5 Skill Ini Bisa Dipelajari Gratis di Kursus Social Media Marketing ZenPro

Rabu, 13 April 2022 | 20:52
way

ilustrasi Social media

Nextren.com - Pernah melihat kampanye online dari Nike yang bertajuk “Just Do It”?

Atau video pendek Tokopedia yang viral di media sosial, dengan tagar #MulaiAjaDulu?

Seiring dengan perkembangan penggunaan media sosial yang sangat pesat, keberhasilan suatu brand/usaha sangat ditentukan oleh strategi social media marketingnya.

Faktanya, saat ini semua pelaku bisnis harus mengikuti tren media sosial dan berkomunikasi dengan target pasarnya agar bisa terus bersaing.

CEO Young On Top, Billy Boen, di tahun 2017 mengatakan bahwa ada perubahan perilaku konsumen dari era konvensional kepada era digital, dimana 84% konsumen membeli barang lewat media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan Line.

Keahlian mengelola media sosial pun menjadi aset penting untuk dimiliki.

Baca Juga: Pengguna Twitter Akan Bisa Hindari Diskusi Toxic dengan Fitur Baru ini

Tidak hanya bisa membangun reputasi brand, strategi social media marketing yang tepat bisa membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan inovasi dengan cara berbagi (sharing), berkolaborasi (collaboration) dan berkreasi bersama (co-creation).

Melihat tren tersebut, platform teknologi edukasi Zenius pun menghadirkan program kursus pelatihan strategi marketing di media sosial bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Kursus ini tersedia di platform ZenPro, layanan pembelajaran dalam ekosistem Zenius, yang dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Kartu Prakerja.

Tertarik untuk mengikutinya? Berikut ini adalah 5 skill yang bisa kamu pelajari di kursus social media marketing ZenPro!

1.Ilmu dasar pemasaran digital

Pertama-tama, peserta akan mempelajari soal teknologi digital dan ilmu dasar dari digital marketing.

Ilmu dasar ini mencakup juga pengenalan pada berbagai tools digital yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis, cara mengoptimalkan mesin pencarian (Search Engine Optimization/SEO), pondasi dasar untuk melakukan pemasaran berbasis konten, email, dan Whatsapp, serta pentingnya melakukan endorsement via media sosial.

2.Keterampilan berkomunikasi

Penerapan strategi social media marketing sangat bergantung pada keterampilan komunikasi dan bahasa yang baik.

Untuk itu, dalam kursus gratis Program Kartu Prakerja di ZenPro, peserta juga akan mempelajari cara menjadi komunikator yang efektif dan berkualitas, pemilihan kata dan diksi yang tepat, penerapan alur berpikir, logika, serta penggunaan Bahasa Inggris yang benar.

Baca Juga: Asyik! Pengguna Facebook Kini Bisa Bagikan Video di Reels Lewat Aplikasi Ketiga

ZenPro
ZenPro

ilustrasi aplikasi Social media

3.Berkomunikasi efektif untuk keperluan bisnis

Tidak hanya teknik komunikasi di permukaan, peserta kursus juga akan dilatih untuk menguasai komunikasi yang efektif untuk berbagai keperluan bisnis, misalnya cara membuat materi iklan, melakukan presentasi, mengajukan penawaran kerjasama, hingga memahami teknik negosiasi bisnis.

Kemampuan ini sangat penting agar transaksi usaha maupun pengembangan bisnis bisa berjalan dengan baik.

4.Beriklan dan berkomunikasi melalui Instagram dan Facebook

Selama ini, mungkin hampir semua orang telah mengakses Instagram dan Facebook dalam kesehariannya.

Tapi, bagaimana cara menggunakan dua platform media sosial ini untuk mempromosikan brand/produk yang kita jual?

Jawabannya bisa didapat dari kursus social media marketing ZenPro, yang akan memaparkan secara rinci dan mendetail tentang langkah-langkah membuat akun bisnis, membuat konten, caption, memilih tagar, hingga cara melakukan promosi dengan bantuan influencer ataupun iklan.

Konsep ini dijelaskan secara lengkap agar siapapun bisa memahaminya, bahkan pebisnis pemula sekalipun.

5.Membangun popularitas di media sosial

Sebagai bagian dari social media marketing, sangatlah penting bagi para pelaku bisnis untuk memiliki popularitas dan branding yang kuat di media sosial.

Hal ini jugalah yang dapat dipelajari di kursus ZenPro, dimana peserta bisa berlatih tentang prinsip dasar pembuatan konten yang menarik, langkah-langkah membangun branding di Instagram, Tiktok, dan Youtube, hingga cara agar bisa terus menumbuhkan basis audiens yang dijangkau.

“Kita semua memiliki pengetahuan mendasar tentang penggunaan media sosial, terutama karena kita juga mengaksesnya di kehidupan sehari-hari."

"Namun, ada banyak sekali fitur dan kemampuan teknis yang perlu dikuasai, jika ingin menjalankan strategi social media marketing yang optimal untuk pengembangan bisnis."

Baca Juga: Twitter Siapkan Fitur 'Status', Bisa Dibagikan di Lini Masa dan Profil

"Karena itu, penting bagi pelaku UMKM untuk memiliki mentor dan mempelajari bagaimana bisa tampil, berpromosi, dan beriklan dengan efektif melalui media sosial,” kata Ary Mozta, AVP Marketing Lifelong (ZenPro).

Dengan metode tersebut, semua peserta, baik yang sudah berpengalaman ataupun belum, bisa mengikuti dan menerapkan materinya.

Selain itu, kelas ini juga akan mengajarkan teknik komunikasi untuk keperluan pengembangan bisnis.

Kelas dilaksanakan dengan metode belajar mandiri (menonton video, membaca bacaan, dan tugas mandiri, tanpa webinar) agar bisa menyesuaikan dengan profil peserta yang memiliki kesibukan tersendiri.

“Pelatihan ZenPro tentang social media marketing dengan Program Kartu Prakerja telah mendapatkan sambutan baik dari para peserta.

Pada tahun 2021 sendiri, sudah ada lebih dari 250.000 peserta yang menerima manfaat, dimana lebih dari 50% diantaranya tertarik untuk mempelajari skill social media marketing.

Kami berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, peserta bisa langsung mempraktekannya di tempat kerja, atau untuk pengembangan bisnisnya sendiri,” jelas Ary.

Kelas-kelas pelatihan ZenPro juga bisa diakses melalui situs resminya ataupun beberapa platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, dan Karier.mu by Sekolahmu, dengan kisaran harga antara Rp99.000-Rp800.000.

Kedepannya, ZenPro berencana untuk terus menambah topik-topik pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri masa kini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya