Spesifikasi Sony Xperia 5 IV Makin Mantap, Tapi Masih Cepat Panas!

Senin, 05 September 2022 | 15:21
https://www.gsmarena.com/sony_xperia_5_iv_is_official_with_bigger_battery_brighter_display-news-55596.php

Penampakan Sony Xperia 5 IV

Nextren.com - Setelah lama menjadi perbincangan di kalangan pecinta gadget, akhirnya Sony secara resmi telah merilis smartphone terbaru mereka yaitu Sony Xperia 5 IV (Sony Xperia Five Mark Four)

"Sony Xperia Five Mark Four" Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sony Xperia 5 IV Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 1", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/09/03/08000097/sony-xperia-5-iv-meluncur-dengan-snapdragon-8-gen-1. Penulis : Galuh Putri RiyantoEditor : Reza Wahyudi Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:Android: https://bit.ly/3g85pkAiOS: https://apple.co/3hXWJ0
Dengan dirilisnyaSony Xperia 5 IV, mereka nampaknya semakin serius bersaing dengan banyak brand lain yang berlomba-lomba membuat lini hp flagship dengan desain compact namun tetap bertenaga, seperti Asus Zenfone 9 yang rilis belum lama ini.

Meski dibekali dengan spesifikasi yang lebih baik dari seri sebelumya, seperti baterai yang lebih besar maupun kamera yang lebih baik, namun Sony Xperia 5 IV ini tetap memiliki masalah serius pada manajemen panasnya sehingga masih sering cepat panas.

Baca Juga: Sony Luncurkan Seri Headset Gaming INZONE, Intip Fitur Andalannya!

Tetap Menjaga Kualitas Kamera

Sony Xperia 5 IV hadir dengan kamera depan yang memiliki sensor 12-megapixel dan juga tiga sensor lensa yang sama-sama berukuran 12-megapixel, seperti wide f/1.7, ultrawide f/2.2 dan telephoto f/2.4 dengan zoom optis 2,5x.

Ketiga lensa tersebut mampu merekam video 4k dengan kecepatan hingga 120 fps dan juga mampu menghasilkan beberapa foto yang sama pada 20 fps dengan mode autofocus.

Tidak heran jika kualitas kamera tetap menjadi andalan Sony Experia di setiap produk baru mereka.

Baca Juga: Hampir 50 Persen Hape di Seluruh Dunia Gunakan Sensor Kamera Sony

Kapasitas Baterai Semakin Besar

Lini flagship terbaru Sony Xperia ini dilengkapi dengan kapasitas baterai 5000mAh yang membuatnya lebih awet dibanding pendahulunya, yakni Sony Xperia 5 iii yang hanya berkapasitas 4500mAh.

Sistem pengisian daya pada hp ini dilengkapi dengan 30W USB-PD fast charging.

Selain itu juga mendukung wireless charging sehingga pengisian baterai bisa dilakukan lebih cepat dan mudah dibanding model sebelumnya.

Baca Juga: Review POCO C40, HP 1 Jutaan Kuat Gaming dan Tahan 4 Hari

Desain yang Semakin Compact

Desain padaSony Xperia 5 IV ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Sony Xperia 1 IV yang rilis bulan Mei tahun ini, mulai dari bentuk kamera yang cenderung memanjang ke bawah.

Dengan berat 172 g dan dimensi panjang 156 mm, lebar 67mm dan ketebalan 8.2 mm, hp ini pantas disejajarkan dengan banyak hp compact dari merek lain.

Layar hp ini juga dilangkapi dengan dengan kaca gorrila glass victus yang sudah memiliki layar OLED dengan 120Hz refresh rate.

Frame alumunium di hp ini hadir dengan tiga pilihan warna yaitu green, black dan echru white.

Material aluminium membuatnya terlihat lebih solid, selain itu IP65/68 mampu membuatnya tahan air di kedalaman 1.5 m selama 30 menit.

Baca Juga: Sony Xperia 1 dan Xperia 5 Bisa Upgrade ke Android 10, Ini Efek Baru yang Didapat

Chipset Kencang tapi Sering Overheat

Dapur pacu hp ini menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang sudah terbukti memberikan performa kencang dan juga stabil di banyak hp flagship.

Namun, dengan performa chipset yang kencang dan desain yang cenderung lebih kecil dan compact, justru membuat hp ini cepat panas (overheat).

Dilansir dari GSM arena, saat tes performa CPU, hp ini kerap mengalami throttling hingga mencapai 50% dalam menjaga suhu hp tidak terlalu panas, terutama saat penggunaan berat.

Bahkan seringkali dalam proses penggunaan kamera terutama perekaman video sebagai salah salah satu keunggulan menonjol di hp ini, juga sering muncul beberapa peringatan bahwa suhu CPU terlalu panas.

Meskipun layar OLED pada hp ini mendukung refresh rate yang mencapai 120Hz, namun saat pemakaian biasa peringatan masih juga sering terjadi.

Hal ini dikarenakan sistem padaXperia 5 IV secara otomatis kembali ke 60Hz, terutama ketika melakukan multitasking maupun bermain game untuk menjaga suhu tetap stabil.

Tentunya hal ini membuat penggunanya tidak nyaman. Namun pembatasan ini bertujuan agar Sony Xperia 5 IV dapat memiliki desain yang lebih minimalis dan compact.

Namun dengan banyaknya peningkatan spesifikasi dan desain yang ditawarkan, Nextren yakin flagship Sony ini mampu bersaing di pasar global.

Di pasar Amerika Serikar sendiri hp ini dibandrol dengan harga 999 dollar AS atau sekitar Rp 14,8 Juta untuk varian 8/128 GB.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah HP Overheating, Agar Tetap Nyaman dan Kinerja Terjaga

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : GSM Arena

Baca Lainnya