Kesimpulan Index Kebahagiaan Gawai 2022: Setiap Merek HP Punya Kelebihan dan Kekurangan

Minggu, 10 April 2022 | 21:50
Nextren

Indeks Kebahagiaan Gawai 2022

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Index Kebahagiaan Gawai 2022 telah mencatat fakta-fakta menarik dari konsumengadgetdi Indonesia.

Dari riset tersebut terungkap bahwa rata-rata konsumen memiliki lebih dari satu smartphone.

Tersedianya berbagai macam brand smartphone yang ada di Indonesia pun membuat masyarakat memiliki beberapa poin penilaian saat mereka ingin membeli perangkat ponsel.

Index Kebahagiaan Gawai 2022 juga menemukan fakta bahwa tidak semua konsumen membeli smartphone memilih jalur e-commerce sebagai platform transaksi.

Bahkan hasil riset juga mengungkap kalau konsumen di Indonesia masih belum bisa mengidentifikasi brand smartphone dengan baik.

Karena itu, Nextren akan meringkas secara singkat dan rinci mengenai hasil Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Kamu bisa melihat kesimpulan Index Kebahagiaan Gawai 2022 di halaman selanjutnya.

Kesimpulan Index Kebahagiaan Gawai 2022

Dari hasil riset yang dilakukan oleh 867 responden dengan usia 15 - 65 tahun, Index Kebahagiaan Gawai 2022membawasejumlah kesimpulan, antara lain:

1. Samsung merupakan brand yang paling banyak dimiliki, namun iPhone adalah merek yang paling sering digunakan konsumen.

2. Rata-rata pengguna smartphone memiliki 1,4 brand smartphone dan konsumen yang memiliki lebih dari 1 smartphone biasanya memiliki HP Samsung.

3. Spesifikasi dan harga menjadi pertimbangan utama ketika konsumen ingin membeli smartphone.

Tapi hal tersebut tidak berlaku pada pengguna iPhone yang lebih mementingkan Spesifikasi dan Fitur.

Hasil riset mendeteksi bahwa kebanyakan iPhoneuseradalah mereka yang fanatik terhadap iPhone dan tidak perduli soal harga.

4. Mayoritas embelian smartphone saat ini dilakukan melalui retailer seperti Erafone.

Namun hal itu tidak berlaku pada dua merek yaitu iPhone dan Xiaomi.

Kebanyakan pelanggan iPhone membeli smartphone melalui toko brand langsung seperti iBox.

Sedangkan untuk pengguna Xiaomi, mereka lebih banyak membeli smartphone melalui e-commerce.

5. Pengguna HP Redmi masih belum bisa membedakan antara Xiaomi dan Redmi.

Kebanyakan dari mereka masih menganggap bahwa Redmi adalah brand dari Xiaomi.

Dan hal ini dianggap sebagai sebuah tantangan bagi Redmi untuk bisa mengedukasi penggunanya dan bisa terlepas dari bayang-bayang Xiaomi.

6. Index Kebahagiaan Gawai 2022 mencatat nama iPhone sebagai brand yang dinilai paling membahagiakan.

Lalu ada pula vivo dan OPPO yang dianggap sudah memberikan kebahagiaan bagi para penggunanya.

Ketiga brand tersebut juga menjadi yang paling unggul pada kebahagiaan di segmen fitur.

7. Meski iPhone menjadi merek dagang yang dinilai paling membahagiakan secara umum.

Namun berdasarkan indikator, iPhone masih memiliki kekurangan.

Berikut list brand yang membahagiakan per indikator:

  • Harga: Redmi
  • Design: iPhone
  • Fitur: iPhone
  • Spesifikasi: iPhone
  • Purna Jual: iPhone
8. Meski Samsung dianggap sebagai kompetitor utama dari iPhone, namun indeks kebahagiaan Samsung kurang bersaing dengan iPhone.

Samsung tercatat memiliki 3 indikator yang masih dibawah batas minimal kebahagiaan konsumen, seperti Design, Fitur, dan Spesifikasi.

Baca Juga:Hasil Riset Index Kebahagiaan Gawai 2022 Tunjukkan Tipe HP yang Paling Banyak Digunakan

So, dengan adanya kesimpulan Index Kebahagiaan Gawai 2022, hal ini juga menandakan bahwa seluruh data dari hasil riset terbaru dari Nextren sudah selesaidiolah dan dianalisa.

Artikel kali ini menjadi penutup dari rangkaian hasil Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Namun jangan khawatir, Nextren kan kembali dengan riset mengenai index kebahagiaan lainnya untuk mengukur tingkat kebahagiaan konsumen terhadap suatu hal.

Untuk bisa mengetahui secara detil mengenai Index Kebahagiaan Gawai 2022, kamu bisa kunjungi situsNextren.com

(*)

Editor : Wahyu Subyanto