Netflix Terancam Kehilangan 2 Juta Pelanggan, Harga Langganan Bakal Turun Namun Ada Iklan

Rabu, 20 April 2022 | 18:30
MaxPixel's contributors

Ilustrasi menonton tayangan Netflix

Nextren.com -Setelah rumor panjang, Netflix benar-benar akan menghadirkan iklan di platform streamingnya.

19 April lalu, CEO Netflix Reed Hastings mengatakan bahwa Netflixakan mempertimbangkan pilihanuntuk menawarkan harga berlangganan yang lebih rendah dengan iklan.

Nantinya konsumen bisa memilih harga langganan yang lebih rendah namun dengan tambahan iklan di aplikasi.

Baca Juga: Asyik, Kini Pengguna Telkomsel Bisa Langganan Netflix Tanpa Kartu Kredit

Hastings mengungkapkan pernyataan tersebut dalam laporan pendapatan Netflix di Q1 2022.

Hastings mengakui bahwa memperkenalkan konten yang didukug iklan akan menjadi perbahan besardari segi mindset untuk perusahaan.

Secara historis, Netflix teguh melawan kerumitan dunia periklanan digital dan merupakan penggemar berat kesederhanaan berlangganan.

Setelah bertahun-tahun menolak menghadirkan iklan, Neflix kini memutuskan bersedia untuk menghadirkan iklan di platformnya.

Lantas, apa yang membuat Netflix berubah pendirian terkait iklan di platform streamingnya? Simak penjelasan di halaman berikutnya.

Baca Juga: Netflix Naikan Harga Berlangganan di AS, di Indonesia Naik Juga?

Hastings mengungkapkan gagasan tentang iklan di Netflix karena mendengar permintaan konsumen yang ingin mendapatkan harga berlangganan yang lebih rendah.

Ia merasa bahwa Netflix harus lebih toleran terhadap iklan jika ingin mewujudkan permintaan konsumen.

Netflix sendiri berusaha mati-matian untuk mewujudkan keinginan pelanggan setianya karena mereka telah kehilangan banyak pelanggan di Q1 2022.

Tak main-main, Netflix kehilangan 200.000 pelanggan secara global.

Angka ini menjadi yang terbesar bagi Netflix dalam satu dekade terakhir.

Kemudian, Netflix juga memperkirakan akan kehilangan 2 juta pelanggan lagi pada kuartal kedua tahun 2022 jika tak ada perubahan yang signifikan dari segi layanan.

Investors.com

CEO Netflix, Reed Hastings.

Baca Juga: 5 Drakor Perselingkuhan Seperti The World of the Married Ini Ada di Netflix Loh!

Ekspansi ke Siaran Langsung Olahraga

Selain menghadirkan iklan, Netflix juga akan melakukan ekspansi ke bidan olahraga.

Co-CEO Netflix, Ted Sarandos telah enjelaskan hal yang perlu dipersiapkan Netflix untuk melakukan ekspansi ke layanan siaran langsung olahraga.

"Saya tidak mengatakan bahwa kami tidakakan pernah melakukan (ekspansi) olahraga, tetapi kami harus melihat jalan untuk menumbuhkan aliran pendapatan yang besar dan aliran keuntungan yang besar dengan itu," ujar Ted Sanders seperti dilansir dari Deadline.

Baca Juga: Netflix Hentikan Penayangan Channel Rusia, Antisipasi Propaganda!

Netflix banyak kehilangan pelanggannya karena persaingan di industri streaming film/serial tv yang semakin ketat.

Pesaing seperti Hulu, Peacock, dan HBO Max menawarkan paket yang memungkinkan konsumen membayar lebih sedikit dengan adanya iklan di dalam platform.

Bagaimana pendapat sobat Nextren terkait rencana penambahan iklan di platform Netflix? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto