Kamera Pro Sony Alpha 7R V Resmi Meluncur di Indonesia, Bisa Rekam Video 8K

Rabu, 16 November 2022 | 12:25

Sony Alpha 7R V, kamera profesional dengan AI harganya 60 jutaan.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Sony Alpha 7R V merupakan kamera profesional yang baru diluncurkan oleh Sony Indonesia pada (16/11) di Jakarta Selatan.

Kamera canggih Alpha 7R V ini memiliki deretan keunggulan yang baru dan ada yang pertama kali dihadirkan dalam seri Alpha.

Salah satu keunggulan dari kamera 60 jutaan ini ialah adanya teknologi AI di dalam sensor yang terbenam di Alpha 7R V.

Baca Juga: Sony Xperia Ace IV Bakal Pakai Chipset Snapdragon 4 Gen 1 Super Kebut!

Teknologi pemrosesan AI (Artificial Intelegence) ini dikombinasikan oleh sensor gambar beresolusi tinggi Sony.

Menurut perusahaan pengenalan gambar berbasis AI merupakan yang pertama di series Alpha, sehingga pengguna dapat menikmati keunggulannya.

Yaitu unggul dalam mengidentifikasikan objek mana pun sehingga tingkat akurasi fokusnya lebih cepat.

Baca Juga: Kamera Sony Cinema Line FX30 Diklaim Cocok untuk Film Maker Pemula, Segini Harganya

Sony Alpha 7R V baru ini menawarkan gambar foto 61,0MP FE 50mm F1.2 GM ditambah sistem stabilisasi gambar 8-step yang sudah berstandar CIPA, serta output film 8K

Namun perlu dicatat, perekaman 8K ini tidak termasuk ketika kalian mengambil gambar slow dan quick motion.

Alpha 7R V memiliki Real-time Recognition AF, yang merupakan AF generasi berikutnya dengan akurasi canggih dan pengenalan subjek yang lebih luas berkat unit pemrosesan AI baru dengan pembelajaran mendalam.

Pemrosesan AI canggih menggunakan informasi detail mengenai bentuk manusia dan estimasi pose untuk meningkatkan akurasi pengenalan secara dramatis melampaui sistem yang hanya mendeteksi wajah dan mata, serta memanfaatkan potensi sepenuhnya.

Sony Alpha 7R V

Real-time Recognition AF, menggunakan pengenalan subjek AI, telah dikembangkan untuk menyertakan beberapa jenis subjek, termasuk hewan, kendaraan dan serangga.

Baca Juga: Xiaomi 12T 5G Masuk Indonesia 1 Desember 2022, Kameranya 108MP Sensor Samsung

Alpha 7R V juga mencakup pengambilan gambar kontinu hingga 10 fps dengan pelacakan AF/AE.

Di Alpha 7R V juga terdapat mesin pemrosesan gambar BIONZ XR canggih, pertama di jajaran full-frame "R".

Mesin pemrosesan gambar BIONZ XR terbaru memastikan bahwa potensi resolusi sensor kamera dimanfaatkan sepenuhnya untuk menghasilkan resolusi tertinggi pada sensitivitas rendah dalam seri Alpha sejauh ini.

Hal ini memungkinkan pengaturan sensitivitas dari ISO 100 hingga ISO 32000 yang dapat diperluas ke ISO 50-80 dan 40000-102400 untuk foto.

Baca Juga: Unboxing dan Hands on OPPO A17, HP 2 Jutaan Pakai Desain Paling Premium

Serta ada rentang dinamis luas dengan 15 stops untuk foto.

Alpha 7R V juga terdapat monitor multi-angle 4-axis baru yang memadukan kegunaan monitor tilting konvensional dengan fleksibilitas vari-angle yang dapat dibuka ke samping, dan viewfinder elektronik dengan 9,44 juta titik.

Alpha 7R V juga dilengkapi dengan dua slot media yang kompatibel dengan CFexpress Type A/SDXC dan sistem menu baru dengan kontrol sentuh, serta berbagai fungsi yang dapat disesuaikan.

Alpha 7R V juga memungkinkan para profesional untuk mengoptimalkan alur kerja mereka dengan konektivitas yang diperbarui untuk dukungan yang lebih baik.

Data dapat ditransfer dengan kecepatan tinggi melalui Wi-Fi (802,11ac) 2x2 MIMO atau koneksi kabel SuperSpeed USB 10Gbps melalui port USB-C.

Selain memungkinkan pengambilan gambar jarak jauh yang efisien serta transfer file foto dan film, fitur streaming USB baru mendukung UVC/UAC, sehingga memungkinkan streaming langsung dari kamera, bahkan dalam resolusi 4K (QFHD) dan dengan audio.

Baca Juga: 3 Speaker Sony Portable Masuk Indonesia Diklaim Seperti Live Sound: SRS-XG300, SRS-XE300 dan SRS-XE200

Berdasarkan masukan dari para profesional, perusahaan mengatakan Alpha 7R V memiliki disipasi panas yang lebih baik untuk waktu perekaman yang lebih lama, desain tahan debu dan kelembapan yang ditingkatkan, sasis magnesium alloy yang tahan lama, dan penyempurnaan lainnya untuk keandalan maksimum di lingkungan kerja yang menantang.

Kamera terbaru dari Sony ini ditujukan bagi para profesional yang membutuhkan alat pencitraan beresolusi tinggi kelas atas dan cocok digunakan para fotografer portrait dan landscape, baik profesional maupun enthusiast, serta fotografer wedding profesional.

Sony Alpha 7R V

Alpha 7R V kompatibel dengan lensa tertentu yang menyertakan stabilisasi gambar built-in untuk framing yang lebih stabil dan rekaman yang halus.

Baca Juga: Unboxing & Hands On OPPO A77s, HP 3 Jutaan Dengan RAM 8GB dan Kamera 50MP

Harga

Sony Alpha 7R V akan tersedia di Indonesia mulai bulan Desember 2022 dengan harga Rp 59.999.000.

Pembelian secara pre-order dapat dilakukan mulai tanggal 15 November hingga 4 Desember 2022.

Dengan melakukan pembelian dalam periode pre-order, para pelanggan akan mendapatkan kartu memori CEA-G160T senilai Rp 6.399.000 secara gratis.

Selain itu, Sony juga menghadirkan special promotion untuk pembelian bundling dengan lensa, seperti potongan harga sebesar Rp1.000.000 untuk SEL35F14GM dan SEL50F12GM, serta potongan harga sebesar Rp1.400.000 untuk SEL1635GM dan SEL100400GM. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya