Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Dalam acara peresmian solusi bisnis UMKM untuk Go Digital bersama Gojek via Webinar Zoom hari ini (10/8) mengenal beberapa platform yang bekerjasama.
Salah satu platform yang bekerjasama dengan Gojek ialah Selly dengan jargon keyboard ajaib untuk para penjual online.
Selly dijadikan sebagai solusi bisnis karena bisa melakukan beberapa hal hanya dengan satu tempat saja.
Ada beberapa fitur yang bisa digunakan oleh UMKM yang berjualan via Sosial Media atau WhatsApp.
Baca Juga: Chef Arnold Bos Digitarasa dan Gofood Membuka Batch 2 Program Akselerator Kuliner
Fitur yang pertama ialah Auto Text, dalam transaksi berdagang secara digital biasanya terdapat urutan dimana konsumen bertanya terlebih dahulu tentang barang yang ia inginkan.
Yang mungkin percakapan tersebut berujung kepembelian yang pastinya penjual memerlukan sebuah format seperti nama, alamat hingga pemilihan pembayaran.
Hal ini bisa dilakukan oleh penjual secara otomatis tanpa perlu mengetik format ke beberapa konsumen yang menghubungi.
Lalu, biasanya konsumen ingin mengetahui berapa ongkos kirim barang yang ia beli kepada penjual.
Baca Juga: TikTok Bikin Platform Iklan Baru Untuk UMKM, Bisa Dapat Dana Rp 4,3 Juta
Penjual tanpa perlu mencari ke browser terkait ongkos kirim, pada Selly bisa mengeceknya dengan memasukan alamat konsumen dengan alamat pengirim.
Setelah diproses akan ada beberapa pilihan pengiriman yang bisa direkomendasikan penjual kepada konsumen.
Bila konsumen sudah memilih, penjual bisa memasukan data barang yang dipesan, jenis pengiriman, harga ongkos kirim, hingga jenis pembayaran.
Data yang sudah masuk akan dijadikan sebuah link yang bisa diberikan ke konsumen untuk lanjut ke tahap pembayaran.
Baca Juga: Kini UKM Bisa Pinjam Cepat Tanpa Jaminan Hingga Rp 2 Miliar, Lewat Midtrans Merchant Financing
Untuk pembayaran akan langsung terhubung dengan mitra Midtrans yang bisa dengan via Transfer atau QRIS.
Penjual juga bisa mengingatkan kembali kepada konsumen yang belum membayar dengan pengingat langsung dari keyboard.
Untuk mengetahui konsumen yang sudah membayar atau belum bisa dilihat pada dashboard aplikasi Selly.
Selain bisa mengelola transaksi, terdapat laporan penjualan dan data pelanggan yang mungkin merupakan pelangan setia.
Baca Juga: Riset Laporkan 3 Masalah yang Ditemui Penjual Online di Masa Pandemi
Dari aplikasi Selly, kalian juga bisa melihat tren barang yang terjual dari beberapa minggu belakangan dan pengiriman serta jenis pembayaran yang sering dipilih konsumen.
Ekosistem Gojek kini membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.
Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar.
Selain menyediakan solusi yang komprehensif untuk UMKM seperti layanan pengiriman GoSend dan GoBox, Gojek juga bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya termasuk mitra pembayaran seperti QRIS dan Link Aja, dan penyedia logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.
Baca Juga: Gojek Hadirkan GoPlay Live Untuk Tambah Platform Streaming Konser
(*)