Marketplace Logistik KargoNexus Dongkrak Efisiensi Waktu Pengadaan Logistik Hingga 30 Persen

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:52
KONTAN/Cheppy A. Muchlis/23/08/2018

Truk pengangkut petikemas beraktivitas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Nextren.com - Rumitnya masalah logistik di Indonesia yang membuat biaya tinggi, kini bisa diperbaiki dengan menyatukan pengirim, vendor, dan pengemudi, lewat sebuah marketplace logistik.Kargo Technologies, marketplace logistik di Indonesia, melalui KargoNexus mengumumkan kerja sama dengan Danone-AQUA untuk memperkuat sistem logistik operasional. Lewat kolaborasi ini, marketplace logistik Kargo telah membantu transformasi digital sistem logistik dan rantai pasokan perusahaan FMCG raksasa tersebut.Digitalisasi ini membantu sistem pengadaan dan pengiriman menjadi lebih sederhana dan terintegrasi. Perusahaan perlu memiliki sistem manajemen transportasi yang berjalan beriringan dan menyinergikan perencanaan permintaan hulu dengan proses pemenuhan transportasi.

Baca Juga: Inilah Potensi Karir di Digital Marketing, Salah Satu Top 10 Profesi Paling Banyak Dicari di LinkedInJika ada gangguan rantai pasokan, maka semua aspek akan terpengaruh. Hal ini juga berlaku untuk Danone-AQUA, sebuah perusahaan yang membutuhkan sistem pengiriman yang terintegrasi. Pada tahun 2022, Danone mengimplementasikan platform KargoNexus dalam membantu mengontrol dan menjamin proses pengiriman barang secara efektif dan efisien.KargoNexus menyediakan solusi pengelolaan rantai pasokan dan aktivitas logistik. Solusinya diklaim lengkap dan terintegrasi, sejak manajemen pengiriman first mile, mid mile hingga last mile, pemilihan vendor/transporter, pemantauan pengiriman hingga kinerja berbasis data digital melalui pemanfaatan teknologi. Platform ini juga membantu membuat keputusan bisnis yang akurat lewat laporan analisis data yang komprehensif. Misalnya, perusahaan dapat menentukan volume alokasi pengiriman ke pengangkut berdasarkan data kinerja di lapangan agar tetap selaras dengan tujuan bisnis perusahaan.Danone Cycles & Procurement Sr. Manager Logistics, Muhammad Riefqi mengatakan, salah satu tantangan utama yang dihadapi di lapangan adalah banyaknya waktu dan perencanaan yang dibutuhkan untuk berkoordinasi antara vendor dan driver. "Dengan solusi teknologi terbaru Kargo, kami dapat menghemat waktu karena vendor dan driver dapat berinteraksi langsung melalui satu platform. Lewat Kargo, kini Danone tidak perlu lagi mengejar-ngejar penyedia truk melalui telepon atau email. Sekarang, status pengiriman telah termpampang rapi dan sangat mudah untuk kami akses,” kata Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, yang memiliki lebih dari 15.000 karyawan dan 26 Pabrik di seluruh Indonesia.Maka logistik dan transportasi yang kuat menjadi kunci krusial agar dapat melayani pasar yang begitu besar.

Baca Juga: NTT Jakarta 3 Data Center Resmi Hadir, Dukung Melonjaknya Startup dan DigitalisasiRama Renspandy, Primary Supply Chain Regional Deployment Manager di Danone, meyakini bahwa kerja sama dengan Kargo akan membantu Danone untuk menyederhanakan sistem transportasi di lapangan. Selain itu, sistem Kargo juga memberikan transparansi yang lebih baik untuk memantau keseluruhan proses.“Berkat solusi KargoNexus, kami bisa memantau armada yang sedang melakukan pengiriman dengan mudah secara real time, sehingga visibilitas waktu kedatangan lebih akurat dan menangani issue lebih cepat dan mudah. Setiap pergerakan dan aktivitas armada juga bisa dilihat, sehingga lebih ringkas dan akurat dalam memprediksi waktu yang dibutuhkan dalam setiap rute menggunakan historical data.Co-Founder dan CEO Kargo Technologies, Tiger Fang, mengatakan “Kargo berada pada titik temu antara logistik dan teknologi dengan visi membangun infrastruktur digital untuk industri logistik di Indonesia. Kargo antusias membangun ekosistem yang memberikan kemudahan kepada klien, dengan merampingkan lanskap logistik dan transportasi di Indonesia lewat teknologi. Pandemi ini telah mengajarkan kita bahwa berpindah ke ranah digital bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Menurut Riefqi, kehadiran KargoNexus memberikan kemudahan dalam proses logistik, karena bisa memesan truk lebih mudah, mendapatkan gambaran harga dengan instan dan melakukan lelang digital untuk memastikan pemenuhan order melalui private bidding.“Kami juga dapat mengetahui aktivitas proses muat dan bongkar secara real time dengan data yang mudah diakses oleh kami berdasarkan rute, gudang dan tipe truk yang ada. Kehadiran KargoNexus memberikan stimulasi yang tepat bagi kami dalam melakukan berbagai kegiatan logistik,” ujar Riefqi.Dampak positif kolaborasi Kargo Technologies dan Danone-AQUA lewat platform KargoNexus antara lain adanya pengurangan intensitas dalam menelpon transporter hingga 99% dan mempercepat konfirmasi order sebanyak 85% dari sebelumnya.

Baca Juga: Kebutuhan Logistik di Indonesia Rumit Ingin Diatasi Startup ZyllemKeuntungan lainnya, Danone-AQUA dapat melihat dan memantau seluruh status pengiriman dan mendapatkan peningkatan 5x lebih banyak dari proses sebelumnya.Saat ini Danone-AQUA telah memulai transformasi digital pada sistem logistik mereka yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan telah mendapatkan peningkatan efisiensi pengadaan logistik hingga 30%. Aplikasi KargoNexus menyediakan akses terintegrasi tanpa batas ke pengirim barang untuk shipper, pengangkut, dan pengemudi. Platform ini, yang didukung oleh Kargo Technologies, memiliki sistem operasi utama untuk logistik di Indonesia, dan pemenuhan truk dengan akses ke lebih dari 8.000 operator dan 75.000 lebih banyak truk di seluruh negeri.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya