Hasil Jajak Pendapat YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Jumat, 09 September 2022 | 18:15
Dok. Tokopedia

Tokopedia menjadi merek yang paling direkomendasikan masyarakat Indonesia berdasarkan survei bertajuk “YouGov Recommend Rankings 2022”.

Nextren.com –Belum lama ini lembaga survei YouGov melakukan jajak pendapat untuk mengetahui jenama ataubrandyang paling sering direkomendasikan oleh masyarakat Indonesia. Jajak pendapat tersebut bertajuk “YouGov RecommendRankings2022”.

Sebagai informasi, jajak pendapat YouGov RecommendRankingsdiselenggarakan setiap tahun. Dari hasil jajak pendapat tahun ini ditemukan 10brandyang paling banyak direkomendasikan dari satu orang ke orang lainnya di Indonesia.

Hasil jajak pendapat tahun ini terbilang menarik karena posisi pertama dan kedua diduduki oleh perusahaane-commerce. Pada tahun sebelumnya, dua posisi teratas ditempati oleh perusahaan jasa, yakni Garuda Indonesia dan BCA.

Tahun ini, Tokopedia menduduki posisi pertama dengan skor 90,2. Kemudian, menyusul Shopee pada posisi kedua dengan skor 88,6 dan Samsung pada posisi ketiga dengan skor 88,2.

Baca Juga: GoPayLater Cicil, Layanan Cicilan di Tokopedia untuk WujudkanWishlist Produk Impian

Selain itu, secara berurutan terdapat pula beberapabrandkenamaan, antara lainApple, Netflix, Garuda Indonesia, BCA, Indomie, dan Allianz.

Dok. YouGov

Sebagai informasi, YouGov Recommend Rankings ditentukan dengan menghimpun data dari anggota pasar di seluruh dunia setiap hari, melalui tools YouGov BrandIndex.

Kinerja setiap brand dilacak dan monitor setiap hari berdasarkan berbagai metrik, dan peringkat Rekomendasi YouGov mengukur persentase pelanggan brand yang akan merekomendasikannya kepada teman atau kolega.

Data peringkat ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan YouGovRecommend+pendekatan baru untuk memahami advokasi konsumen. YouGovRecommend+menggunakan pendekatan diagnostik untuk memberi gambaranmengenaialasan yang mendorong sebuahbranddirekomendasikan.

Melalui laman resmi hasil jajak pendapat secara tertulis, lembaga survei yang berpusat di London, Inggris, itu juga memaparkan bahwa rekomendasi secara verbal atau yang dalam istilahmarketingdisebutword of mouth.

Word of mouthmenjadi sarana paling ampuh untuk meningkatkan eksposur suatu merek di Indonesia.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan PLUS by GoTo, Pengguna Bisa Nikmati Bebas Ongkir Tanpa Batas

YouGov menyebutkanbahwaada sejumlah faktor yang menentukan apakah seseorang akan merekomendasikan sebuahbrandatau tidakmelaluiword of mouth.Beberapadi antaranyaadalahpengalaman pelanggan(user experience),citra dan nilai merek, kepribadianmerek,sertasisiemosional konsumen.

Apabilaseorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk ataubrand,merekaakanmemberitahukannya kepada orang lain. Orang yang menerima rekomendasi akan cenderung mempercayainya karena berasal dari rekan atau kerabat dekat. Dengan demikian,word of mouthmenjadi cara promosi yang efektif.

Tak hanyabrandyang paling banyak direkomendasikan,hasil jajak pendapat YouGov Recommend Rankings 2022 juga menemukan10brandyang menurut masyarakat paling banyak melakukan pengembangan.

Adapun limabranddi posisi teratas dalam pemeringkatan tersebut secara berurutan adalah Microsoft Edge, Batik Air, WeTV Iflix, Alfamidi, dan IM3. Untuk membaca hasil jajak pendapat yang lebih lengkap, Anda dapat mengunjungisitus web YouGov. (**CM/NAT)

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya