Modal 0 Rupiah, Ibu Ini Bisa Dapat Untung Jadi Mitra Tokopedia

Selasa, 01 November 2022 | 20:00

Marfour Syam, pemilik Toko Si Kembar yang mulai menjadi Mitra Tokopedia dengan modal Rp 0.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Tokopedia pada hari ini (1/11) menghadirkan kampanye baru dengan mengapresiasi pegiat usaha tradisional.

Salah satu acara dalam kampenye ini ialah menghadirkan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif.

Salah satunya kisah ibu Marfour Syam, pemilik Toko Si Kembar di daerah Bogor, Jawa Barat, yang memulai kisahnya menjadi mitra Tokopedia dengan modal Rp 0.

Baca Juga: Perkuat Talenta Digital Indonesia, Tokopedia Devcamp 2022 Selesai Digelar

Ibu Marfour menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja.

Menurut penjelasannya kepada media secara virtual, berkat Mitra Tokopedia, Marfour tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital.

Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik.

Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.

Baca Juga: Viral Modus Oknum Kurir GoJek Bawa Kabur iPhone hingga Laptop Gaming, Dibongkar Netizen!

"Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data," ujar Marfour.

Ada fitur yang sangat membantu Marfour di aplikasi Mitra Tokopedia.

Yaitu fitur Catat Hutang yang ternyata bisa mengatur pembukuan dan mencatat hutang pelanggan.

Pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia selain Marfour ada juga Titin.

Titin Lestari merupakan pemilik Toko Gibran di Medan, Sumatra Utara.

Ia mendirikan warung di 2017 dan bergabung menggunakan Mitra Tokopedia pada 2019.

Baca Juga: Dorong Inklusi Keuangan, Tokoscore Hadirkan Layanan Income Prediction dan Fraud Flags

Ia menggunakan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital di Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.

Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, Titin mengaku omzet harian warung Titin bisa mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia.

Karena tokonya lebih ramai pengunjung sejak menggunakan Mitra Tokopedia, Titin kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.

Mitra Tokopedia sendiri merupakan adalah aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya.

Yang memiliki kegunaan menstok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, token listrik dan masih banyak lagi. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya