Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Tinder baru saja menyelesaikan film serial buatannya yang bertajuk "Swipe Night".
Serial ini hadir sebagai konten serial pertama di platform aplikasi pencari jodoh tersebut.
Swipe Night hadir dengan skema yang berbeda dengan serial di aplikasi nonton semisal Netflix.
Pasalnya, Tinder membiarkan pengguna berperan sebagai pemeran utama atau bahkan sutradara.
Baca Juga: Tinder Hadirkan Fitur Terbaru Swipe Night, Video Interaksi Menarik
Dalam serial tersebut, kamu akan diberikan sejumlah pilihan untuk menentukan jalan cerita dari serial tersebut.
Sejak peluncuran episode ketiga yang menjadi penutup dari serial ini, Tinder pun melakukan analisis terhadap Gen Z dan Milenial yang menonton serial tersebut.
Penasaran seperti apa?
Yuk simak seperti apa perilaku Gen Z jika dilihat dari pilihan-pilihannya di serial Swap Night.
1. Gen Z Sangat Digital Savvy
Digital Savvy merupakan istilah bagi para orang-orang yang paham mengenai dunia digital.
Gen Z pun dinilai oleh Tinder sebagai generasi yang memahami platform digital dengan baik.
Hal itu terbukti dengan 31 persen Gen Z Indonesia yang menonton Swipe Night di Tinder.
Sedangkan penonton Milenial hanya menghasilkan persentase sebesar 27 persen.
Baca Juga: Tinder Uji Coba Fitur Face to Face di Indonesia, Tak Usah Takut Akun Palsu Nih!
Baca Juga: Inilah Karakter Asli Pengguna Aplikasi Kencan Tinder Berdasarkan Zodiak
2. Gen Z Suka Menolong
Berkat jalan cerita yang bisa ditentukan sendiri oleh penonton, Gen Z yang menonton Swipe Night dikatakan memilih untuk memilih memberikan tumpangan kepada orang asing yang mereka temui di jalan.
Persentasenya pun cukup tinggi yaitu 60 persen.
Lalu penonton yang memilih menyelamatkan hidup seorang pria dan menghentikan perkelahian juga memiliki persentase yang sama.
3. Gen Z Menghargai Teman
Dalam alur cerita Swipe Night, ada jalan cerita yang menggambarkan bahwa dunia akan kiamat.
Dari situasi tersebut, ternyata 65 persen Gen Z memutuskan untuk mencari orang spesial sebelum peristiwa tersebut dibandingkan berpesta.
Para penonton dari generasi tersebut pun lebih banyak memilih untuk alur cerita yang menghabiskan waktu untuk melihat komet jatuh bersama teman-teman terdekatnya (85 persen).
Baca Juga: Pengguna Tinder, Ada Kabar Baik Dari Telkomsel Untuk Berlangganan Nih
Baca Juga: Kasus Mutilasi yang Berawal Dari Aplikasi Kencan Tinder , Bikin Netizen Heboh di Twitter
4. Gen Z Tidak Peduli Tempat
Tinder pun mengklaim bahwa Gen Z merupakan generasi yang tidak terlalu memperdulikan tempat.
Sebab dari opsi pergi ke alam bebas atau kembali ke kota, persentasenya hanya berbeda sedikit yakni 52 persen dan 48 persen.
Jadi disimpulkan kalau yang terpenting untuk Gen Z adalah menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.
5. Gen Z Relate dengan Pop Culture
Pada detik terakhir ketika dunia segera berakhir, penonton diberikan dua pilihan kalimat yaitu "I Love You 3000" dan "I Love You".
Hasilnya, 57 persen penonton memilih kalimat "I Love You 3000" yang sempat viral akibat adegan di film The Avengers.
Dengan demikian, Tinder pun menyimpulkan kalau Gen Z mengikuti perkembangan budaya-budaya terbaru.
(*)