Uji Kecepatan Internet 5G Untuk Upload Download dan streaming video 4K

Rabu, 09 Juni 2021 | 17:00
Bagus

percobaan jaringan 5G di Jakarta

Laporan Wartawan nextren, Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Nextren.com - Saat ini Indonesia sudah mulai memasuki era jaringan 5G yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding 4G.

Dengan teknologi terbaru, jaringan 5G memiliki potensi besar untuk meningkatkan kecepatan jaringan internet di Indonesia.

Untuk itu kami menguji kecepatan Internet 5G yang sudah mulai komersial di beberapa wilayah di Jakarta dengan beberapa perangkat Oppo.

Pada pengujian ini, kami menggunakan perangkat Oppo Reno5 5G dan Find X2 Pro yangsudah tersambung ke jaringan 5G dan perangkat lain sebagai pembanding, menggunakan Oppo A74 yang hanya tersambung ke jaringan 4G.

Baca Juga: Jaringan 5G Diprediksi Ubah Tren Industri Game, Playstation Terancam!

Sebagai catatan penting, hasil dari pengujian ini sangat tergantung dari berbagai macam faktor seperti cuaca, lokasi, operator, perangkat yang digunakan, dan lain - lain.

Pengujian dilakukan pada pagi hari di taman piknik Satria Mandala, Jakarta Selatan.

Ada 3 skenario pengujian yang kami lakukan yaitu download dan upload file ke Google drive, download game, dan streaming video 4K 60FPS HDR.

Menurut kami pengujian ini sudah menggambarkan skenario nyata pemakaian jaringan 5G yang akan umum dialami sebagian besar konsumen, meskipun masih banyak potensi lainnya yang saat ini belumhadir di Indonesia.

Lalu seberapa cepat jaringan 5G di area ini pada skenario pemakaian yang sudah ditentukan ?

1. Download dan Upload file Google drive

Pada pengujian yang pertama, kami melakukan upload dan download menggunakan jaringan 5G, serta dibandingkan dengan jaringan 4G secara langsung dan berdampingan.

File yang digunakan adalah sebuah video berukuran 337MB, yang diupload ke Google drive lalu diunduh kembali ke perangkat.

Bagus

Hasil pengujian download (bawah) dan upload (atas) file ke google drive menggunakan jaringan 5G

Hasilnya cukup mengejutkan, dimana proses upload dengan OPPO Reno5 5G hanya membutuhkan waktu 3 menit 32 detik dan download memerlukan 57 detik saja.

Baca Juga: Perbedaan Oppo Find X3 Pro 5G dan Oppo Find X3, HP Flagship Terbaru

Bagus

Hasil pengujian download (atas) dan upload (bawah) file ke google drive menggunakan jaringan 4G

Hasil ini jauh lebih cepat dibandingkan perangkat Oppo A74 yang menggunakan jaringan 4G, dimana kecepatan upload memakan waktu 4 menit 48 detik dan download selama 1 menit 47 detik.

Kami merasa kalau kecepatan 5G seharusnya lebih cepat daripada yang kami coba saat ini, mengingat peningkatannya hanya 2 kali lipat.

Namun jika dibandingkan dengan 4G di saat bersamaan, kecepatan ini sudah jauh lebih kencang dan sangat cukup untuk skenario download dan upload file ke sistem cloud seperti google drive.

2. Download Game

Pada skenario yang kedua, kami mencoba jaringan 5G ini untuk mengunduh game yang memiliki ukuran cukup besar seperti Call of Duty Mobile yang memiliki ukuran 2.67GB.

Untuk sumbernya, game didownload secara langsung dari google playstore.

Bagus

Hasil pengujian download game CoD Mobile dengan jaringan 5G

Baca Juga: Intip Keunggulan OPPO Find X3 Pro 5G, Siap Hadir ke Indonesia

Dengan kecepatan jaringan yang lebih tinggi, Oppo Reno5 5G tentu saja mampu mengunduh game berukuran besar dengan lebih cepat.

Dari menekan tombol “install” sampai proses installing, hanya membutuhkan waktu 2 menit 19 detik saja.

Bagus

Hasil pengujian download game CoD Mobile dengan jaringan 4G

Sedangkan perangkat Oppo A74 yang menggunakan jaringan 4G, membutuhkan waktu sampai 12 menit49 detik dengan skenario yang sama.

Sehingga dalam pengujian kali ini, jaringan 5G menawarkan potensi kecepatan download yang cukup tinggi untuk mengunduh game yang berukuran sampai bergiga-giga.

3. Streaming 4K

Pada skenario yang terakhir ada perubahan yang dilakukan yaitu perangkat yang diganti.

Untuk bisa menikmati streaming 4K ini, kami menggunakan Oppo Find X2 Pro yang sudah mendukung layar beresolusi 1440p, 120FPS, dan HDR.

Bagus

Streaming 4K dengan perangkat Oppo Find X2 Pro

Baca Juga: Cara Cegah Anak Kecanduan Main & Belanja Game Online di HP OPPO A74

Baca Juga: Baru Dibuka, OPPO Store Catat Lebih Dari 2000 Pesanan di Tanggal 31 Mei

Untuk skenario ini akan diputar video 4K di youtube secara streaming dan langsung menggeser slider ke beberapa menit.

Dari pengetesan ini sangat terasa bahwa perangkat yang terkoneksi ke jaringan 5G dapat digunakan untuk streaming kualitas 4K HDR dengan bufferyang hanya sepersekian detik.

Sayangnya tidak ada perangkat lain sebagai pembanding saat kami melakukan pengujian ini.

Meskipun kami meyakini kalau streaming 4K dengan jaringan 4G, rasanya tidak akan mengalami buffer sesingkat dengan jaringan 5G.

Kesimpulan

Kemampuan jaringan 5G memang sudah jelas lebih kencang dibandingkan 4G saat kami mengujinya di tanggal 8 Juni kemarin.

Perangkat Oppo yang dilengkapi dengan kemampuan 5G sudah cukup memberikan kesan pertama yang menyenangkan dengan kecepatan internetnya.

Sejumlah skenario yang kami coba ini memang hanya sebagian dari potensi 5G yang sebenarnya sangat luas, namun sudah cukup mewakili beberapa kebutuhan yang terasa paling dekat dengan konsumen di Indonesia.

Bagus

Pengujian jaringan 5G DI Jakarta dengan perangkat Oppo Reno5 5G dan A74

Baca Juga: Perbedaan Oppo Find X3 Pro 5G dan Oppo Find X3, HP Flagship Terbaru

Meskipun begitu, kami merasa kecepatan ini terasa belum mencapai ekspektasi yang kami harapkan, bisa disebabkan karena jaringan 5G diIndonesiayang masih sangat baru.

Dalam kondisi yang ideal, kecepatan jaringan 5G seharusnya bisa lebih kencang dari yang kami coba kemarin seperti klaim di luar negri.

Namun dengan seiring waktu berjalan dan semakin banyaknya operator yang mengkomersilkan 5G, kecepatan yang dicapai bisa lebih maksimal dan potensi 5G bisa lebih keluar lagi di Indonesia.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya