Facebook Kenalkan Fitur Baru Untuk Lindungi Data dan Privasi Anak Remaja

Rabu, 23 November 2022 | 12:30
Meta

Mark Zuckerberg saat umumkan nama baru Facebook, Meta

Nextren.com -SetelahMeta berkali-kali mendapat kecaman dari pembuat regulator dari negara-negara di dunia untuk melindungi para remaja di Facebook dan Instagram, kini Facebook kenalkan fitur baru lindungi data dan privasi anak remaja.

Setelah sebelumnya Meta mengeluarkan kebijakan baru untuk menghapus profil agama hingga pandangan politik, kini meta mengeluarkan fitur untuk mengatasi masalah data dan privasi anak di platformnya.

Hal ini mungkin juga dilakukan mengingat pengguna anak muda di Facebook mengalami penurunan, banyak anak mudah yang memilih beralih ke TikTok.

Baca Juga: Meta Induk Facebook Akhiri Berbagai Pengembangan Perangkat Karena Tidak Ada Dana

Fitur Baru Facebook Untuk Lindungi Privasi Anak Remaja

Saat ini Facebook menambahkan fitur baru dimana anak remaja bisa lebih banyak memfilter orang yang mungkin dikenal atau tidak dikenal.

Pengguna Facebook anak remaja dapat membatasi siapa saja daftar teman yang dapat dikirim pesan olehnya.

Fitur tersebut bernama "The People You May Know", fitur untuk terhubung kembali dengan teman lama yang telah lama hilang.

Namun fitur ini juga memungkinkan anak remaja yang bermain Facebook memfilter akun mencurigakan yang memungkinkan akan mengunggah hal intim.

Akan ada tombol mengirim pesan pada pengguna remaja untuk membantu anak remaja memfilter siapa saja yang hendak dikiriminya pesan.

Saat pengguna remaja mengirim pesan kepada orang dewasa, akan ada pertanyaan yang menanyakan apakah mereka mengenal orang tersebut di kehidupan nyata.

Setelah menjawab, pemberitahuan keamanan muncul dan pengguna bisa mencegah kontak lebih lanjut dengan orang tersebut.

Baca Juga: Waspada! Ada 400 Aplikasi Bisa Curi Akun Facebook User

Keleluasaan bukan hanya diberikan kepada anak remaja, tetapi juga kepada pengguna lain yang ingin melindungi unggahannya agar tidak dapat dilihat oleh anak remaja.

Artinya pengguna dapat memilih filter untuk membagikan atau memperlihatkan unggahannya kepada siapa yang dikehendaki.

Hal tersebut memungkinkan pengguna yang ingin menyebarkan gambar intim namun tidak dapat terlihat oleh pengguna Facebook anak remaja.

Baca Juga: Meta Masih Usaha Ajak Masyarakat Lindungi Privasi di Facebook

Kemudian, jika ada anak remaja yang kini menjad pengguna baru Facebook mereka akan mendapatkan opsi yang ketat untuk menjadi pengguna.

Pengguna remaja perlu mengikuti beberapa pengaturan privasi seperti iapa yang dapat melihat daftar teman mereka, orang dan halaman yang mereka ikuti, kiriman yang mereka tandai, dan siapa yang diizinkan untuk mengomentari kiriman.

Pengaturan tersebut juga tersedia di media sosial Instagram saat anak remaja hendak membuat akun Instagram.

Bentuk kepeduliaan Meta untuk melindungin data dan privasi anak remaja bukan hanya diusahakan melalui fitur terbaru ini saja.

Meta mengatakan tengah bekerjasama dengan National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC).

Kerjasama tersebut dilakukan untuk melindungi remaja yang khawatir gambar intim mereka disebar tanpa persetujuan.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : GSM Arena

Baca Lainnya