Twitter Luncurkan Centang Emas Tanda Verifikasi Untuk Akun Bisnis, Gimana Centang Biru?

Selasa, 13 Desember 2022 | 16:00
Tech Viral

Centang abu-abu, centang biru, dan centang emas pada Twitter

Nextren.com - Pada hari Senin, 12 Desember 2022 lalu, Twitter kembali meluncurkan Twitter Blue dan mengumumkan akan memberikan centang emas pada akun bisnis Twitter.

Sebelumnya wacana centang emas pada Twitter ini telah digaungkan sejak bulan November lalu, dan kini penanda verifikasi centang emas tersebut resmi diluncurkan.

Pengumuman resmi mengenai centang emas ini diketahui dari official Twitter yang mencuitkan hal tersebut.

Centang emas ini menjadi penanda baru, setelah sebelumnya terdapat centang biru dan centang abu-abu.

Centang biru yang selama ini digunakan oleh banyak orang untuk verifikasi bahwa akun tersebut adalah akun asli milik seseorang, kini telah berubah fungsi.

Centang biru akan diberikan kepada pengguna individu atau orang biasa yang berlangganan Twitter Blue.

Sedangkan akun multilateral atau pemerintah dan lainnya akan mendapatkan penanda verifikasi centang abu-abu.

Kemudian pada kesempatan peluncuran Twitter Blue kembali, Twitter memperkenalkan penanda verifikasi terbaru yaitu centang emas untuk akun bisnis Twitter.

Baca Juga: 5 Perubahan Besar di Twitter 2.0: Lebih Aman, Inklusif, dan Menyenangkan!

Mungkin sebagian dari kamu merasa bingung kenapa penanda verifikasi di Twitter jadi banyak setelah Elon Musk mengakuisisinya.

Sepertinya Elon Musk ingin memaksa pengguna akun Twitter, terlebih pengguna akun Twitter yang memiliki banyak followers untuk berlangganan Twitter Blue.

Untuk mendapatkan penanda verifikasi berupa centang biru, abu-abu atau emas tersebut harus berlangganan Twitter Blue terlebih dahulu.

Penanda verifikasi tersebut dapat membantu pengguna akun Twitter mencegah orang meniru akunnya.

Verifikasi tersebut menjadi penting, karena akun Twitter Nitendo dan Valve pernah terkena imbasnya, terdapat akun kloningan Nitendo dan Valve yang memiliki tanda centang biru dan mengunggah hal yang tidak layak.

Baca Juga: Elon Musk Klaim Keamanan Anak Jadi Prioritas, Kok Sepertinya Tidak?

Maka untuk itu, sepertinya jika kamu telah memiliki banyak followers, ada baiknya berlangganan Twitter Blue untuk mendapatkan penanda verifikasi.

Proses verifikasinya pun mudah, pengguna akan diminta untuk menghubungkan nomor telepon ke akun mereka sebelum mendapatkan penanda verifikasi.

Jika pengguna ingin mengubah username, nama tampilan, atau profil, pengguna harus membatalkan cek untuk sementara sampai akunnya diperiksa ulang.

Selain mendapatkan penanda verifikasi, pengguna Twitter Blue juga akan mendapatkan keuntungan lain.

Keuntungan tersebut antara lain adalah bisa mengedit tweet, mengunggah video dalam 1080 piksel, dan mode pembaca.

Kamu dapat berlangganan Twitte Blue dengan membayar USD 8 atau sekitar Rp 125 ribu untuk web dan USD 11 atau sekitar Rp 172 ribu untuk pengguna iOS.

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : enterpreneur.com

Baca Lainnya