Inilah 3 Aspek Penting yang Bikin Pelanggan e-Commerce Puas, Gak Cuma Promo

Jumat, 09 Desember 2022 | 19:00
Kompas.com/Galuh Putri Riyanto

Ilustrasi logo platform e-commerce Indonesia

Nextren.com -Banyak aspek yang menentukan kepuasan berbelanjan online di platform e-commerce.

Beberapa orang menganggap bahwa promosi dan harga menjadi patokan utama kepuasan pelanggan, namun hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Menurut hasil survei terbaru dari Kadence International pada 2-15 Desember 2022, ada 3 aspek penting yang menentukan kepuasan pelanggan e-commerce.

Menariknya, promosi dan harga tidak termasuk dalam 3 aspek penting tersebut.

Lantas, apa 3 aspek penting yang berkontribusi besar terhadap kepuasan pelanggan e-commerce? Simak selengkapnya!

Baca Juga: Tren Baru Belanja Online: Shoppable Live Stream di TikTok Shop Sudah Dicoba 71 Persen Konsumen Indonesia

Survei Kadencemenemukan bahwa terdapat tiga faktor utama yang dicari pengguna platform e-commerce di Indonesia, yaitu faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman.

Ketiga faktor ini yang kemudian menentukan seberapa puas pengguna terhadap platform e-commerce yang digunakan.

Lebih lanjut, studi ini juga menemukan mengungkap platform e-commerce yang paling terpercaya.

Mayoritas responden menyebut Tokopedia sebagai platform yang paling aman (85%), dapat dipercaya (86%), serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman (86%).

Secara keseluruhan, Tokopedia merupakan platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi (89,68), diikuti oleh Shopee (87,77) dan Lazada (81,61).

Kadence International
Kadence International

3 Aspek penting yang berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan e-commerce

Baca Juga: Kisah Pria Banten Raup 16 Juta Seminggu Lewat Komisi Link Jualan Tokopedia

Associate Research Director Kadence International, Adhistya Febriani mengatakan bahwa konsumen pada dasarnya mencari platform e-commerce yang dapat memberi rasa aman dan nyaman untuk pengguna.

"Dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia, konsumen mencari platform e-commerce yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna dalam keseluruhan rantai berbelanja konsumen," ujar Adhistya.

"Maka dari itu, faktor-faktor seperti jaminan kualitas barang,kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur esensial yang dipertimbangkan oleh pengguna,” sambungnya.

Baca Juga: Perkuat Talenta Digital Indonesia, Tokopedia Devcamp 2022 Selesai Digelar

Survei Kadence International juga menemukan bahwa Tokopedia merupakan yang paling unggul dalam hal kualitas barang (85%), keandalan layanan pengiriman (85%), serta dalam menjaga data pribadi pengguna (84%).

Dari sisi pembayaran, responden melihat Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode, dimana 88% responden memilih Tokopedia, dan 82% memilih Shopee.

Sementara itu, Blibli berada pada posisi ketiga pada aspek ini (62%), diikuti oleh Lazada.

Kadence International juga melihat bahwa penting bagi para platform e-commerce untuk beralih strategi dari hanya mengandalkan kompetisi promo ke taktik penguatan brand positioning mereka dari sisi keamanan, kualitas, dan pengalaman pengguna.

Baca Juga: Viral Modus Oknum Kurir GoJek Bawa Kabur iPhone hingga Laptop Gaming, Dibongkar Netizen!

Survei Kadence International melibatkan 1.200 pengguna platform e-commerce di kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto