IndiHome Beri Kompensasi Bagi Pelanggan yang Terdampak Gangguan

Jumat, 24 September 2021 | 16:00
Instagram/@telkomaksesindonesia

Ilustrasi petugas IndiHome

Nextren.com - Beberapa waktu lalu, layanan internet berbasis WiFi IndiHome mengalami gangguan.

Gangguan tersebutpertama kali dilaporkan terjadi pada hariMinggu (19/9/2021)mulai pukul 17.33 WIB.

Akibatnya, tidak sedikit pengguna IndiHome di Tanah Air yang mengeluhkan internet lemot.

Baca Juga: Jaringan Internet IndiHome Lemot, Telkom: Kabel Laut Bermasalah!

Setelah mendapat penanganan oleh pihak Telkom, akhirnya diketahui bahwa gangguan tersebut disebabkan adanya masalah padasistem komunikasi laut.

Terutama, sistem komunikasi laut yang adaJawa, Sumatera, dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam - Pontianak.

Karena berlangsung selama beberapa hari dan dianggap telah mengganggu aktivitas, banyak pengguna IndiHome yang menuntut Telkom memberikan kompensasi.

Menanggapi hal tersebut, PT Telkom memutuskan untuk memberikan kompensasi kepada semua pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan.

Lalu, kompensasi apa yang diberikan oleh PT Telkom? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Dilansir dari Kompas.TV, PT Telkom memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan berupa pengunduran batas pembayaran.

Batas pembayaran tagihan IndiHome yang biasanya jatuh tempo pada tanggal 20, kini khusus di bulan September diundur ke tanggal 25 (5 hari lebih lama).

Selain pengunduran batas pembayaran, kompensasi lain yang diberikan oleh PT Telkom adalah penghapusan denda khusus di bulan ini.

Hal-hal mengenai kompensasi PT Telkom tersebut disampaikan langsung olehVice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Kurniawan seperti dikutip dari Kompas.TV.

Kurniawan menambahkan, prioritas utama dari layanan IndiHome adalah kenyamanan, sehingga Telkom akan terus bekerja keras memperbaiki gangguan tersebut.

Baca Juga: IndiHome Error Lagi, Netizen Ngamuk di Twitter dengan #indihomedown

TikTok/@dinda_ajaaa
TikTok/@dinda_ajaaa

Video seekor ikan hiu gigit kabel di dasar laut

Sementara itu, beberapa waktu lalu beredar kabar yang menyebutkan kabel laut pada sistem komunikasi JaSuKa mengalami masalah setelah digigit Hiu.

Bahkan, ada sebuah video yang tersebar di TikTok menujukkan seekor Hiu sedang mengigit kabel yang disebut-sebut sebagai kabel laut JaSuKa.

Namun, setelah dilakukan pengecekan fakta oleh tim Kompas.com, ternyata kabar itu tidak benar dan video Hiu yang beredar adalah hoax.

Lalu, apa penyebab kabel laut JaSuKa bermasalah? Yuk lanjut di halaman ketiga.

Gangguan tersebut murni karena kabel laut JaSuKa yang alami masalah dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bukan karena gigitan Hiu.

Diberitakan di Kompas.com, Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, mengatakan bahwa gangguan berasalteridentifikasi dari dalam laut.

Tepatnya pada1,5 km lepas pantai Batam di kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo di berita Kompas.com (20/9/2021).

Baca Juga: Ternyata Rusaknya Jaringan IndiHome dan Telkomsel Dari Wilayah Ini

Berdasarkan pantauan tim Nextren, saat ini (24/9/2021) beberapa pengguna IndiHome masih mengalami masalah pada koneksi internet mereka.

Sedangkan di beberapa pengguna IndiHome lain, koneksi internet sudah berangsur-angsur pulih dan kembali seperti sedia kala. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya