Hasil Survei Index Kebahagiaan Gawai 2022 Tunjukkan Brand Smartphone Paling Buat Bahagia

Rabu, 11 Mei 2022 | 18:19
Nextren

Indeks Kebahagiaan Gawai 2022

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Berkembangnya teknologi membuat sebuah smartphone menjadi serba bisa dan menurut data terbaru dari GSMA Intelligence mengatakan ada banyaknya orang di Indonesia memiliki nomor telepon selular yang aktif.

Yaitu sekitar 370.1 juta nomor dan angka ini menunjukkan bahwa koneksi mobile di Indonesia sekitar 133.3 persen dari total jumlah penduduk yang sekitar 273 juta.

Dari jumlah tersebut pun disimpulkan, bahwa 273 juta jiwa di Indonesia ada kemungkinan memiliki lebih dari satu hape dan nomor seluler.

Baca Juga: Index Kebahagiaan Gawai 2022: Merek Hape Apa yang Paling Membuat Bahagia Pemiliknya?

Karena peluang yang cukup besar membuat banyak brand smartphone masuk ke Indonesia untuk mendapat keuntungan dari inovasi smartphone yang diberikan.

Hal ini lah yang menjadi latar belakang Nextren untuk menggelar riset Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Hasil Index Kebahagiaan Gawai 2022 ini pun sudah dirampungkan dan memperlihatkan brand smartphone yang paling buat bahagia.

Kebahagiaan responden ini dihitung dari banyaknya aspek yang dimasukan ke dalam riset atau survei.

Yaitu aspekharga, desain, fitur, spesifikasi dan layanan purna jualnya. Terdapat 867 responden dari beberapa wilayah di Indonesia yang mengikuti survei.

Responden pun memiliki latar belakang pengeluaran yang berbeda, gender berbeda, umur berbeda, dsb. yang mendukung indikator Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Selain itu survei Index kebahagiaan Gawai 2022 diikuti oleh merek smartphone global Samsung, Oppo, iPhone, Xiaomi, realme, Redmi, dan Vivo.

Dari beberapa brand tersebut menunjukkan iPhone, Vivo, OPPO dan Realme merupakan brand yang paling membahagiakan responden.

Tentunya hasil ini dihitung berdasarkan rumus yang sudah ditetapkan oleh tim Nextren agar mendapat sebuah kesimpulan.

Baca Juga: Index Kebahagiaan Gawai 2022: Inilah Pertimbangan Konsumen Saat Beli Smartphone

Rumus ini berhubungan dengan aspek yang sempat disebutkan di halaman sebelumnya.

Dari soal harga iPhone memang cukup mengecewakan responden namun dari desain, fitur, spesifikasi, dan purna jual menciptakan cukup kepuasan.

Permasalahan harga iPhone yang kurang mendapat respon bagus karena harga yang cukup mahal bagi beberapa responden.

Namun. di balik hal tersebut kualitas dari iPhone cukup banyak mendapat respon positif.

Beralih ke brand lainnya yaitu Samsung yang ternyata layanan purna jual mereka kurang membahagiakan.

Sedangkan untuk harga, fitur, spesifikasi, dan desain sudah cukup memuaskan terlebih soal fitur yang dihadirkan oleh Samsung.

Samsung cukup membawa banyak fitur baru pada gawai yang mereka hadirkan di Indonesia dan ternyata responden cukup memperhatikan.

Hal ini juga dialami oleh Xiaomi, layanan purna jual mereka dianggap oleh responde Index Kebahagiaan Gawai 2022 kurang membahagiakan.

Namun untuk aspek lainnya masih mendapat respon positif terutama fitur yang memang cukup inovatif dengan di update-Nya sistem MIUI di tiap gawai mereka.

Baca Juga: Kesimpulan Index Kebahagiaan Gawai 2022: Setiap Merek HP Punya Kelebihan dan Kekurangan

867 responden Index Kebahagiaan Gawai 2022 pun juga memberikan pendapat mereka pada OPPO yang mendapat respon positif pada fitur yang mereka hadirkan.

Untuk harga, desain, dan spesifikasi dikatakan cukup memuaskan sedangkan purna jual OPPO tidak memuaskan.

Kekecewaan responden kepada ketiga brand (Samsung, Xiaomi, OPPO) dengan layanan purna jual juga memiliki kesamaan pada Redmi, realme dan Vivo.

Yang cukup berbeda ialah aspek yang membahagiakan dari realme, yaitu soal harganya. Redmi memang menghadirkan gawai dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga yang ditawarkan oleh Redmi ternyata cocok dengan responden Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Kendati begitu, untuk realme dan Vivo masih unggul pada fitur yang mereka hadirkan ke dalam gawai mereka karena mendapat respon positif.

Hasil dari Index Kebahagiaan Gawai 2022 akan diumumkan besok (12/5) secara live di Instagram Nextren, jadi bagi kalian yang ingin mengetahui kesimpulan brand mana yang paling membahagiakan bisa menontonnya. Sampai jumpa ya! (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya