Cara Cek Kamar Rumah Sakit Pasien Covid-19 Online di Jabodetabek

Rabu, 23 Juni 2021 | 17:00
Dok. Humas Pemkot Semarang

Ruang perawatan pasien Covid-19 di Kota Semarang, Jawa Tengah

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Lonjakan jumlah pasien dan masyarakat yang terpapar virus di Indonesia kian mengkhawatirkan.

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa saat ini kamar rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19 mulai menipis di wilayah Jabodetabek.

Salah contohnya bisa dilihat dari kondisi Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang dikabarkan sudah hampir mencapai kapasitas penuh dan hanya menyisakan 732 tempat tidur.

Bukan hanya itu, tower 8 di rumah sakit darurat Wisma Atlet Pademangan pun dinyatakan sudah ditutup karena sudah 99 persen terisi oleh pasien Covid-19.

Baca Juga: Curi Bansos Amerika, Dua Hacker Indonesia Langsung Didatangi FBI!

"Menara 8 sudah tutup karena 99 persen terisi, sudah penuh," ungkap Komandan Lapangan RSDV Wusma Atlet, Letkol M Arifin, dikutip dari Kompas, Rabu (23/6).

Oleh karena itu, kali ini Nextren ingin membagikan bagaimana cara cek kamar rumah sakit pasien Covid-19 online di wilayah Jabodetabek.

Dengan begitu, kamu tidak perlu berisiko untuk melakukan kunjungan atau kontak fisik dengan rumah sakit yang menjadi lokasi rawan penyebaran Covid-19.

Wilayah Jakarta

Untuk kamu yang berdomisili di wilayah Jakarta, ada satu situs khusus yang bisa digunakan untuk mengecek sisa ketersediaan kamar bagi pasien Covid-19.

Baca Juga: Good Doctor Sediakan Layanan Kesehatan Untuk Pasien HIV atau AIDS

Situs tersebut adalah https://eis.dinkes.jakarta.go.id/eis/ yang bisa dipakai untuk melihat kamar-kamar untuk isolasi dan intensive care unit (ICU) di rumah sakit rujukan khusus.

Di situs tersebut terdapat beberapa hal penting yang bisa kamu lihat, antara lain:

1. Data yang ditampilkan adalah informasi ketersediaan tempat tidur di seluruh rumah sakit yang ada di wilayah Jakarta dan bersedia untuk menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Pakai Helm Vietnam Ini untuk Tangani Covid-19, Bisa Garuk Hidung Hingga Makan Snack

2. Informasi yang tertulis di dalam situs itu diintegrasikan antara sistem rumah sakit dengan Dashbiard Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

3. Kamu juga bisa konfirmasi ke.pihak rumah sakit dengan cara menghubungi nomor telepon yang tertera di kolom ketersediaan.

Namun perlu dicatat kalau sisi keakuratan dan kecepatan informasi di situs bergantung pada data yang dikirim oleh pihak rumah sakit masing-masing.

Lalu informasi yang ada di keterangan juga bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah setiap saat dengan penyesuasian kondisi kebutuhan di rumah sakit.

Baca Juga: 3 Keuntungan Melakukan Lebaran Online Untuk Pencegahan Covid-19

Wilayah Bodetabek dan Indonesia

Nah, bagi kamu warga Bodetabek dan seluruh Indonesia yang ingin mengecek ketersediaan kamar pasien Covid-19.

ANTARA FOTO
M RISYAL HIDAYAT

Sejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). Berdasarkan data dari pengelola, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran saat ini cenderung menurun menjadi 1.364 pasien atau

Terdapat satu situs buatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang bisa dikunjungi yaitu http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap melalui smartphone ataupun laptop dan PC.

Baca Juga: Foto Jenazah Pasien Covid-19 Dibawa Pakai Truk Viral di Twitter, Ini Kata Pemprov DKI

Kalau sudah mengunjungi situs tersebut, kamu bisa langsung mengetuk kotak warna biru yang bertuliskam "Tempat Tidur Covid-19".

Setelah itu, sesuaikan wilayah provinsi yang diinginkan dan jangan lupa untuk pilih kabupaten/ kota dan langsung klik "Cari".

Nantinya situs tersebut akan memunculkan daftar nama rumah sakit di wilayah yang kamu inginkan tersebut.

Kamu juga bisa mengklik rumah sakit satu per satu untuk melihat ketersediaan kamar pasien Covid-19.

Semoga informasi ini dapat membantu kamu yang sedang mencari kamar pasien Covid -19 online di wilayah Jabodetabek.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya