Tips Jualan Makin Untung Dari 2 Pelaku Bisnis: Manfaatkan Momen

Rabu, 20 April 2022 | 16:30

ShopeePay Talk ajak pelaku usaha untuk berikan tips UMKM lain untuk manfaatkan momen.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -ShopeePay kemarin (19/4) menghadirkan ShopeePay Talk yang mengajak dua pelaku bisnis yaitu Fore Coffee dan Ayam Keprabon Express memberikan banyak inspirasi untuk UMKM Indonesia.

Melihat momen Ramadan kali ini, kedua merchant memberikan tips jualan makin untung dengan memanfaatkan momen.

Banyak momen di tahun ini yang ternyata bisa diikuti para pelaku usaha dan tidak hanya Ramadan saja, bisa juga hari kasih sayang dan lainnya.

Baca Juga: Shopee Hentikan Bisnis di India Meski Baru 6 Bulan Beroperasi, Diprotes Pedagang Lokal?

Pada momen hari kasih sayang, misalnya, Ayam Keprabon Express menghadirkan promo khusus bundle dan membagikan bunga kepada pelanggan di sejumlah gerainya.

Lalu Fore Coffee meluncurkan beberapa kolaborasi dengan produk eksklusif dalam rangka merayakan momen spesial.

Ada beberapa tips dari kedua pelaku bisnis yang bisa kalian ikuti agar jualan makin untung.

Tips jualan makin untung mulailah dari memetakan momen spesial sepanjang tahun. Namun hal tersebut tidak segampang dari bayangan.

Para pelaku bisnis juga perlu menyadari bahwa pola pikir fleksibel dan terbuka juga perlu diterapkan, terlebih di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.

Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express mengatakan meski menu andalan usahanya adalah ayam geprek, namun ia dan timnya selalu berusaha untuk berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat.

"Untuk itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun, Ayam Keprabon Express selalu berusaha untuk jeli melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan," ujar Renny.

Ia melanjutkan, dalam pelaksanaannya, Ayam Keprabon Express berusaha selalu fleksibel memahami bahwa setiap kota memiliki karakteristik dan tren konsumen yang berbeda.

"Tidak hanya melalui media sosial, kami juga melakukan pendekatan lain seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial," tuturnya.

Baca Juga: Masalah Shopee Error Teratasi, Akses dan Transaksi Sudah Normal Lagi

Tips jualan makin untung selanjutnya adalah pentingnya bagi pelaku usaha untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen.

Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar.

Pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, namun juga membangun kedekatan emosional serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.

Sebagai contoh, Fore Coffee dikatakan selalu berpegangberpegang teguh pada value yang dimiliki, sehingga karakter kami sebagai brand pun akan tercermin dalam kampanye yang terlaksana.

"Melalui nilai-nilai tersebut, kami berhasil menghimpun basis konsumen loyal dan akhirnya Fore Coffee dapat menciptakan sendiri momen-momen spesial yang bisa dirayakan bersama," jelasVico Lomar, CEO & Co-Founder Fore Coffee.

Sebagai contoh, saat perayaan hari jadi Fore Coffee, perusahaan ini meluncurkan inovasi produk spesial limited edition dan aktivitas engagement yang berkolaborasi bersama figur publik.

Vico mengaku mendapat respon positif sehingga perusahaan tetap memegang teguh value dan karakter, terlebih di Ramadan ini mereka juga menggunakan pendekatan tersebut.

Tips jualan makin untung selanjutnya ialah manfaatkan kolaborasi yangdapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas.

Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, pebisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.

Baca Juga: Cara Daftar Shopee Paylater dan Menambah Limitnya, Gampang Kok

Septian Bramandita, Entrepreneur & Digital Marketing Strategist menegaskan, tidak bisa dipungkiri bahwa strategi marketing di momen spesial kadang membutuhkan effort lebih, baik modal maupun tenaga serta waktu.

"Di tengah industri yang semakin terbuka saat ini, pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial.

Dengan begitu, bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan," ungkap Bram.

Saat ini ShopeePay sedang menghadirkan kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals yang berlangsung mulai tanggal 1 April hingga 5 Mei mendatang.

Apa saja promo menarik yang ditawarkan ShopeePay?

Penawaran pertama ialah voucher ShopeePay Rp 10 yang bisa didapatkan melalui fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee untuk kebutuhan belanja Ramadan yang lebih hemat.

Semakin spesial, nikmati penawaran Voucher ShopeePay Rp1 khusus pada promo puncak yang akan berlangsung pada tanggal 20 April, 25 April, dan 5 Mei.

Ada juga potongan harga untuk penuhi kebutuhan harian selama bulan Ramadan lewat penawaran voucher Minimarket Pasti Diskon.

Dan yang terakhir, penawaran Bukber Hemat Cashback 90% untuk menambah kehangatan silaturahmi bersama keluarga dan sahabat.

Baca Juga: 6 Tips Kolaborasi Bisnis Online UMKM Agar Bisa Sukses dan Cuan!

Tidak lupa juga ShopeePay berikan Cashback 100% Seharian pada promo puncak di tanggal 20 April, 25 April, dan 5 Mei. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya