NTT Jakarta 3 Data Center Resmi Hadir, Dukung Melonjaknya Startup dan Digitalisasi

Kamis, 31 Maret 2022 | 17:13
NTT

NTT Jakarta 3 Data Center sudah resmi dibuka di kawasan Bekasi.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -NTT, perusahan infrasruktur dan layanan TI meresmikan Jakarta 3 Data Center di kawasan Cibitung, Bekasi.

Acara peresmian ini diawali dengan presentasi Mizuho Tada, Presiden Direktur NTT Ltd. Indonesia.

Tada menjelaskan tentang tujuan dibangunnya Jakarta 3 Data Center, infrastruktur bangunan, serta peningkatan apa yang bisa dirasakan klien dalam data center baru ini.

Baca Juga: NTT Rilis Hasil Survei Soal Pentingnya Keberlanjutan dalam Strategi Bisnis Perusahaan

Menurut NTT, lalu lintas digital di Indonesia meningkat secara eksponensial sebagai akibat dari lonjakan transaksi elektronik, sistem, dan konten digital selama masa pandemi.

Apabila kombinasi pertumbuhan yang pesat pada perusahaan startup dan jumlah populasi yang terus meningkat terjadi, hal tersebut membuat permintaan akan data center hyperscale meningkat tajam.

"Permintaan untuk data storage dan layanan hosting yang terkelola diperkirakan akan tumbuh secara dramatis di seluruh Indonesia," ujar Tada.

Oleh karena itu dihadirkannya Jakarta 3 Data Center yang diharapkan mengakomodasi kebutuhan klien khususnya penyedia layanan cloud dan industri keuangan.

Khususnya yang membutuhkan desain fasilitas yang fleksibel untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka. Apa keunggulan dari NTT Jakarta 3 Data Center?

Fasilitas

Keunggulan pertama NTT Jakarta 3 Data Center ialah dari fasilitas.

Data center ini memiliki empat lantai dengan kapasitas critical IT load sebesar 15,2 MW dan dapat meningkat menjadi 45MW.

Dengan tingkatan Tier IV-ready yang memiliki desain ringkas dan modular hal ini dapat memberi klien besaran daya yang fleksibel dan skalabel.

Cooling Wall System merupakan pertama di kelasnya yang menawarkan efisiensi dengan memberikan daya yang optimal dan pendinginan hemat biaya untuk mendukung high density hingga 15kW/rak.

Baca Juga: Jaringan Private 5G Akan Mulai Diterapkan Dalam 24 Bulan ke Depan

Dilengkapi dengan dua pembangkit listrik yang memasok listrik melalui rute yang berbeda, fasilitas daya data center, AC, dan security power supplies, dan fasilitas komunikasi semuanya dirancang dengan redundant system untuk memastikan adanya waktu kerja dan keandalan data yang berkelanjutan.

Terdapat ruangan-ruangan yang aman dan serbaguna dengan fasilitas yang nyaman, seperti Lobby Lounge dan ZEN Lounge.

Keduanya dilengkapi dengan pod pribadi untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung ruang pertemuan dan konferensi, dan area umum, seperti ruang istirahat dan kafetaria.

Sistem Pengontrolan

Jakarta 3 Data Center terdapat sistem monitoring terbaru dan tim monitoring yang bekerja 24/7/365.

Selain itu gedung dijaga dengan menggunakan beberapa tingkat keamanan dan perimeter pagar anti-panjat setinggi tiga meter.

Jaringan

NTT telah memasang kabel dari major carriers dengan berbagai rute di dalam gedung data center.

Klien akan mendapatkan keuntungan dari berbagai layanan jaringan yang ditawarkan ini, termasuk konektivitas ke major internet exchange melalui Jakarta 2 Data Center.

Baca Juga: NTT Ltd Rilis Hasil Survei Tentang Pengalaman Pelanggan Secara Global!

Dihadirkannya layanan komunikasi IP dengan kecepatan tinggi dan kapasitas besar, serta layanan VPN berkualitas dengan keandalan yang tinggi.

Perluasan jejak data center di Indonesia merupakan bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dilakukan oleh divisi Global Data Centers dari NTT, yang mengoperasikan salah satu platform data center terbesar di dunia.

Dan Negara Indonesia muncul sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di tingkat regional untuk penyediaan ruang data center dengan adanya ketersediaan sumber daya manusia dan kebijakan pemerintah.

"Komitmen kami yang berkelanjutan untuk Indonesia akan membantu memposisikan NTT sebagai pemimpin yang inovatif secara teknologi untuk menjawab industri masa depan," ungkap Masaaki Moribayashi, Presiden dan Dewan Direktur NTT Ltd. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya