ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Convertible dengan Dukungan Koneksi 4G LTE

Selasa, 07 Juni 2022 | 19:00
Dok. ASUS

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) hadir dengan layar convertible dan koneksi 4G LTE yang cepat.

Nextren.com–Tren bekerja dari mana saja (work from anywhere) semakin populer sejak aturan jaga jarak fisik diberlakukan pada masa pandemi Covid-19. Sebagian orang kini dituntut untuk tetap produktif meski tidak bekerja dari kantor.

Work from anywheresebenarnya bukan cara baru dalam bekerja. Sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi umumnya terbiasa bekerja dari berbagai tempat dengan menggunakan laptop.

Sayangnya,hampir seluruh aktivitas dilaptop membutuhkan koneksi internet.Tak heran jika jaringanwifisangat dibutuhkan untuk menunjang produktivitas pengguna laptop.

Sementara,tidak semua tempatmenyediakankoneksiwifi, khususnya di area publik. Sekalipuntersediawifi, terkadangkoneksinya tidak terbuka untuk umum atau jaringannya sulit ditangkapkarenasumber koneksinya terlalu jauh dari laptop.

Baca Juga: ASUS Bakal Rilis Laptop Yang Bisa Jadi Tablet Dengan Panel OLED Pertama di Indonesia

Meski demikian, teknologi dan fitur laptop semakin berkembang dari waktu ke waktu. Kini sudah ada laptop yang mampu terkoneksi dengan internet tanpa memerlukan jaringan kabel ataupunwifi,melainkan dengan menggunakan kartu subscriber identification module (SIM) layaknya ponsel.

Pengguna laptop dengan SIM bisa berlanggananpaketdata dan terhubung ke internet melalui jaringan seluler 4G LTE.Salah satu laptop yang menyediakan dukungan koneksi seluler 4G LTE adalah ASUS ExpertBookB3 Flip (B3402).

Laptop dengan layar seluas 14 inci tersebut memiliki slot kartu yang multifungsi pada bagian samping. Slot tersebut dapat digunakan untuk menampung kartu SIM dan kartu MicroSD.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dilengkapi fitur Hotspot yangmembuatnyadapat membagikan koneksi 4G LTEdarilaptop ke perangkat lain melaluiwifi. Sedangkan jaringan wifi laptop ini sudah dilengkapi dengan teknologiterbaru, yakni WiFi 6.

Baca Juga: Hands On ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop yang Cocok Untuk Pelajar

Tidak hanya itu, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menyediakan koneksi untuk kebutuhan enterprise yang masih mengandalkan jaringan kabel intranet. Laptop ini dibekali ethernet port atau local area network (LAN) yang masing-masing memiliki mac address unik.

Opsi konektivitas lain yang tersedia pada laptop tersebut antara lain port USB Type-A, USB Type-C dengan DisplayPort dan teknologi Thunderbolt 4, USB Power Delivery, High-Definition Multimedia Interface (HDMI), dan Bluetooth.

Layarconvertibledengan karakteristik unik

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) hadir semakin modern dengan layar laptop yang convertible atau dapat diputar hingga 360 derajat. Layar tersebut dilengkapi teknologi layar sentuh (touch screen) sehingga dapat digunakan layaknya tablet.

Dok. ASUS

Untuk memaksimalkan penggunaan layar sentuh, laptop tersebut hadir dengan pena digital ataustylus pen.Laptop juga memiliki kompartemen khusus untuk mengisi daya stylus pen sehingga pengguna tidak perlu mengganti baterai secara berkala.

Baca Juga: 4 Seri Laptop ASUS Zenbook Series Dirilis, Kompak Pakai Prosesor Intel Gen 12 dan Layar OLED

Stylus penASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dapat digunakan selama 45 menit dengan waktu pengisian daya sekitar 15 detik saja.

Untuk mendukung kenyamanan mata selama menggunakan laptop, layar ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali Fitur Eye Care. Berkat fitur tersebut, layar laptop memiliki tingkat paparan radiasi sinar biru (blue light) 70 persen lebih rendah dari layar laptop pada umumnya.

Fitur Eye Care pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) pun sudah mengantongi sertifikat low-blue light dari TUV Rheinland. Sertifikat tersebut diberikan untuk setiap produk yang memastikan mata pengguna tetap nyaman meski berhadapan dengan layar laptop dalam waktu yang lama.

Beralih ke bagiankeyboard, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki karakteristik yang unik. Sebab, laptop ini tidak memilikinumber padseperti laptop pada umumnya.

Baca Juga: Asus Vivobook Pro 14X OLED (N7400), si Ringkas yang Serbabisa Buat Kreator Konten

Namun, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dilengkapi fitur NumberPad 2.0 yang memungkinkan pengguna mengetik angka melalui tombol khusus pada permukaan touchpad.

Bagian bodi yang sejajar dengan keyboard juga dilapisi lapisan antibakteri, mengingat keyboard adalah bagian laptop yang paling sering disentuh oleh pengguna. Lapisan antibakteri tersebut telah teruji secara ilmiah mampu menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99 persen.

Lapisan antibakteri pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) telah memenuhi standar International Organization for Standardization (ISO) 22196 dan Japanese Industrial Standards(JIS) Z 2801.

Dual cameracanggih

Fitur lain yang tidak kalah menarik pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah dual camera dengan posisi berbeda, yakni pada bagian atas laptop dan sejajar dengan keyboard.

Baca Juga: ASUS ROG Umumkan Jajaran Laptop Gaming Terbaru di Ajang CES 2022

Kamerayangsejajar dengankeyboard,yang disebut dengan World Facing Camera, dapat digunakan sebagai kamera utama ketikalaptop digunakandengan modetentatau tablet.

World Facing Camera juga dilengkapi sensor kamera beresolusi 13 megapiksel (MP). Kamera ini tidak hanya fleksibel dan mudah untuk mengambil gambar dari berbagai sudut pandang (angle), tetapi juga mampu menampilkan gambar yang jernih.

Hardwaremodern yang gesit

Untuk melengkapi konektivitas 4G LTE yang dimiliki ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Asus juga turut menyematkan hardware modern pada laptop ini.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengancentral processing unit(CPU) 11th Gen Intel Core seri tertinggidengan konfigurasi 4coredan 8threads, yakni Intel Core i7-1165G7.

Baca Juga: Asus Luncurkan Tablet Gaming ROG Flow Z13, Bisa Pakai GPU Eksternal!

CPU dengan konfigurasi 4coredan 8threadmampu menunjang kebutuhan komputasi sehari-hari. Terlebih, CPU tersebut juga telah dibekali dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics untuk mendukungrefresh rate.

Lebih canggih lagi, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah terintegrasi dengan Graphic Processing Unit (GPU) Intel Iris Xe Graphics sehinggamampu mengolah grafis dengan baik, serta menghasilkan tampilan layar yang jernih dan detail.

Performa ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) semakin gesit berkat penggunaan media penyimpanan NVMe PCIe SSD 3.0, sertarandom access memory(RAM) DDR4 3200MHz yang kapasitasnya dapat ditingkatkan hingga 48gigabyte(GB).

Peningkatan performa ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) pun didukung oleh efisiensi penggunaan daya yang lebih baik sehingga baterai laptop tidak borossaat digunakan secara aktif.

Baca Juga: ASUS DialPad Hadir di Vivobook Pro 14X OLED, Jadi Standar Baru?

Fitur keamanan dan privasi

Tidak hanya memiliki performa yang gesitdanfitur-fitur eksklusif, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dirancang sebagai laptop denganteknologikeamanan kelasenterprise, baik dari sisisoftwaremaupunhardware.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengan Trusted Platform Module (TPM) 2.0 untuk meningkatkan keamanan data pengguna.

Selain itu, terdapat fitur-fitur penting untuk menjaga privasi pengguna, seperti Webcam Shield untuk mengaktifkan penutup webcam guna mencegah ancaman spionase, serta Secure File Shredder untuk menghapus file dan memastikan file tersebut tidak bisa diakses lagi.

Untuk memudahkan pengguna masuk ke dalam Windows sekaligus menjaga keamanan laptop agar tak dapat diakses orang lain, ASUS ExpertBookB3 Flip (B3402) dilengkapi dengan sensordan fitur kunci menggunakansidik jari.

Baca Juga: 3 Laptop ASUS ROG Intel Gen 12 Masuk Indonesia, Harganya? Bisa Buat Beli Motor Baru

Kunci sidik jari tidak hanya memudahkan pengguna untuk masuk ke halaman utama Windows, tetapi juga mencegah kebocoran password.

Selain perlindungan privasi dan data, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menawarkan perlindungan secara fisik. Laptop ini dibalut lapisananti-spillpadakeyboarduntuk mencegah kerusakankeyboardakibat tumpahan air.

Seluruhportpada laptop juga hadir dengan struktur penahan khusus untuk meminimalisasi kerusakan secara fisik.Terakhir,bodi laptop ini diperkuat dengan rangka khusus yang sangat tangguh sehingga tetap aman untuk dibawa bepergian.

Melihat spesifikasi, fitur, dan keunggulan yang ditawarkan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) cocok bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Didesain dengan rangka khusus yang tangguh, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dapat menjadi laptopconvertibleyang andal dan tahan banting untuk dibawa bermobilitas.

Intip informasi selengkapnya seputar spesifikasi dan pembelian ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) disitus web Asus.

Editor : Wandha Nur Hidayat