Review Marshall Motif ANC Dengan Desain Rock n Roll Dan Kualitas Khas

Jumat, 10 Juni 2022 | 16:38
Bagus

Marshall Motif ANC

nextren.com-Ditengah gempuran merek teknologi raksaksa yang merilis produk TWS, Marshall adalah salah satu merek dengan reputasi di bidang audio yang tidak kalahdan terus mengikuti perkembangan jaman.

Merek yang pertama kali kami tahu dari produk ampli gitar inijuga memiliki line up produk audio lain yang cukup lengkap termasuk earphone True Wireless Stereo (TWS).

Salah satu produk yang kami sedang coba adalah flagship-nya yaitu Motif A.N.C yang dari namanya jelas mengedepankan fitur noise cancellation dan tentu desain yang rock n roll.

Namun bagaimana dengan aspek lain dari earphone ini seperti kualitas suara dan fitur ?

Desain yang Super Unik

Marshall Motif A.N.C membawa konsep desain yang cukup unik dengan finishing ala kulit seperti produk ampli gitarnya dan terkesan sangat rock n roll.

Sebenarnya desain ini sudah menjadi signature produk Marshall yang terasa unik ketika diterapkan ke produk earphone TWS.

bagus

Marshall Motif ANC

Case dari Marshall Motif ANC juga memiliki satu tombol untuk pairing, LED indikator, dan port USB C untuk mengisi daya.

Baca Juga: Review JBL Tune 225 TWS Ghost Edition, Desain Transpran Unik Dan Kualitas Super Detail

Walaupun desain dari marshall motif A.N.C memiliki beberapa catatan seperti build quality dari tutup nya dan desain tulisan Marshall yang cukup mengganggu jalan keluar masuk earpiece.

bagus

Desain Marshall Motif ANC yang menggadaikan kemudahan memakai

Tulisan Marshall ini menutup tulisan "since 1962" yang juga menjadi detail saat tutup case dibuka.

Namun hal ini bisa jadi tidak masalah jika tutup TWS bisa dibuka sampai full walaupun tidak ada sistem pegas yang membantu pengguna untuk akses ke earpiece.

Marshall Motif ANC menggunakan earpiece tipe in ear yang relatif punya peredaman suara pasif yang lebih baik dan menempel kuat di telinga.

Sentuhan kulit ala Marshall masih bisa temukan pada tangkai earpiece.

bagus

Desain earpiece TWS Marshall Motif ANC

Walaupun finishing matte earpiece tidak memberikan kesan sebagai earphone seharga jutaan rupiah.

Eartips dari Marshall Motif ANC ini memiliki 3 ukuran berbeda yang tersedia di kotaknya bersama dengan kabel USB-C dan kertas - kertas penting.

Baca Juga: Unboxing JBL Tune 225 Ghost Edition, TWS Transparan Anti Mainstream

bagus

Isi kotak Marshall Motif ANC

Terlepas dari segala catatannya, Marshall Motif A.N.C menjadi earphone yang memiliki desain paling unik di pasaran dan tidak akan dianggap sebagai earphone KW.

Kualitas Suara Yang Tidak Diragukan Lagi

Salah satu alasan mengapa sebuah earphone TWS bisa mahal adalah kualitas audio yang ditawarkan kepada telinga pengguna.

Marshall tentu saja bukan nama yang asing soal kualitas audio, termasuk pada sejumlah produk TWS yang satu ini.

Marshall Motif A.N.C memiliki karakter suara yang dominan di frekuensi bawah atau bass yang pas dan suara tinggi yang nyaman dengan sound stage yang tidak terlalu luas.

Menjadi kenikmatan sendiri saat mendengarkan lagu-lagu instrument dari Depapepe karena suara petikan gitar yang terdengar dengan sangat jernih dan separasi yang jelas.

Sedangkanuntuk mendengarkan lagu pop Jepang seperti Ano Yume Wo Nazotte dari Yoasobi, dentuman bass terdengar lebih nyaman dan suara tinggi yang cukup renyah dan jernih.

Walaupun memang suara dari Lilas Ikuta terdengar lebih tenggelam dibandingkan suara pengiringnya.

Baca Juga: TWS Sony LinkBuds S Rilis di Indonesia Seharga Rp 3 Jutaan, Ini Kemampuannya

Bahkan untuk menonton film seperti midway, suara mesin pesawat dan dentuman senjata anti udara terdengar sangat immersif dan memuaskan.

Dengan perangkat yang tepat, separasi suara Marshall Motif ANC ini menawarkan pengalaman audio yang sangat menyenangkan baik saat menonton film atau mendegarkan musik.

bagus

Pengujian kualitas audio Marshall Motif ANC dengan Xiaomi 11T Pro

Menurut kami, Marshall Motif ANC ini memang didesain untuk musik dan film saja karena latensi yang cukup tinggi ketika bermain game.

Sehingga bagi kamu yang senang bermain game seperti COD Mobile atau Apex Legends akan muncul delay yang cukup terasa antara visual di layar dan suara tembakan yang keluar dari earpiece.

ANC & Ambient Mode

Soal fitur, Marshall Motif A.N.C masih menawarkan beberap fitur standar dari sebuah TWS seharga 3 juta rupiah seperti actine noise cancelation dan ambient mode.

Fitur Ambient cukup sering kami gunakan ketika sedang naik KRL atau MRT untuk bisa mendengar pengumuman walaupun sedang mendengar musik.

Namun earphone ini memang tidak secanggih sejumlah TWS yang bisa selektif dalam memasukkan suara dari luar.

Baca Juga: Huawei FreeBuds SE Resmi Hadir, Harganya Pas di Kantong Nih!

Fitur Active Noise Cancellation atau ANC dari Marshall motif anc cukup jarang kami gunakan karena noise atau suara yang diredam tidak begitu banyak.

Ketika naik KRL, fitur ANC hanya mampu neredam sedikit suara gemuruh dari luar, sedangkan suara orang mengobrol atau gemuruh angin masih terdengar.

bagus

Fitting Marshall Motif ANC

Ketika kami coba untuk naik MRT, peredaman suara gemuruh dari kereta bawah tanah tidak begitu signifikan ketika ANC aktif ataupun tidak.

Walaupun untuk di beberapa kesempatan seperti suara hujan bisa teredam dengan cukup baik.

Sisipositif ketika fitur ANC di Marshall Motif ANC ini aktif adalah kualitas suara yang tidak jauh berbeda, yang seringkali tidak terjadi di produk TWS lain yang memiliki fitur ini.

bagus

Fitur mengatur ANC dan ambient mode di aplikasi marshall

Fitur ANC atau ambient mode ini bisa diatur kadarnya lewat aplikasi Marshall Bluetooth baik di iOS atau Play Store.

Meksipun pengaturan ini cukup jarang kami ubah dalam pemakaian sehari-hari.

Baca Juga: TWS POCO Buds Pro Edisi Spesial Genshin Impact Resmi Dirilis, Begini Wujudnya!

Fitur Dasar Lain

Seperti TWS pada umumnya, Marshall Motif ANC menggunakan tombol kapasitif di bagian sampingmu dengan pengaturan yang cukup lengkap seperti skip dan mengulang lagu, pause & play.

Sentuh sekali untuk pause, dua kali untuk skip lagu, dan tiga kali untuk mengulang lagu baik di earpiece kanan atau kiri.

Sedangkan gesture sentuh 3 kali akan membuat earpiece berpindah antara mode ANC, ambient, dan normal.

Pengaturan ini juga bisa diatur di aplikasi Marshall bluetooth sesuai keinginan.

Namun sayangnya earpiece ini tidak memiliki fungsi untuk mengatur volume ataupun panggil google assistant yang umum ditemukan pada TWS dari merek merek gadget ternama.

Mungkin fitur memanggil google assistant tidak begitu umum digunakan, namun fitur pengubah volume bisa jadi sangat berguna di beberapa situasi tertentu.

Lalu pada bagian dalam earpiece terdapat sensor untuk fungsi auto pause dan play ketika earpiece dilepas dari telinga yang sangat khas TWS seharga jutaan rupiah.

bagus

sensor di earpiece Marshall Motif ANC

Baca Juga: REVIEW Realme Buds Air 3: Audio Jernih dan Peredam Suara Kuat, Pas Menemani Aktifitas Sehari-hari

Baterai

Marshall Motif ANC ini disebut bisa bertahan hingga 20 jam lebih menurut klaim dari marshall.

Namun menurut kami TWS ini bisa lebih baik dari itu dengan ketahanan earpiece saja bisa mencapai 5-6 jam dalam mode normal dan sekitar 3-4 jam saat mode ANC aktif.

Casingnya sendiri bisa kami pakai untuk melakukan pengisian daya hingga 4 kali jika earpiece sellau dipakai sampai habis baterainya.

Sehingga dalam pemakaian secara terus menerus, Marshall Motif ANC ini memiliki waktu hingga 20 jam lebih,

Namun dalam pemakaian yang normal seperti mendengar musik setiap pulang pergi kantor dan dipakai saat jam istirahat, kami hanya perlu melakukan pengisian daya case setiap 1 sampai 2 minggu sekali saja.

Kesimpulan

Marshall Motif ANC menjadi TWS yang memang didesain bagi kamu pengguna kasual yang senang mendengarkan musik khususnya bagi yang membutuhkan suara bass dan treble yang tinggi.

Dengan memanfaatkan preset equalizer yang ada di aplikasi, kamu juga bisa memaksimalkan bass ataupun treble sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Apple Kabarnya Akan Merilis Beats Studio Buds dengan Varian Warna Baru

Lalu desain yang sangat unik dan berbeda akan membuat earphone ini lebih stand out di tempat umum dan sulit sekali menemukan orang yang mengira kalau ini adalah barang yang murah.

Fitur yang diberikan memang sudah mencukupu kebutuhan yang penting dari sebuah earphone TWS, mulai dari tombol kapasitif, ANC, ambient mode, dan fitur preset equalizer.

bagus

Marshall Motif ANC

Namun harus disadari kalau earphone ini memang didesain bagi enthusiast ataupun pengguna kasual yang senang mendengarkan musik karena latensi yang cukup tinggi saat bermain game.

Lalu fitur ANC juga bisa menjadi catatan karena perbedaan yang tidak begitu signifikan dari mode normalnya, walaupun tetap mampu meredam sedikit suara dari luar.

Bagi kami, Marshall Motif ANC ini sangat pas dipakai mendengarkan musik sambil menemani aktivitas sehari-hari mulai dari rebahan, di kereta, sampai sambil berkerja.

Baca Juga: Olike Hero T7 Pro dan Hero T9 Rilis, TWS Murah Rp 200 Ribuan

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya