Indodax Laporkan Akun Dark Tracer, Imbas Dituduh Alami Kebocoran Data

Selasa, 20 September 2022 | 17:39
quoteinspector.com

Ilustrasi CEO Indodax, Oscar Darmawan tegaskan langkah Indodax laporkan akun Dark Tracer setelah dituduh alami kebocoran data.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Platform transaksi aset kripto, Indodax laporkan akun Dark Tracer setelah dituduh alami kebocoran data.

Langkah Indodax laporkan akun Dark Tracer tersebut dilakukan pada hari Selasa (20/9).

Laporan tersebut dikatakan sebagai langkah Indodax terhadap kabar hoaks yang dibagikan oleh akun Dark Tracer di Twitter beberapa waktu lalu.

CEO Indodax, Oscar Darmawan menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh akun Twitter tersebut telah mencoreng citra Indodax.

Baca Juga: Bantah Kabar Kebocoran Data Pengguna, Begini Sistem Keamanan Indodax

Adanya informasi yang dipublikasi oleh Dark Tracer di Twitter juga diakui telah menimbulkan keresahan bagi para member Indodax.

Bahkan tidak hanya pengguna di Indodax di Indonesia, Oscar juga menyebut kalau hoaks yang dibagikan oleh Data Tracer juga mempengaruhi pegiat kripto di luar negeri.

"Langkah ini akhirnya kami lakukan setelah kami berkonsultasi dengan pihak hukum," ungkap Oscar dalam keterangan resmi yang Nextren terima, Selasa (20/9).

"Kami selaku manajemen Indodax menilai bahwa Dark Tracer menyebarkan isu yang tidak benar tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada kami," tambahnya.

Pihak Indodax juga menilai kalau isu kebocoran data yang dipublikasi Dark Tracer sudah merugikan brand-brand yang telah berkolaborasi dengan Indodax.

Baca Juga: Indodax Dituding Alami Kebocoran Data, CEO: Itu 100 Persen Hoaks

Melalui pernyataannya, Oscar menekankan kalau Indodax selalu fokus pada keamanan penggunanya.

Indodax mengklaim bahwa pihaknya menjamin keamanan kerahasiaan dan keamanan data membernya.

Diterangkan kalau sistem keamanan Indodax sudah mengantongi tiga sertifikasi ISO yaitu ISO 9001, ISO 27001, dan ISO 27017.

"Dengan sistem tersebut kami lakukan demi proteksi penuh member," tutur Oscar.

Ia menegaskan, "Tidak ada data leaked sebesar 50.000 dari server Indodax seperti yang diberitakan. Saya bisa pastikan server kami aman."

Baca Juga: Mata Uang Rupiah Digital Segera Diluncurkan BI, CEO Indodax: Ini Hal yang Berbeda

Dan Oscar pun mengimbau agar pengguna Indodax untuk selalu memastikan smartphone dan browser yang digunakan untuk trading kripto bersih dan aman.

Indodax Siap Pidanakan Akun Dark Tracer

Dengan adanya langkah Indodax laporkan akun Dark Tracer, platform transaksi kripto itu pun akan mengambil langkah tegas.

Oscar memastikan kalau Indodax siap mempidanakan akun Dark Tracer.

Indodax menilai kalau apa yang sudah dilakukan oleh akun Dark Tracer telah melanggar pasal pencemaran nama baik dan manipulasi informasi elektronik.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya