Meta Induk Facebook Akhiri Berbagai Pengembangan Perangkat Karena Tidak Ada Dana

Senin, 14 November 2022 | 20:00
Meta

Ilustrasi Metaverse

Nextren.com - Akibat dampak pelemahan ekonomi global yang semakin parah, Meta akhirnya memutuskan untuk menghentingkan pengembangan Smart Speaker.

Smart Speaker ini pertamakali diluncurkan pada tahun 2018, dan meningkat penggunannya d beberapa wilayah, terutama ketika pandemi melanda.

Kala itu Smart Speaker buatan Meta ini menjadi sarana untuk tetap terhubung dengan orang yang dicintai dan tidak bisa bertemu selama lockdown.

Namun kini Meta hendak memberhentikan pengembangan perangkat tersebut dan mengalihkan dananya untuk proyek lain yang selaras dengan visi jangka panjangnya.

Kabar ini tidak mengejutkan mengingat pada bulan Juni lalu Meta mengumumkan juga menghentikan produksi Layar Pintar Portal.

Namun sekarang, demi memangkan biaya Portal juga akan diberhentikan pengembangannya.

Mungkin Portal bukanlah kerugian besar, namun layana Portal yang dimiliki Meta merupakan wujud penting dari pengalaman pengguna Meta secara keseluruhan.

Bukan hanya Smart Speaker dan Portal, jam tangan pintarnya Meta nampaknya akan mengalami hal serupa.

Berbagai kemunduran di Meta memang semakin terlihat, bukan hanya dari berbagai pengembangan perangkat yang diberhentikan tetapi juga dari ribuan karyawan Meta yang diberhentikan.

Meta telah memberhentikan 11.000 karyawannya dari 87.000 karyawannya pada akhir September 2022.

Laporan keuangan Meta memang mengalami penurunan yang signifikan hingga bisa membuat Mark Zuckerberg tidak lagi menjadi sepuluh orang terkaya di Amerika.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Bukan Lagi Salah Satu Dari 10 Orang Amerika Terkaya, Kok Bisa?

Lebih dari pada itu, berbagai proyek yang diberhentikan Meta dan turunnya hasil pendapatan Meta juga digadang-gadang karena Meta hendak berinvestasi besar-besaran ke Metaverse.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Social Media Today

Baca Lainnya