Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22 Persen Saat Momen Ramadan 2020

Rabu, 27 Mei 2020 | 19:30
Telkomsel

Ilustrasi pelayanan data

Nextren.com - Momen Ramadan 2020 telah dilalui dan diakhiri dengan perayaan Idul Fitri yang dirayakan dengan cukup berbeda.

Perayaan yang biasanya berpergian ke rumah saudara kini hanya bisa berada di rumah saja dan berhubungan via aplikasi video call.

Telkomsel sebagai perusahaan jaringan telekomunikasi di Indonesia memberikan upayanya untuk mendukung masyarakat bisa terhubung.

Perusahaan tersebut pun memberikan laporan tentang penggunaan layanan data ketika momen Ramadan hingga Idul Fitri.

Baca Juga: Usia 25 Tahun Telkomsel di Tengah Pandemi, Kawal Transformasi Digital di Indonesia

Pada momen tersebut, pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini juga, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Telkomsel juga mencatat terjadinya kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini, trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Baca Juga: Dukungan Telkomsel Terhadap Kebijakan Penanganan COVID-19 Pemerintah Dilakukan Secara Terukur

Hal ini dikarenakan larangan mudik yang diatur oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur yang biasanya menjadi destinasi utama mudik, di masa pandemi ini mengalami penurunan.

Kedatangan pelanggan sebesar -83% untuk wilayah Jawa Tengah, -77% untuk Jawa Barat, dan -83% untuk Jawa Timur.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, kenaikan juga terjadi pada layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sebesar 75,4%.

Baca Juga: Telkomsel Tawarkan Kuota Data 15 GB Harga Rp 25.000, Hingga 16 Mei Saja

Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumahselama Lebaran.

Telkomsel juga mencatat, selama momen Ramadan dan Idul Fitri terdapat lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan).

Aplikasi tersebut antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service.

Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8%.

Baca Juga: Jelang 25 Tahun, Telkomsel Kerahkan Startup dan IoT, Juga Donasi Ventilator dan APD untuk Penanganan Covid-19

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal.

Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS.

Telkomsel juga telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest (POI) yang berfokus pada 309 titik area residensial, 58 titik rumah sakit rujukan Covid-19.

Serta 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi dan 31 titik area transportasi logistik, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok.

Baca Juga: Pertandingan Game PC dan Mobile IGC 2020 Hadir Dengan Hadiah Rp 1,6 Miliar

Selain itu, Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km yang terbentang dari wilayah Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan.

Khusus titik POI residensial mengalami kenaikan trafik data yang signifikan yaitu mencapai 31,7% apabila dibandingkan dengan hari normal atau sebelum diberlakukannya kebijakan himbauan Work From Home (WFH).

Upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan juga Telkomsel lakukan dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi 4G, mengoperasikan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps.

Secara keseluruhan, Telkomsel saat ini memiliki 219.000 unit BTS di seluruh penjuru negeri, dengan 87.000 unit di antaranya merupakan BTS 4G.

Baca Juga: Aktifitas WFH Makin Intensif dan Beresiko, Telkomsel Rilis Layanan Mobile Security

Berbekal infrastruktur yang andal, cakupan 4G Telkomsel pun telah menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan berbasis broadband.

Di samping itu, sebagian besar proses pengawasan operasionalisasi dan penanganan aktivitaspengamanan jaringan dilakukan secara virtual, yang didukung oleh 13 Posko Virtual eRAFI 2020, 19 tim internal (1.578 anggota), dan 46 tim mitra strategis (803 anggota).

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing.

Implementasi virtual monitoring ini dinilai mampu menjaga keselamatan dan kesehatan karyawanTelkomsel terhadap Covid-19.

Baca Juga: Lewat Mobile Security, Telkomsel Ajak Enterprise Dongkrak Produktivitas dan Keamanan Perangkat Saat WFH

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto