Tips Mengambil Foto Portrait Dengan Smartphone Biar Makin Estetik

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:00
Dok. Nextren

OPPO Reno6 memiliki fitur unggulan portrait yang dapat menangkap gambar dengan efek kedalaman yang rapih

Laporan wartawan nextren, Ida Bagus Rai Artha Kusuma

nextren.com - Fotografi menjadi hobi baru sejumlah pengguna smartphone seiring berkembangnya teknologi kamera HP yang kini masuk ke tahap "mending pakai HP aja".

Ketertarikan foto pakai HP didukung oleh sejumlah fitur yang diberikan pabrikan kepada smartphone yang biasanya tidak ditemukan pada kamera biasa dan cara pemakaian yang jauh lebih praktis.

Salah satunya adalah mode portrait yang dapat menghasilkan efek foto kedalaman atau yang biasa disebut sebagai bokeh.

oppo
oppo

Fitur videografi Bokeh Flare Portrait Video di Reno6

Efek bokeh adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan efek blur pada background dan fokus pada objek foto yang biasa dihasilkan melalui kamera dengan aperture atau bukkan diafragma yang besar.

Namun pada smartphone, efek bokeh ini dihasilkan dari melalui kecerdasan buatan yang dapat menseleksi objek sehingga fokus dan membuat latar menjadi blur.

Sehingga proses membuat foto yang estetik dapat menjadi lebih mudah dan praktis bagi para pengguna smartphone dibanding investasi besar pada kamera dan lensa mahal.

Meskipun mudah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan hasil foto portrait di smartphone.

Baca Juga: Fitur Kamera Portrait Akan Jadi Andalan Smartphone OPPO di Tahun 2022

Tentukan Komposisi yang pas

Untuk mendapatkan efek fotografi yang lebih estetik, pengambilan foto sebisa mungkin memperhatikan komposisi.

Pengguna bisa memanfaatkan alat bantu berupa garis grid yang bisa diaktifkan melalui pengaturan smartphone.

Garis ini dapat membentu pengguna memposisikan objek baik di tengah atau menerapkan rule of third dengan meletakkan objek disisi kiri atau kanan frame.

bagus

Grid pada aplikasi foto dapat menjadi bantuan untuk menentukan komposisi foto

Grid yang ada di dalam smartphone biasanya tiddak hanya berbentuk kotak - kotak, namun ada juga garis diagonal dan spiral emas.

Pengaturan komposisi ini dapat mempengaruhi persepsi setiap orang yang melihatnya dan memberikan variasi dalam pengambilan foto agar tidak membosankan.

Dalam ilmu fotografi msaih banyak lagi komposisi yang bisa digunakan dalam mengambil gambar, meskipun setiap fotografer memiliki filosofi dan refrensi sendiri mengenai komposisi.

Sehingga pengguna sebenarnya bisa berkreatifitas sendiri dalam melakukan iengambilan gambar.

Baca Juga: OPPO Ungkap Strateginya di Tahun 2022, Lebih Fokus ke Perkembangan 5G

Atur Kadar bokeh

Efek Bokeh adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan hasil foto dengan latar blur dan objek fokus, yang membuat efek foto terlihat lebih estetik daripada foto biasa.

Hasil foto dengan efek bokeh pada mulanya harus menggunakan kamera dengan exposure besar, namun kini sudah bisa mengguakan smartphone saja.

bagus

Foto dengan efek kedalaman atau bokeh dari HP OPPO Reno series

Namun efek bokeh yang dihasilkan melalui smartphone memang dihasilkan menggunakan computational Imaging yang sangat mengandalkan software dan kecerdasan buatan.

Biasanya dalam mode portrait, pengguna bisa mengubah sendiri kadar bokeh atau seberapa blur latar foto sebelum mengambil gambar dengan memilih ikon lingkaran di sisi kiri bawah layar.

bagus

Ikon untuk mengatur kadar bokeh di HP OPPO Reno6

Pengaturan kadar bokeh ini dapat menjadi sarana bagi pengguna untuk berkreasi sesuai keinginan ketika ingin menghasilkan foto yang lebih menarik dan estetik.

Baca Juga: Nextren Editor Choice 2021 TWS Baterai Awet: OPPO Enco Air

Fokus pada satu objek

Sebenarnya tidak ada satu aturan baku ketika pengguna ingin mengambil foto portrait di smartphone ataupun kamera sekalipun.

Namun pada awalnya, foto portrait sering digunakan untuk menangkap kepribadian atau karakter seseorang terutama pada wajah dan suasana di sekitarnya baik latar atau cahaya.

Agar pesan dalam foto portrait bisa tersampaikan dengan lebih maksimal, pengguna disarankan agar fokus pada satu objek foto saja seperti manusia atau suatu objek tertentu.

Bagus

Hasil foto Portrait OPPO Reno6

Saat fokus pada satu objek tertentu, fotografer biasanya dapat menangkap dan menyalurkan pesan tersebut melalui karya fotonya kepada yang melihat.

Tidak jarang, foto portrait digunakan untuk menyampaikan pesan tersirat dari ekspresi tokoh atau sosok yang diambil fotonya mulai dari politisi, artis, model, atau tokoh terkenal lainnya.

Namun dalam perkembangan foto portrait, objek foto bisa tidak fokus pada satu orang saja, melainkan pada suatu grup kecil atau objek-objek tertentu dengan efek kedalaman.

Bahkan foto selfie bisa masuk kategori foto portrait juga atau yang lebih sering disebut juga self portrait.

Baca Juga: Nextren Editor Choice 2021 HP Entry Level: OPPO A16

Atur Exposure

Mengatur exposure menjadi salah satu cara pengguna untuk mengatur terang gelap sebelum foto diambil tanpa perlu masuk ke mode pro.

Trik ini sering dilakukan ketika ingin mengambil foto dalam kondisi baclit ataupun keinginan dari fotografer untuk mengatur terang dan gelap.

bagus

Pengaturan exposure di kamera HP OPPO Reno6

Cara mengatur exposure ini cukup mudah, pengguna tinggal mengetuk titik fokus, klik dan tahan ikon matahari, dan pengguna bisa naik dan turunkan tingkat kecerahan atau exposure dengan menggeser ikon matahari.

Untuk memudahkan, pengguna juga bisa menekan ikon gembok untuk mengkunci tingkat exposure yang sudah ditentukan agar tidak berubah.

Jika tidak dikunci, maka exposure akan kembali ke mode auto lagi beberapa saat setelah ditentukan.

Cara ini sering juga digunakan saat kondisi foto memiliki latar yang sangat terang atau istilah kerennya backlight untuk membuat objek foto terlihat lebih terang.

Menentukan exposure juga bisa menjadi sarana bagi kreatifitas pengguna saat mengambil fotodengan berbagai macam variasi cahaya.

Baca Juga: Ingin Tahu Jeroan OPPO A95? Begini Saat Dibongkar Oleh Teknisi Tersertifikasi

Manfaatkan Efek Atau Filter

Fitur portrait di smartphone kekinian tidak hanya bisa menghasilkan foto yang bokeh, namun juga diberikan sejumlah fitur untuk memaksimalkan efek portrait atau membuat efek lain yang lebih bervariatif.

Misalkan seperti OPPO Reno6 yang memiliki "AI Flare Portrait" yang bisa menghasilkan efek bokeh dengan tambahan efek kilauan cahaya seperti menggunakan kamera aperture besar.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Night Flare Portrait Oppo Reno4

Efek ini dapat membuat efek bokeh tidak hanya sekedar blur dan mengeluarkan detail cahaya yang ada di latar seperti lampu lilin, gedung, dan lainnya.

Lalu ada juga fitur potret warna AI yang dapat menseleksi latar secara pintar untuk menjadikannya hitam putih.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto AI Color Portrait di Oppo Reno4 F

Sehingga tidak hanya menghasilkan efek bokeh, latar foto juga dapat diubah menjadi hitam putih sedangkan objek manusia yang difoto tetap berwarna.

Dengan efek-efek seperti ini sekalipun, kualitas foto tetap terjaga baik secara kecerahan, ketajaman, dan detail, berkat optimisasi yang dilakukan pada kamera OPPO Reno6 diluar mengandalkan hardware yang ada.

Baca Juga: Review OPPO A16: HP Terjangkau Baterai Awet, Pas Untuk Sehari-Hari(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya