Intip Hasil Foto OPPO Reno8 Pro 5G Di Kegelapan, Hasil Performa Marisilicon X

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:30
bagus

Desain panel belakang OPPO Reno8 Pro 5G yang terinspirasi dari kamera film vintage

Nextren.com - OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan chip NPU Marisilicon X yang khusus ditugaskan memproses hasil foto agar lebih baik.

Chip yang sebelumnya hanya dihadirkan pada Find X5 Pro ini akhirnya hadir juga di seri Reno8 khususnya Reno8 Pro 5G.

Beruntung kami sempat mencoba langsung performa dari chip MariSilicon X ini di OPPO RENO8 Pro 5G sebelum perilisannya pada tanggal 15 Agustus mendatang.

OPPO RENO8 Pro 5G sendiri sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang mumpuni, khususnya kehadiran dua sensor flagship dari Sony.

Reno8 Pro 5G menggunakan sensor IMX 709 beresolusi 32MP yang secara khusus dikembangkan oleh Sony bersama dengan OPPO dankamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX 766 50MP yang biasanya dipasangkan pada perangkat kelas flagship.

Kamera- kamera ini didukung oleh chip MariSilicon X yang spesial buat OPPO untuk meningkatkan performa pengambilan foto atau video dari perangkat Reno8 Pro 5G.

NPU atau Neural Processing Unit MariSilicon X adalah chip khusus untuk melakukan pemrosesan gambar yang ditangkap oleh kamera smartphone OPPO.

Berbeda dari menggunakan NPU bawaan yang menggunakan sistem shared DDR Bandwidth, NPU Marisilicon X menggunakan Extra DDR Bandwidth Dedicated yang memiliki kecepatan transmisi data hingga 8.5 GB/s, sehingga membuat pemrosesan gambar jadi lebih cepat dan menggunakan daya yang lebih hemat.

Chip Marisilicon X ini juga membuat perangkat Reno8 Pro 5G memiliki dynamic range yang tinggi, algoritma RAW yang bisa mengurangi noise, dan meningkatkan detail melalui peningkatan mode RGBW.

Lalu bagaimana hasil dari kamera OPPO RENO8 Pro 5G ini ?

Baca Juga: Menuju Peluncuran Reno8, Inilah Sederet Perjalanan Fitur Kamera OPPO Reno series

Kamera OPPO Reno Pro 5G

Peran utama dari chip MariSilicon X yang ada di perangkat OPPO Reno8 Pro 5G adalah memproses gambar dari hasil foto, termasuk mengurangi noise.

Pengurangan noise ini bisa terjadi karena hadirnya algoritma RAW terbaru.

Fitur ini memungkinkan chipset MariSilicon X dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna Red, Green, dan Blue secara paralel untuk menghasilkan foto di kondisi gelap yang jernih.

Hasilnya bisa dilihat pada foto-foto di bawah ini.

bagus

Hasil foto kamera utama OPPO Reno8 Pro 5G

bagus

Haisl foto kamera utama OPPO Reno8 Pro 5G

Foto-foto ini diambil dalam kondisi cahaya yang cukup minim dengan satu sorotan cahaya dan diambil dengan perangkat OPPO Reno8 Pro 5G.

Satu hal yang paling mengejutkan dari hasil foto OPPO Reno8 Pro 5G ini adalah noise yang sangat minim.

Bagus

Hasil foto Selfie OPPO Reno8 Pro 5G

bagus

Hasil Foto OPPO Reno8 Pro 5G dengan chip MariSilicon X

Baca Juga: Inilah Hasil foto Portrait OPPO Reno8 5G Yang Rapih dan Menarik Buat Pamer

Spesifikasi OPPO Reno8 Pro 5G

HP OPPO RENO8 Pro 5G menjadi perangkat dengan spesifikasi tertinggi dari Reno8 series yang dimasukkan ke pasar Indonesia.

Dimulai dari chipset yang digunakan yaitu Mediatek Dimensity 8100 Max 5G yang memiliki performa cukup tinggi bagi para pengguna yang cukup insentif dalam menggunakan smartphone.

Performa ini didukung oleh RAM 12GB yang juga didukung fitur RAM expansion.

Sedangkan untuk menyimpan data, OPPO RENO8 Pro 5G dilengkapi dengan kapasitas ROM 256GB.

Bagus

OPPO Reno8 Pro 5G

Untuk menunjang performanya, HP ini dilengkapi dengan baterai 4500mAh yang mendukung pengisian daya SuperVOOC 80W.

Menurut klaimnya, teknologi ini memungkinkan pengisian daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Sedangkan dari segi fotografi, OPPO RENO8 5G dilengkapi dengan sistem dual flagship sensor yaitu IMX 766 beresolusi 50MP di belakang dan IMX 709 beresolusi 32MP di depan.

Namun tidak sendiri, kamera belakang OPPO RENO8 Pro 5G juga dilengkapi dengan sensor 8MP ultra wide dan 2MP makro.

Terakhir pada sistem operasinya, OPPO Reno8 Pro 5G sudah menggunakan sistem antar muka ColorOS 12.1 yang berbasiskan android 12.

Baca Juga: OPPO Reno8 Series & OPPO Pad Air Resmi Masuk Indonesia 15 Agustus 2022

Tanggal Rilis OPPO Reno8 Pro 5G

Harga dari perangkat OPPO Reno8 5G akan diumumkan pada acara perilisan OPPO Reno8 series & IoT pada tanggal 15 Agustus 2022.

Acara ini akan ditayangkan secara live streaming di media sosial OPPO Indonesia seperti youtube, facebook, instagram, dan twitter pada pukul 12:00.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya