Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Tokopedia START CX F1RST Summit 2022 kembali hadir untuk para praktisi CX, penjual dan siapa saja yang ingin mengetahui sisi teknologi dalam melayani pelanggan.
Acara Tokopedia START CX F1RST Summit 2022 merupakan acara tahunan yang dilaksanakan hari ini (8/9) mulai dari pukul 9.00 hingga 17.00 WIB.
Tokopedia START CX F1RST Summit 2022 kali ini memiliki tema yang cukup penting untuk pengusaha atau pembeli dalam mengenal pelanggan dan begitu juga sebaliknya.
Baca Juga: Tokopedia Hadirkan PLUS by GoTo, Pengguna Bisa Nikmati Bebas Ongkir Tanpa Batas
Tema acara besar ini ialah Redefining CX Strategies to Navigate the Complex Future of Business.
Melalui tema itu, START CX F1RST Summit 2022 menekankan pentingnya strategi dan implementasi pengalaman pelanggan (customer experience atau CX) yang memadukan sentuhan manusia, teknologi dan data.
Dan nantinya berguna untuk menumbuhkan kepuasan hingga loyalitas pelanggan, dalam lanskap usaha yang terus berkembang.
Acara ini dilaksanakan secara hybrid–daring melalui situs Tokopedia Academy dan luring di Tokopedia Tower.
Baca Juga: GoPayLater Cicil, Layanan Cicilan di Tokopedia untuk WujudkanWishlist Produk Impian
Bagi kalian yang langsung ingin melihat acara berlangsung bisa langsung ke SINI.
Siapa saja yang akan hadir dalam Tokopedia START F1RST Summit 2022?
Puluhan pemimpin CX dari industri perbankan, telekomunikasi, internet dan pemerintah, seperti Rudy, VP of Product and Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat, dan Chairlady Indonesia Customer Experience Professional Sri Safitri, akan mengisi START CX F1RST Summit 2022.
"Manajemen CX akan berpengaruh pada kinerja perusahaan. Di era digital ini, praktisi CX perlu terus belajar untuk memastikan praktik CX-nya telah bertransformasi sesuai kebutuhan pelanggan, untuk menghasilkan dampak yang maksimal," ujar Sri di Virtual Media Briefing (7/9).
Dalam acara ini, ada sejumlah inovasi yang mengedepankan sentuhan manusia sekaligus teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna Tokopedia (pembeli maupun penjual).
Bagi pembeli, terdapat pengelompokan jalur penanganan pertanyaan sesuai topik (service-based), sehingga pembeli bisa mendapatkan solusi yang lebih akurat dari Tokopedia Care.
Baca Juga: Tokopedia Rayakan Ulang Tahun ke-13, Ungkap Inovasi dan Pencapaian
Ada pula personalisasi CX yang memaksimalkan tim riset untuk selalu mendengar masukan pelanggan dan menjadikannya dasar untuk meningkatkan CX.
Termasuk investasi di artificial intelligence (AI) dan automasi dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pengalaman pelanggan, dan lain-lain.
Bagi penjual, terdapat self-service experience, dimana penjual dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri di platform Tokopedia.
Misalnya membuka toko, membuat daftar produk, memproses pesanan, memonitor performa, mengelola keuangan dan masih banyak lagi.
Baca Juga: 5 Cara Dapat Review Bintang 5 Dari Pembeli di Tokopedia, Penting Nih!
Penjual juga bisa memanfaatkan sistem pengalaman pelanggan berbasis digital, mengikuti program edukasi atau berkomunikasi langsung dengan Relationship Manager (RM) atau Customer First Squad (CFS) terkait pengembangaan usaha.
Puput mengatakan START CX F1RST Summit 2022 ini hadir sebagai upaya Tokopedia dalam membantu para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM.
"Melalui START CX F1RST Summit 2022, kami berupaya untuk terus membantu para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM, untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di era digital seperti saat ini," jelas Puput.
Konferensi tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat berinovasi dan mendorong kemajuan talenta digital di Indonesia, khususnya di bidang CX. (*)