depan perakitan dan produksi laptop di Concept Luna

Nextren.com -Produsen laptop asal Amerika Serikat, Dell Technologies telahmemperkenalkan Concept Luna pada tahun 2021 lalu.

Concept Luna adalah sebuah konsep desain produk laptop dan komputer yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Concept Luna pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi limbah dan emisi yang dihasilkan dalam masa produksi laptop dan komputer.

Selain itu, Concept Luna juga menginginkan sebuah perangkat laptop dan komputer yang dapat diperbarui dan didaur ulang, sehingga materi komponen yang dikumpulkan bisa membuat laptop atau komputer generasi baru.

Dalam masa depan Concept Luna tak ada lagi komponen laptop dan komputer yang terbuang percuma dan menjadi tumpukan sampah elektronik.

Baca Juga: Tips Dell Menjaga Kemanan Siber Perusahaan di Era Hybrid: Jangan Percaya Siapapun!

Para insinyur yang tergabung dalam tim Experience Innovation Group Dell Technologies, dalam satu tahun terakhir telah mengembangkan desain modular Concept Luna.

Mereka berhasil meniadakan lem dan kabel, serta meminimalisir penggunaan sekrup dalam produksi laptop dan komputer ramah lingkungan.

Hal tersebut membuat pembongkaran dan perbaikan sebuah sistem laptop menjadi lebih mudah.

Dell Technologies
Dell Technologies

Perakitan motherboard dengan microfactory di Concept Luna Dell Technologies

Baca Juga: Teknologi Deep Learning Dell Turut Membantu Pelestarian Karang di Great Barrier Reef

Concept Luna dikaim mampu mempermudah dan mempercepat proses perbaikan dan pembongkaran, membuat akses ke berbagai komponen PC.

Selain itu, Dell juga mengatakan bahwa Concept Luna mampu memperluas peluang untuk penggunaan ulang.

Dengan teknologi yang ada saat ini, perlu waktu lebih dari satu jam untuk membongkar sebuah PC yang dibuat menggunakan sekrup, lem dan berbagai komponen yang disolder.

Dengan desain Concept Luna yang telah berevolusi, waktu pembongkaran berkurang jadi hanya beberapa menit.

Dell bahkan menunjuk sebuah pabrikan kecil untuk memandu tim desain Dell - hasilnya adalah sebuah perangkat yang dapat dibongkar robot dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Agar Tak Bingung Buang Sampah Elektronik, Dell Technologies Bantu Pensiunkan Perangkat TI Dengan Aman

Dell menggabungkan desain keberlanjutan Concept Luna dengan fitur telemetri, serta otomasi robotik untuk menciptaka perubahan besar di industri IT.

Dell berharap mampu membuat sebuah perangkat yang berkelanjutandengan dampak yang besar terhadap jutaan perangkat teknologi yang terjual setiap tahun.

Concept Luna diharapkan mampu menghematbahan baku di semua perangkat tersebut untuk digunakan kembali, diperbaiki, atau didaur ulang di masa yang akan datang.

Concept Luna menunjukkan bahwa masa depan di mana semakin banyak perangkat yang dirancang dengan desain modular mungkin akan terwujud dalam waktu dekat.

Penambahan fitur robotik dan otomasi mempercepat pembongkaran perangkat secara efisien, memeriksa kesehatan komponen dan sisa masa penggunaan, serta bisa mengetahui komponen mana saja yang bisa digunakan kembali, diperbaiki, atau didaur ulang.

Visi ini memiliki implikasi yang luas bagi Dell, para pelanggannya, dan industri TI pada umumnya, sebagai upaya bersama untuk mengurangi limbah elektronik.

Riset atau penelitian seperti ini menginspirasi tim insinyur, para pakar yang sangat peduli dengan pendekatan berkelanjutan, dan desainer di Dell Technologies untuk terus mengembangkan Concept Luna.

Meski saat ini “hanya sebuah konsep”, Concept Luna adalah visi jangka panjang Dell untuk mewujudkan dampak bisnis dan sosial yang lebih besar melalui praktik desain sirkular.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya