bluMusical, Edukasi Finansial Anak Muda Indonesia Ala BCA Digital

Senin, 23 Agustus 2021 | 15:56
bluDigital

ilustrasi acara musikal bluMusical

Nextren.com - Bank BCA yang sudah sangat populer itu, kini punya bank baru yaitu bank digital bernama BCA Digital.

PT Bank Digital BCA atau BCA Digital ini hadir sejak tahun 2020 setelah diakuisisi oleh PT Bank Central Asia (BCA).

BCA Digital merupakan the next-generation bank tanpa cabang yang fokus melayani segmen digital savvy melalui aplikasi mobile perbankan digital blu.

Beberapa fitur di dalamnya seperti bluSaving, bluDeposit, dan bluGether dirancang untuk membantu pengguna memiliki kontrol lebih serta kebebasan mengatur finansial mereka. Aplikasi blu bisa diakses melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Bongkar Alasan Berhenti Podcast, Kritis dan Hampir Meninggal!

Pada 17 Agustus 2021, BCA Digital menayangkan perdana acara musikal bertajuk bluMusical di kanal media sosial Youtube dan Instagram. Berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama, bluMusical bertujuan meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia secara dinamis dan menyenangkan.

Musikal ini juga penuh pesan-pesan penyemangat dan inspiratif, dengan semangat #YangPentingLakuin mengajak penonton untuk memulai langkah demi mencapai tujuan hidupnya.

bluMusical diawali dengan 10 anak muda dari berbagai latar belakang. Mereka memiliki beragam mimpi dan cita-cita, mulai dari niat menabung untuk bersekolah S2, membuka bisnis sendiri, hingga mengumpulkan dana pensiun untuk ayahnya.

Melihat anak muda yang bingung harus mulai dari mana, Yura Yunita kemudian masuk dengan semangat dan ceria, lalu mengajak mereka untuk memulai dengan berbagai tips-tips yang menarik dan bantuan dari aplikasi mobile banking blu.

Tak sendirian, Yura Yunita mengajak beberapa ikon anak muda inspiratif seperti Jehian Panangian Sijabat sebagai CEO Menantea, Raymond Chin sebagai CEO Ternak Uang, dan Eva Alicia sebagai pelukis, content creator, sekaligus pengusaha muda, untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Menurut Nurul Susantono, Director bluMusical #MulaiLangkahmu, inspirasi penulisan naskah musikal ini berangkat dari isu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Hal ini bercermin dari momentum ketika beredar isu viral bahwa usia 25 tahun seharusnya sudah mempunyai uang 100 juta, banyak sekali sudut pandang menarik dari milenial yang turut mewarnai diskusi di media sosial.

"Kami mengambil sudut pandang yang berbeda-beda untuk 10 tokoh milenial yang akan berpetualang di zona blu."

Baca Juga: Xiaomi Redmi Note 10 Tidak Akan Dijual Lagi di Indonesia, Kenapa?

"Dalam prosesnya, kami juga mendalami bagaimana hadirnya blu, dengan fitur-fiturnya, dapat menjadi tools bagi para milenial untuk mencapai tujuan finansialnya dengan lebih mudah dan menyenangkan,” jelas Nurul.

Menurut survey terbuka dari tim BCA Digital awal Agustus 2021, 61% responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan, namun tidak bisa menjelaskan atau menerapkan praktiknya dengan baik dalam keseharian.

Lebih jauh, 34% lainnya mengaku bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan.

Maka bluMusical menyelipkan banyak pengetahuan seputar finansial dan memperkenalkan tools dalam aplikasi blu untuk memudahkan perencanaan keuangan.

Melalui bluMusical, BCA Digital berharap bisa terus mengedukasi nasabah dengan lebih menyenangkan tentang literasi finansial, sekaligus mengenalkan fitur di aplikasi blu untuk membantu mereka mengelola keuangan lebih baik, agar bisa mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

"Dengan semangat perayaan kemerdekaan HUT RI ke-76, kami ingin mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk memulai langkah mereka, dan menjadikan blu sebagai aplikasi mobile banking kesayangan mereka untuk tumbuh bersama menemani proses dan progres kehidupan mereka,” ungkap Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital.

Namun begitu, nominal tabungan bukan menjadi fokus utama dari pencapaian cita-cita.

Menurut Raymond Chin, CEO TernakUang, di acara bluMusical, semua orang itu unik, punya talenta dan tujuan masing-masing.

Baca Juga: Guru Honorer Hutang Pinjol Rp 206 Juta, Ini Penyebab Masih Banyak Pengguna Pinjol

bluMusical
bluMusical

ilustrasi acara musikal bluMusical

"Yang penting bukan hanya berapa nominal uang yang ada di rekening kita, tapi juga sejauh apa kita bisa berkembang, apalagi kalau bisa membantu orang lain dan membuat mereka semakin berkembang juga,” ucap Raymond.

Pendapat ini diamini pula oleh Jehian Sijabat dan Eva Alicia.

Mereka percaya bahwa fokus utama anak muda haruslah untuk memulai sesuatu, berfokus untuk pengembangan diri sendiri, menikmati proses yang ada, tanpa harus membandingkan dengan pencapaian orang lain.

Dalam hal ini BCA Digital ingin mengingatkan generasi muda untuk sabar dalam berproses, namun senantiasa berprogres, karena lama-kelamaan pasti akan sukses.

Di Balik Konsep Kreatif bluMusical

Setelah mengumpulkan insight dari media sosial dan merangkai cerita, tim kreatif bluMusical menelurkan sebuah naskah.

Naskah itu lalu dikembangkan lagi bersama komunitas seni pertunjukan pemuda Jakarta Movin dalam bentuk musik, tarian, tata artistik, dan treatment kamera.

Musik dalam musikal ini adalah pengembangan dari bluAnthem berjudul “Mulai Langkahmu” yang dinyanyikan berkolaborasi dengan Yura Yunita.

Lagu ini menjadi tema kampanye besar peluncuran blu, dan kini dikembangkan menjadi sebuah drama musikal yang lebih kaya makna dan relevan dengan target segmen yang dituju.

Proses kreatif ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Proses berikutnya adalah proses staging dan rehearsal, dimana konsep final ditransfer kepada talent-talent yang akan menghidupi cerita, tokoh dan setting dari cerita bluMusical tersebut.

Baca Juga: AWS Kerjasama Dengan Dicoding Hadirkan Program Beasiswa 100 Ribu Orang

Keseluruhan proses produksi dapat berjalan dengan baik, sehingga Nurul bersyukur bertemu orang-orang hebat yang cukup cepat mengambil keputusan.

"Mengerjakan bluMusical adalah salah satu pengalaman paling menyenangkan dan sangat kami banggakan. Semoga karya ini dapat menjadi manfaat dan motivator untuk milenial Indonesia dalam mencapai mimpi-mimpi mereka,” pungkas Nurul.

Hasilnya, tayangan perdana bluMusical #MulaiLangkahmu disambut hangat oleh penonton yang mayoritas merupakan generasi muda. Di puncak acara, hingga artikel ini tayang, video bluMusical telah ditonton sebanyak lebih dari 150.000 kali di berbagai platform media sosial.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya