Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Melihat semakin majunya transformasi digital, Exabytes melihat ini menjadi peluang untuk UMKM agar bisnis makin cuan (untung).
Kemajuan dari transformasi digital ini didukung dengan data yang ada mengenai berkembangnya penggunaan pelayanan website oleh toko online.
Data dari Google, Temasek & Bain, e-Conomy SEA 2021 memaparkan 45% toko online akan meningkatkan penggunaan pelayanan website untuk 5 tahun mendatang.
Baca Juga: Ini Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng via Aplikasi dan Website Kemensos, Bunda Wajib Tahu Ya!
Dengan data tersebut Exabytes sebagai penyedia web hosting, ingin memberikan beberapa tips untuk pelaku usaha toko online bisnisnya makin cuan.
Apalagi melihat saat ini merupakan momen Ramadan yang diyakini membawa berkah menjadi kesempatan pelaku UMKM untuk bangkit dan memulai bisnis.
Hal tersebut bisa menjadi motivasi dan langkah awal untuk melakukan bisnis di bulan Ramadhan ini dengan membuka toko online.
Exabytes memberi masukan untuk yang baru memulai usaha di bulan Ramadan ini bisa dimulai darikatering makanan untuk sahur dan berbuka puasa, perlengkapan shalat dan busana muslim hingga paket hampers jelang Lebaran nanti.
Mengapa kita harus memilih produk yang tepat pada saat momen Ramadan? Lihat jawabannya di halaman selanjutnya.
"Pelaku usaha perlu memilih kategori produk apa yang akan dijual di bulan Ramadhan sesuai dengan peluang yang ada, sehingga lebih besar kemungkinan mendapat keuntungan yang besar," ujar Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia pada buka puasa bersama di Jakarta Selatan, (13/4).
"Ketika sudah menemukan kategori produk serta konsep bisnis online yang mantap, pelaku usaha dapat meneliti lebih jauh dari buyer persona seperti kebiasaan pelanggan, target market dan daya beli serta tren di pasar," lanjutnya.
Indra juga mengatakan, para pelaku usaha yang berfokus di internet dapat menggunakan tool marketing yang tepat untuk mendatangkan traffic ke website toko mereka.
Sebagai contoh untuk mengetahui produk unik yang sedang tren saat Ramadhan setiap tahunnya bisa menggunakan Google Trends untuk mengetahui produk yang sedang diminati pasar.
Baca Juga: Apple Tambah Ornamen Spesial Tahun Baru China di Website Resminya
Kemudian melakukan pemasaran digital melalui Facebook Ads atau Google Ads.
"Dengan begitu, diharapkan penjualan dapat meningkat secara signifikan," ungkapnya.
Tips yang diberikan selanjutnya oleh Exabytes ialah pelaku usaha harus melihat dan memaksimalkan peluang bisnis dengan memanfaatkan banyak kalan penjualan online sebagai prioritas.
Seperti promosi di media sosial dan memaksimalkan website.
Exabytes menyarankan hal tersebut dikarenakan selama pandemi, online menjadi konsep berbelanja yang disukai.
Terlihat dari data yang dilansir dari Google, 73% konsumen menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi lebih jauh seperti dari ecommerce dan website brand yang sedang dicari.
Sehingga semakin banyak toko offline maupun brand yang beralih ke strategi digital untuk mengelola bisnis mereka.
Iqbal Prakasa, Marketing Manager JDL Express Indonesia, yang juga hadir dalam acara buka puasa bersama Exabytes turut memberikan pendapatnya.
ia mengatakan bulan Ramadan ini juga momen yang tepat bagi pebisnis atau selleruntuk meningkatkan penjualan, salah satunya hampers.
Baca Juga: KoinWorks NEO Diresmikan, Tawarkan Layanan Kelola Keuangan untuk UMKM
"Tahun 2022 ini boleh dikatakan tahun bangkitnya UMKM setelah 2 tahun kita melewati pandemi. Jadi, ini waktu yang pas untuk melebarkan funnel sales, tidak hanya di marketplacesaja," ujar Iqbal. (*)