Kesan Pertama OPPO Reno8 Pro 5G Sebagai Standar Baru Kamera HP Mobile

Rabu, 14 September 2022 | 21:15
bagus

OPPO Reno8 Pro 5G dengan chip MariSilicon X menawarkan pengalaman baru dalam fotografi mobile

Nextren.com - Oppo Reno8 Pro 5G adalah kelas tertinggi dari keluarga Reno8 yang diperkenalkan di Indonesia dengan beberapa keunggulanlagship seperti pemakaian chip MariSilicon X yang dapat meningkatkan performa kamera dalam skenario pengambilan foto yang menantang.

Pemakaian chip NPU seperti MariSilicon X di OPPO Reno8B pro 5G akan menjadi standar baru fotografi mobile yang dapat menghasilkan gambar berkualitas.

Namun selain chip NPU, adabeberapa unsur flagship yang diberikan OPPO dalam perangkat Reno8 Pro 5G mulai dari material perangkat, chipset, sampai pada kameranya.

Desain Mewah & Premium Seperti Flagship

Kesan pertama saat memegang perangkat OPPO Reno8 Pro 5G adalah rasa mewah dari finishing kaca dengan segala catatan khasnya seperti pada perangkat flagship.

Panel belakang mengingatkan kami dengan lapisan porselen kaca yang biasa ditemukan pada guci dan keramik mahal.

bagus

2 pilihan warna OPPO Reno8 Pro 5G, Glazed Green (kiri) & Glazed Black (kanan)

Lalu untuk pemakaian desain secara keseluruhan, Reno8 Pro 5G juga menggunakan susunan kamera yang terinspirasi dari bentuk roll film kamera jadul.

Sedangkan pada bagian samping, Oppo Reno8 Pro 5G menggunakan frame alumunium yang menambah rasa mewah dari perangkat dengan beberapa aksen garis antena.

bagus

Bagian sisi-sisi dari OPPO Reno8 pro 5G

Baca Juga: Lihat Langsung Hasil Foto Kamera OPPO Reno8 Pro 5G Menangkap Keindahan Langit Malam Jakarta

Frame aluminium dan panel kaca di belakang membuat perangkat terasa satu level dibandingkan perangkat Reno8 lainnya yang pernah kami pegang.

Walaupun dengan segala kemewahannya, perangkat Reno8 5G memiliki bobot yang cukup ringan dan terasa langsing ketika digenggam.

Kami cukup takjub ketika memegang perangkat ini untuk pertama kali dibandingkan perangkat Find X5 pro 5G yang memiliki bahan serupa.

Pengalaman Entertainment Terbaik di Reno Series

Beralih ke bagian depan, OPPO Reno8 5G Pro menggunakan panel layar terbesar yang pernah digunakan di Reno series yaitu 6.7 inch.

Layar yang besar ini akan lebih menyenangkan bagi pengguna yang banyak menghabiskan waktu untuk mengkonsumsi konten di media sosial, bermain game, sampai kegiatan produktif di smartphone.

Apalagi RENO8 Pro 5G menggunakan panel OLED 120Hz yang memiliki karakter warna kontras, kuat, namun dengan saturasi yang pas.

bagus

Layar dari OPPO Reno8 Pro 5G dengan panel OLED 6.7 inch 120Hz

Racikan layar OPPO RENO8 Pro 5G sangat pas bagi kami yang sudah terbiasa mengedit konten secara mobile di Canva atau capcut karena ukuran besar dan warna yang baik.

Ketika bermain game, respons layar juga tidak perlu diragukan lagi dan sangat terasa ketika bermain game dengan pace cepat seperti Call of Duty Mobile atau Hyperfront.

Pengalaman entertainment di Reno8 Pro 5G juga didukung oleh sistem dual speaker yang akhirnya hadir di Reno series, khususnya pada seri Pro ini.

Baca Juga: Intip Hasil Foto OPPO Reno8 Pro 5G Di Kegelapan, Hasil Performa Marisilicon X

Performa Yang Lebih Dari Cukup

OPPO Reno8 Pro 5G dilengkapi dengan chipset dari Mediatek yaitu Dimensity 8100 Max 5G yang sebenarnya sudah memiliki performa sekelas flagship.

Performa ini didukung juga oleh RAM 12GB dan kapasitas penyimpanan hingga 256GB.

Kombinasi ini mampu menghasilkan skor benchmark yang cukup tinggi dan mampu memberikan ekspektasi yang cukup tinggi ketika bermain game.

bagus

Hasil Benchmark OPPO Reno8B Pro 5G dari AnTuTu (kiri) dan Geekbench (kanan)

Lalu pada sektor baterai, OPPO Reno8 Pro 5G menggunakan kapasitas 4500mAh yang mendukung pengisian daya 80W.

Jika berkaca dengan hasil pengetesan di Reno8 5G (versi non-pro), baterai dari 10 sampai 100% bisa terisi dalam waktu tidak sampai 30 menit.

Sektor performa dari Reno8 Pro 5G cukup menjanjikan dan tampaknya pengguna tidak perlu begitu khawatir dalam skenario pemakaian yang kasual.

Kamera

Keunggulan yang menjadi sorotan utama dari OPPO Reno8 Pro 5G adalah fotografi.

OPPO menggunakan sensor IMX 766 50MP di kamera utamanya ditambah kamera ultra wide 8MP sebagai kamera kedua, serta kamera depan 32MP dengans sensor IMX 709.

Baca Juga: Pengalaman Memakai OPPO Reno8 dan Enco Buds2 Sebagai Teman Perjalanan Sehari-Hari

Namun tidak hanya menggunakan sensor kelas flagship, Reno8 Pro 5G menggunakan chip NPU yang dikembangkan sendiri oleh OPPO yaitu MariSilicon X.

Chip ini memiliki peran khusus untuk memproses gambar dari hasil tangkapan foto sehingga memberikan hasil noise yang minim dan melebarkan HDR ketika dihadapkan pada skenario pengambilan foto yang lebih menantang.

Hasil dari kameranya bisa dilihat pada beberapa gambar di bawah ini.

bagus

Hasil Foto OPPO Reno8 Po 5G di hari yang terang

bagus

Hasil foto dengan mode portrait OPPO Reno8 Pro 5G

bagus

Hasil foto malam dari dengan mode portrait OPPO Reno8 Pro 5G

bagus

Hasil foto selfie OPPO Reno8 Pro 5G dengan efek bokeh flare portrait (kiri) dan mode malam (kanan)

Pada skenario pengambilan gambar di malam hari, kamera OPPO Reno8 Pro 5G bisa menangkap gambar dengan noise yang cukup minimal terutama ketika menggunakan mode malam atau night mode.

Lalu ketika mengambil foto menggunakan mode portrait dan filter bokeh flare portrait, pengguna bisa mendapatkan hasil foto yang cukup dramatis dan estetik.

Filter ini tidak hanya sekedar membuat efek foto bokeh dengan latar yang blur, namun juga membuat efek pendaran dari sumber cahaya yang ada di latar.

Efek ini biasa dihasilkan olehkamera DSLR atau mirrorless dan lensa ber aperture besar, namun kini dmartphone bisa menghasilkan efek serupa berkatkecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OPPO.

Baca Juga: Cek Hasil Skor Benchmark OPPO Reno8 5G di AnTuTu, 3DMark dan Uji Stress

Fitur lain yang ditawarkan oleh Reno8 Pro 5G ada mode pro untuk foto yang dilengkapi dengan histogram, "film" atau mode pro untuk video, slow-mo 960 FPS, dan masih banyak lagi.

Perekaman video di OPPO Reno8 Pro 5G mendukung hingga resolusi 4K di 30 FPS.

Kesimpulan

OPPO Reno8 Pro 5G menawarkan beberapa aspek kemewahan yang kamu dapat baik pada desain dan performa kamera.

Di kelasnya, Reno8 Pro 5G menawarkan panel belakang kaca yang sangat elegan seperti seri Find X namun memiliki bobot yang jauh lebih ringan.

Hadirnya chip Marsilicon X menjadi salah satu unsur pembeda dari performa kamera Reno8 Pro 5G di kelasnya, terutama pada kondisi ekstrim seperti Cahaya yang kurang dan backlit.

Bagus

OPPO Reno8 Pro 5G

Fitur yang diidamkan pengguna OPPO Reno selama ini juga akhirnya hadir yaitu speaker ganda dan layar yang besar, walaupun hanya hadir di seri Pro.

Ada beberapa fitur yang sebenarnya bisa menjadi catatan edisi Reno series berikutnya, apalagi jika melihat persaingan di kelasnya seperti stabilisasi secara optical.

Performa untuk main game atau produktifitas dari OPPO Reno8 Pro 5G juga tidak perlu diragukan dengan hadirnya Mediatek Dimensity 8100 Max dan RAM 12GB.

Sehingga perangkat ini siap menghadapi berbagai skenario pemakaian dari pemakainya mulai sebagai partner kerja, penangkap momen penting, sampai teman bersantai.

Spesifikasi OPPO Reno8 Pro 5G

Chipset Mediatek Dimensity 8100– Max 5G
Dimensi Ketebalan 7.34mm, Berat 183 gram
Kamera Depan 32MP IMX709
Kamera Belakang 50MP Main Camera+ 8MP Wide Angle+ 2MP kamera makro, MariSilicon X NPU
Layar 6.7 inci, OLED, 120Hz, Corning Gorilla Glass
RAM 12GB (Ram Expansion)
Penyimpanan 256GB
Baterai 4500mAh, 80W SUPERVOOC
Sistem Operasi ColorOS 12.1, Android 12
Warna Glazed Green & Glazed Black
(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya