Solusi Keamanan Bagi Pelaku Bisnis dan Pelanggannya dari Telkomsel dan Lookout

Selasa, 20 April 2021 | 21:03
TEMS

Telkomsel Enterprise Mobile Security

Nextren.com - Transformasi digital di Indonesia makin dipercepat oleh pandemi Covid-19, yang mengharuskan karyawan mengurangi interaksi fisik dengan bekerja jarak jauh.

Maka dibutuhkan solusi teknologi yang membuat semua proses bisnis dalam aktifitas bekerja jarak jauh, bisa berlangsung aman, apapun jenis perangkat yang dipakai.

Terkait hal itu, Telkomsel bermitra dengan Lookout, Inc., perusahaan keamanan siber terkemuka, untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

Seiring kemajuan teknologi dan ekosistem digital, perangkat dan aplikasi seluler telah menjadi sarana utama dalam bekerja dan menjalani gaya hidup digital.

Baca Juga: Huawei Pamer Mobil Listrik Arcfox Alpha S Bersistem Operasi HarmonyOS

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, hari ini (20/4) Telkomsel meluncurkan layanan Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS) yang menghadirkan dua solusi keamanan, untuk memastikan pelanggannya untuk terhindar dari ancaman siber yang terus berkembang. Kedua solusi tersebut meliputi TEMS Mobile Endpoint Protection dan TEMS Mobile Apps Protection.

Keduanya, yang tersedia mulai hari ini (20/4), adalah solusi keamanan siber berbasis cloud terbaru Telkomsel yang bekerja sama dengan Lookout.

TEMS Mobile Endpoint Protection dan TEMS Mobile App Protection memungkinkan perusahaan untuk melindungi ponsel, tablet, hingga Chromebook karyawan sekaligus mengamankan aplikasi yang digunakan pelanggannya.

Solusi tersebut didukung oleh Lookout Security Graph yang mampu menganalisis data lebih dari 200 juta perangkat, 142 juta aplikasi, dan 4 juta alamat web setiap hari.

Lookout mampu mengamankan pengguna dari ancaman berupa phishing serta ancaman lainnya pada perangkat, aplikasi, dan jaringan dengan tetap mengutamakan privasi.

Platform berbasis cloud ini pun dapat secara otomatis mendeteksi ancaman yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir, dalam keterangannya kepada Nextren saat Media Update hari ini (20/4) mengatakan, “Telkomsel berkomitmen menghadirkan solusi yang customer-centric bagi pelanggan di seluruh Indonesia, baik B2B maupun B2C."

Lewat kolaborasi dengan Lookout, diluncurkan Telkomsel Enterprise Mobile Security yang memberi keamanan maksimal bagi pelanggan Enterprise.

Dengan sistem keamanan yang lebih terjamin, perusahaan bisa terus fokus meningkatkan produktivitasnya tanpa perlu mengkhawatirkan perlindungan terhadap aplikasi dan data.

Baca Juga: Perbedaan Instagram dan Instagram Lite, Cocok Buat HP Kentang

Tems
Tems

SVP Enterprise Account Management Telkomsel

TEMS Mobile Endpoint Protection (MEP)

Lebih dari setengah perangkat yang digunakan karyawan untuk mengakses data organisasi menjalankan iOS, Android, dan Chrome OS.

Hal ini dapat menjadi masalah jika keamanan pada perangkat seluler diabaikan, sehingga menciptakan celah dalam sistem keamanan sebuah organisasi.

Seiring dengan implementasi bekerja secara remote, mereka mengharapkan privasinya tetap terjaga. Maka dari itu, TEMS MEP hadir dengan manfaat sebagai berikut:

  • Pengamanan perangkat iOS, Android, dan Chrome OS milik perusahaan dan karyawan.
  • Pengamanan berbasis cloud yang dapat diperluas secara mulus ke ratusan ribu titik endpoints.
  • Optimalisasi kinerja prosesor dan usia baterai pada perangkat dengan aplikasi yang ringan.
  • Pengamanan privasi pengguna sesuai dengan persyaratan kepatuhan yang berlaku.
TEMS Mobile Apps Protection (MAP)

Aplikasi seluler telah menjadi media utama bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggannya.Seiring berlanjutnya tren ini, perusahaan perlu memastikan bahwa data dan privasi pelanggan terlindungi dari seluruh ancaman siber. Maka dari itu, TEMS MAP hadir dengan manfaat yang meliputi:

  • Pengamanan dari ancaman terhadap aplikasi, perangkat, dan jaringan.
  • Mudah diintegrasikan ke berbagai aplikasi dengan library SDK yang ringan.
  • Tidak memengaruhi kinerja dari aplikasi.
Baca Juga: Saham Tesla Anjlok, Kecelakaan Akibat Fitur Auto Pilot Jadi Faktor

Bermitra dengan Lookout, Telkomsel memastikan bahwa TEMS Mobile App Protection telah mengikuti peraturan perlindungan data nasional dan internasional serta menerapkan lapisan keamanan yang efisien untuk melindungi data perusahaan.

General Manager of Carrier Partnerships Lookout Firaz Azmeh, mengutip Asia Times, bahwa cybercriminals meningkatkan serangan yang berfokus pada orang-orang pada bisnis, dan yang paling umum dari semuanya adalah serangan phishing itu sendiri.

Maka Lookout bangga bermitra dengan Telkomsel, dalam memberikan keamanan melalui solusi mobile endpoint security dengan perlindungan phishing dan konten untuk pelanggan enterprise di Indonesia.

Telkomsel Enterprise Mobile Security ini diharapkan bisa membantu para pelaku industri untuk beradaptasi terhadap kondisi new-normal, dengan menyesuaikan proses bisnis operasionalnya lewat pemanfaatan teknologi digital yang tepat guna.

"Solusi tersebut diharapkan mampu mendorong transformasi digital di dalam perusahaan, sekaligus memperkuat upaya Telkomsel dalam mengembangkan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia, lewat pilar Digital Connectivity, Digital Service, dan Digital Platform,” pungkas Dharma.

Perlu diketahui, TEMS MEP dan TEMS MAP tersedia lewat Telkomsel myBusiness, unit usaha Telkomsel yang fokus menghadirkan solusi mobilitas bagi pelaku UMKM, perusahaan, dan pemerintahan.Terkait solusi TEMS ini, Telkomsel akan mengadakan webinar untuk pelanggan enterprise pada bulan Mei 2021, temanya tentang TEMS MEP dan TEMS MAP beserta manfaatnya bagi pelanggan enterprise.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya