Netizen Ngamuk, Nama Disebut Saat Laporkan Kerumunan di Aplikasi JAKI

Minggu, 11 Juli 2021 | 11:35
Tribunnews

Aplikasi JAKI untuk pendaftaran dan pengecekan jadwal vaksinasi

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Pemprov DKI Jakarta menyediakan layanan berbasis online untuk para warganya untuk bisa melaporkan situasi yang terjadi di wilayah Jakarta selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Mereka yang melihat kerumunan mulai dari 3 - 20 Juli 2020 dapat melaporkannya secara langsung melalui aplikasi JAKI untuk ditindaklanjuti oleh petugas berwenang.

Alih-alih aman, seorang netizen justru ngamuk di media sosial Twitter karena namanya disebut oleh petugas saat sedang membubarkan kerumunan.

"Ngelaporin orang-orang depan rumah ga pake masker & nongkrong, ke RT ga mempan. Akhirnya lapor via JAKI @DKIJakarta, udah disantronin Satpol PP eh malah disebut nama pelapor. gila-gila malah gua kena bully. bobrok amat sistem," tulis akun @Niken_Purnama.

Baca Juga: Masih Banyak Kantor WFO, Pemprov DKI Minta Laporkan via Aplikasi JAKI

Twitter/ @Niiken_Purnama
Twitter/ @Niiken_Purnama

Unggahan akun @Niiken_Purnama yang mengaku namanya dibocorkan petugas saat melaporkan kerumunan menggunakan aplikasi JAKI.

Cuitan yang diunggah pada hari Jumat (9/7) itu pun menuai banyak respon dari para warganet lainnya yang mengaku memiliki pengalaman yang serupa dengan apa yang dikabarkan oleh akun tersebut.

Pantauan Nextren mencatat bahwa tweet itu sudah disukai oleh sekitar 26 ribu orang dan diretweet sebanyak 7.362 kali.

Dari kolom komentar pun mayoritas orang-orang mempertanyakan terkait keamanan data pengguna saat melaporkan kerumunan melalui aplikasi JAKI.

Sebab diketahui bahwa aplikasi JAKI akan menjaga privasi pelapor ketika mengunggah laporannya.

Berikut rangkuman tweet yang Nextren kutip dari kolom komentar.

Baca Juga: Netizen Sebut Patung Elon Musk Jelek, Ingatkan Kasus Cristiano Ronaldo

Baca Juga: Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Netizen Langsung Pamer di Twitter

Kendati demikian, terlihat kalau akun resmi @DKIJakarta sudah membalas cuitan yang viral tersebut dengan menyatakan, "Silakan cek Direct Message (DM) Anda."

Baca Juga: Twitter Kini Jadi Aplikasi Penghasil Uang, Simak Caranya Yuk!

Dan sang pengunggah cuitan pun kembali membalasnya dengan tulisan, "Ada jaminan saya aman ga ya ini? beneran takut dipersekusi saya. Mana lagi isoman, dibully tetangga tiap lewat depan rumah,".

Apakah Sobat Nextren? Ada juga yang pernah merasakan hal yang serupa dengan netizen yang namanya disebut ketika melaporkan kerumunan pakai aplikasi JAKI?

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya