Nextren.com -Banyak aspek yang menentukan kepuasan berbelanjan online di platform e-commerce.
Beberapa orang menganggap bahwa promosi dan harga menjadi patokan utama kepuasan pelanggan, namun hal tersebut tak sepenuhnya benar.
Menurut hasil survei terbaru dari Kadence International pada 2-15 Desember 2022, ada 3 aspek penting yang menentukan kepuasan pelanggan e-commerce.
Menariknya, promosi dan harga tidak termasuk dalam 3 aspek penting tersebut.
Lantas, apa 3 aspek penting yang berkontribusi besar terhadap kepuasan pelanggan e-commerce? Simak selengkapnya!
Survei Kadencemenemukan bahwa terdapat tiga faktor utama yang dicari pengguna platform e-commerce di Indonesia, yaitu faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman.
Ketiga faktor ini yang kemudian menentukan seberapa puas pengguna terhadap platform e-commerce yang digunakan.
Lebih lanjut, studi ini juga menemukan mengungkap platform e-commerce yang paling terpercaya.
Mayoritas responden menyebut Tokopedia sebagai platform yang paling aman (85%), dapat dipercaya (86%), serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman (86%).
Secara keseluruhan, Tokopedia merupakan platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi (89,68), diikuti oleh Shopee (87,77) dan Lazada (81,61).
Baca Juga: Kisah Pria Banten Raup 16 Juta Seminggu Lewat Komisi Link Jualan Tokopedia
Associate Research Director Kadence International, Adhistya Febriani mengatakan bahwa konsumen pada dasarnya mencari platform e-commerce yang dapat memberi rasa aman dan nyaman untuk pengguna.
"Dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia, konsumen mencari platform e-commerce yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna dalam keseluruhan rantai berbelanja konsumen," ujar Adhistya.
"Maka dari itu, faktor-faktor seperti jaminan kualitas barang,kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur esensial yang dipertimbangkan oleh pengguna,” sambungnya.
Baca Juga: Perkuat Talenta Digital Indonesia, Tokopedia Devcamp 2022 Selesai Digelar
Survei Kadence International juga menemukan bahwa Tokopedia merupakan yang paling unggul dalam hal kualitas barang (85%), keandalan layanan pengiriman (85%), serta dalam menjaga data pribadi pengguna (84%).
Dari sisi pembayaran, responden melihat Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode, dimana 88% responden memilih Tokopedia, dan 82% memilih Shopee.
Sementara itu, Blibli berada pada posisi ketiga pada aspek ini (62%), diikuti oleh Lazada.
Kadence International juga melihat bahwa penting bagi para platform e-commerce untuk beralih strategi dari hanya mengandalkan kompetisi promo ke taktik penguatan brand positioning mereka dari sisi keamanan, kualitas, dan pengalaman pengguna.
Baca Juga: Viral Modus Oknum Kurir GoJek Bawa Kabur iPhone hingga Laptop Gaming, Dibongkar Netizen!
Survei Kadence International melibatkan 1.200 pengguna platform e-commerce di kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan.
(*)