Fitur Menarik Kamera Vlog Sony ZV-1F Untuk Konten Kreator, Termasuk Live Streaming

Kamis, 17 November 2022 | 11:53
Zihan Fajrin

Sony ZV-1F, kamera vlog 8 jutaan yang kaya fitur untuk konten kreator.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Sony ZV-1F merupakan kamera vlog yang belum lama ini (15/11) diluncurkan di Indonesia untuk konten kreator pemula, dan dibandrol seharga Rp 8 juta.

Kamera vlog Sony ZV-1F ini memiliki fitur menarik dan aksesoris tambahan yang bisa dimanfaatkan oleh konten kreator.

Desain dan ukuran kamera vlog Sony ZV-1F ini terlihat sederhana dan bisa dibawa kemana saja tanpa perlu repot.

Jangan lupa, setelah merekam dengan kamera yang sesuai, video tetap harus diedit dengan aplikasi video editor pilihan.

Baca Juga: Sony Rilis Kamera Vlog Alpha 7R V dan ZV-1F, Harganya Mulai 8 Jutaan

Kamera ZV-1F memiliki dimensi ukuran 105,5 x 60,0 x 46,4mm dan beratnya sekitar 256g (termasuk Baterai dan Kartu Memori) atau sekitar 229g (Bodi Saja).

Terdapat lensa fix ultra-wide 20mm untuk pengambilan gambar selfie yang optimal dan bidang pandang lebar untuk memperlihatkan lebih banyak latar belakang.

Kamera vlog ini juga menawarkan latar belakang bokeh dalam foto dan video.

Baca Juga: Kamera Pro Sony Alpha 7R V Resmi Meluncur di Indonesia, Bisa Rekam Video 8K

Terdapat tombol Bokeh Switch untuk memungkinkan pengguna beralih dengan cepat antara tampilan dengan latar belakang bokeh pada saat menyorot wajah dan tampilan tanpa bokeh, bahkan saat perekaman video berlangsung.

Warna kulit telah dioptimalkan untuk video maupun foto dengan pilihan 'Soft Skin Effect'. Tak hanya itu saja fitur yang hadir di kamera vlog Sony ZV-1F.

ZV-1F hadir dengan Face Priority AE yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan saat pengambilan gambar agar dapat mempercerah wajah secara optimal, bahkan di situasi di mana cahaya berubah.

Kamera ZV-1F juga menawarkan pemfokusan presisi tinggi serta Eye AF untuk manusia dan hewan yang memungkinkan autofocus untuk benar-benar melekat pada wajah dan mata tanpa teralihkan oleh subjek lain.

Zihan Fajrin

Sony ZV-1F dengan GP-VPT2BT.

Pengguna dapat dengan mudah mengubah subjek melalui layar sentuh kamera.

Baca Juga: Sony Xperia Ace IV Bakal Pakai Chipset Snapdragon 4 Gen 1 Super Kebut!

Layarnya berukuran 7,5cm dengan panel LCD TFT ini bisa disentuh saat ingin mengatur kamera, zooming atau mencari fokus.

Sony ZV-1F bisa merekam video 4K 30p/ FHD 120p, tersedia juga stabilisasi gambar dalam Mode Aktif (elektronik) untuk memastikan rekaman stabil dan mulus saat berjalan.

Ada fitur lainnya yang bisa bermanfaat bagi konten kreator, terdapat Preset Creative Look, menciptakan suasana yang diinginkan dalam foto maupun video dengan perbedaan dalam tone, kecerahan, kedalaman warna, dan masih banyak lagi.

Sebanyak 10 mode tersedia untuk meningkatkan kreativitas dan memungkinkan pengguna untuk membagikan konten secara langsung tanpa mengedit.

Baca Juga: Kamera Sony Cinema Line FX30 Diklaim Cocok untuk Film Maker Pemula, Segini Harganya

ZV-1F juga dilengkapi dengan mode slow dan quick motion, untuk pengambilan gambar slow motion pada kecepatan 5 x lebih lambat 7 dan quick motion pada kecepatan hyper lapse 60 x lebih cepat 8 untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Tentunya dalam vlogging atau membuat konten, suara yang terekam sangatlah penting, Sony ZV-1F hadir dengan mikrofon 3-capsule dan wind screen. Bagaimana dengan daya tahan baterai kamera ini?

Sony ZV-1F dilengkapi dengan baterai 3,6V yang bisa diisi ulang dayanya.

Baterai ini bisa bertahan sekitar 360 atau 180 menit ketika monitor menyala, lalu ketika monitor diatur otomatis nonaktif ke dua detik, baterai bisa bertahan selama 540 atau sekitar 270 menit.

Jika hanya untuk pengambilan gambar secara aktual, Sony ZV-1F bisa bertahan sekitar 60 menit dan pengambilan gambar kontinu bisa bertahan selama 90 menit.

Konten kreator atau pengguna dapat memindahkan hasil konten mereka lewat aplikasi Imaging Edge Mobile Plus.

Baca Juga: 3 Speaker Sony Portable Masuk Indonesia Diklaim Seperti Live Sound: SRS-XG300, SRS-XE300 dan SRS-XE200

Selain itu pengguna bahkan dapat menggunakan ZV-1F sebagai perangkat live-streaming dan dengan aplikasi konferensi video yang sesuai atau software serupa, ZV-1F dapat berfungsi sebagai kamera web saat dihubungkan ke komputer atau smartphone melalui USB.

Zihan Fajrin

Layar touchscreen Sony ZV-1F

Kamera ZV-1F kompatibel dengan GP-VPT2BT 17 Shooting Grip dengan Wireless Remote Commander yang menawarkan kontrol zoom, perekaman dan lainnya tanpa kabel, serta dapat diperluas menjadi mini-tripod untuk pengambilan gambar hands-free yang stabil.

Mikrofon eksternal juga dapat dipasangkan dengan mudah ke aksesori shoe untuk suara yang jernih.

Baca Juga: Spesifikasi Sony Xperia 5 IV Makin Mantap, Tapi Masih Cepat Panas!

Harga

Sony ZV-1F akan tersedia di Indonesia pada bulan Desember 2022 dalam warna hitam dan putih dengan harga Rp 7.999.000.

Para pelanggan dapat melakukan pembelian secara pre-order mulai tanggal 15 November hingga 11 Desember 2022.

Sony juga menghadirkan promo spesial selama pembelian dalam masa pre-order, di antaranya special pre-order package berupa Exclusive Sony ZV-1F Camera Sling Pouch dan Uniqlo Crossbody Bag.

Serta promosi untuk pembelian aksesoris Shooting Grip GP-VPT2BT berupa cashback sebesar Rp 500.000 setelah pembelian ZV-1F. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya