Menuju Peluncuran Reno8, Inilah Sederet Perjalanan Fitur Kamera OPPO Reno series

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:00
bagus

OPPO Reno series selalu dilengkapi dengan fitur kamera yang menarik dari Reno10x zoom sampai OPPO Reno8 yang akan hadir tanggal 15 agustus

Nextren.com -Fitur kamera di OPPO Reno series terus menghadirkan inovasi baru di setiap serinya, dari Reno 10x zoom sampai yang akan rilis tanggal 15 agustus nanti, OPPO Reno8.

Diawali dengan fitur kamera zoom di Reno edisi pertama, kini OPPO Reno series memfokuskan diri pada fitur kamera portrait yang semakin meningkat kualitasnya dari setiap generasi.

Hal ini tidak lepas dari pengembangan perangkat lunak ataupun keras terkait kamera oleh tim R&D OPPO di Reno series.

Baca Juga: OPPO Reno8 Series & OPPO Pad Air Resmi Masuk Indonesia 15 Agustus 2022

Hybrid 10x zoom

Ketika pertama kali hadir di dunia, OPPO langsung menghadirkan Reno10x zoom yang dilengkapi dengan teknologi lensa zoom secara mekanis di sebuah perangkat smartphone.

youtube/oppo
Oppo

Hasil foto Oppo Reno 10x zoom

OPPO Reno 10x zoom memiliki fitur mengambil foto dengan perbesaran hingga 10x secara hybrid atau perpaduan antara digital dan optical zoom.

Sehingga pengguna bisa mengambil foto jarak jauh dengan resolusi foto yang terjaga cukup tinggi dan masih memberikan ketajaman yang cukup.

Teknologi ini umumnya ditemukan pada kamera dengan lensa yang besar, namun bisa dimasukkan ke dalam body smartphone yang tipis.

Ultra Steady Video

Salah satu kekurangan dari merekam video dengan smartphone adalah masalah stabilitas.

Namun di Reno2 series, OPPO memperkenalkan fitur ultra Steady video yang mengkombinasikan antara stabilisasi video secara optical dan software.

Oppo New Zealand
Oppo New Zealand

Merekam video sambil bergerak di smartphone lain dan di OPPO Reno 2 Ultra Steady Mode

Fitur ini dapat mengurangi guncangan ketika mengambil video menggunakan smartphone terutama secara handheld.

Sehingga hasil video akan terhindar dari guncangan yang berlebih dan lebih nyaman untuk ditonton.

Baca Juga: Cara Kerja Ultra Steady di Reno, Bebas Bikin Video Sambil Bergerak dan Memotret Low Light

Ultra Clear 108MP

Pada generasi selanjutnya, OPPO Reno3 diberikan fitur yang disebut sebagai ultra clear 108MP.

Fitur ini memungkinkan kamera OPPO Reno3 dapat menghasilkan resolusi besar hingga ukuran 9024 x 12032 pixel.

Oppo
Oppo

Hasil 108 Ultra Clear Image Reno 3 jadi iklan di Gedung Veteran RI

Kualitas fitur ini ditunjukkan dengan menempatkan hasil jepretan foto dari perangkat Reno3 pada sisi luar Gedung Veteran RI di Jakarta Selatan.

Foto tersebut menampilkan persona OPPO, Cinta Laura dan Yoshi Sudarso yang dicetak dengan ukuran memanjang ke bawah 20 x 40 meter.

Baca Juga: Review Kamera Oppo Reno3: Tajam Saat Gelap, Stabilisasi Videonya Juara

AI Color Portrait

Selanjutnya di Reno4, OPPO mulai masuk ke ranah fotografi portrait yang bisa menghasilkan efek foto blur di latar namun objek tetap fokus.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Selfie Oppo Reno4 F dengan AI Color Portrait

Salah satunya adalah efek AI Color Portrait yang bisa membuat latar menjadi hitam putih sedangkan objek foto tetap berwarna.

Uniknya, fitur ini dapat digunakan saat memotret atau merekam video.

Baca Juga: Cara Aktifkan AI Color Portrait Oppo Reno4, Bikin Keren Foto Hitam Putih

AI Monochrome Video

Fitur video lainnya yang tak kalah menarik adalah AI Monochrome Video, yang secara prinsip dasar sama dengan fitur AI Color Portrait.

Bedanya fitur ini dapat menghadirkan warna tertentu seperti merah, hijau atau biru untuk objek foto.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil Video AI Monochrome Video Hijau

Sehingga hasil video akan mengubah warnanya menjadi hitam putih, kecuali warna filter yang dipilih.

Misalkan saja ketika menggunakan filter merah, maka lampu belakang mobil dalam video yang berwarna merah akan tidak diubah menjadi hitam putih.

Efek ini dapat menimbulkan video yang cukup unik khususnya ketika diunggah ke platform sosial media video pendek.

Dual View Video

Salah satu fitur yang cukup menarik di OPPO Reno series adalah Dual view camera yang dapat merekam video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus.

Fitur seperti ini sebelumnya hanya hadir di smartphone kelas atas yang cukup mahal ataumenggunakan aplikasi khusus dan membayar uang yang tidak sedikit untuk bisa merekam video dengan kamera depan dan belakang sekaligus.

Bagus

3 Hasil Dual View Camera Oppo Reno5

Namun dengan OPPO Reno series, pengguna dapat merasakan fitur perekaman video kamera depan dan belakang sekaligus di smartphone kelas menengah seperti OPPO Reno5.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kegiatan vlogging ataupun membuat konten video pendek di tiktok.

Misalkan saja untuk konten room tour atau unboxing yang sangat mengandalkan kamera belakang untuk menangkap suasana dan kamera depan untuk menangkap ekspresi wajah.

Baca Juga: Cara Rekam Video Kamera Depan dan Belakang Sekaligus di Oppo Reno5

AI Mix Portrait

Reno5 memiliki kemampuanmenggabungkan video portraitdengan video latar belakang AI Mixed Portrait menghadirkan efek video dengan eksposur ganda pada smartphone untuk pertama kalinya.

Fitur ini kurang lebih dapat menggabungkan 2 video yang terdiri dari objek dan latar yang berbeda untuk dijadikan dalam satu video.

Sekilas, fitur ini terlihat sangat artistik dan butuh keahlian khusus untuk menggabungkan secara manual, namun tidak di OPPO Reno5.

Bagus

AI Mixed Portrait Oppo Reno5

Dalam fitur AI Mix Portrait ini terdapat 2 mode yang dapat dipilih yaitu Blend dan Silhoutte Mode yang masing-masing memiliki ciri khasnya.

Pengguna nantinya bisa menentukan latar video yang diinginkan baik yang tersimpan di galeri ataupun merekam secara langsung.

Lalu dilanjutkan dengan merekam objeknya berupa manusia yang nantinya akan digabungkan dengan latar dan menghasilkan video yang unik dan menarik seperti video clip musik.

Proses ini berlangsung secara otomatis dan tergolong cepat sekali atau instan tanpa perlu sekolah film terlebih dahulu atau menonton tutorial edit video di youtube.

Baca Juga: Deretan Teknologi dan Inovasi Desain OPPO Reno Yang Canggih dan Menarik

Night Flare Portrait & Bokeh Flare Video

Tanpa perlu menggunakan kamera dengan diafragma yang besar, perangkat OPPO Reno series memiliki kemampuan mengambil foto atau video dengan efek bokeh.

Namun tidak hanya sekedar memiliki latar yang blur, efek bokeh di perangkat Reno6 dan Reno7 bisa memberikan efek kilauan dari sumber cahaya yang ada di latar seperti lampu gedung, lampu taman, atau bahkan cahaya matahari yang keluar lewat celah dedaunan.

bagus

Foto portrait dengan Bokeh flare di OPPO Reno8

Bokeh Flare Video menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Sedangkan Night Flare Portrait mengandalkan algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, yang membuat foto terlihat lebih cantik dan menarik dibanding mode portrait standar.

Fitur ini memang paling pas ketika digunakan untuk merekam video atau foto pada malam hari dengan latar lampu perkotaan yang dapat menambah nilai estetika dari gambar.

Tidak sampai pada latar yang lebih cantik, efek night flare portrait dan Bokeh FLare Video juga bisa membuat objek yang difoto lebih terang dengan sumber cahaya yang cukup saat proses pengambilan gambar dilakukan di malam hari.

Baca Juga: Fitur Bokeh Flare Portrait di OPPO Reno6, Hasil Foto Lebih Seru!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya