Tips Bagi Penjual Untuk Aktif Ingatkan Pelanggan di Facebook Saat Pandemi

Rabu, 13 Mei 2020 | 18:30
Shutterstock

Facebook

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextrem.com -Di tengah pandemi yang belum menentu kapan berakhirnya banyak upaya pengusaha untuk mendapat keuntungan.

Apalagi dengan adanya penerapan PSBB, pengusaha atau penjual dipaksa untuk mengalihkan transaksi dan menawarkan barang yang mereka jual melalui online.

Banyak e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, JD.id, dan Blibli.com yang bisa digunakan untuk menawarkan barang dagangan mereka.

Namun bukan berarti pengguna tidak bisa memulai dari media sosial bila usahanya di e-commerce tidak begitu baik.

Baca Juga: WhatsApp Nantinya Bisa Video Call Untuk 50 Orang, Makin Berguna Deh!

Dalam berjualan di media sosial seperti Facebook harus memerlukan tips agar bisa berjualan secara efektif.

Bagi pengusaha yang mungkin sebelumnya menjalankan usaha mereka di toko offline mungkin bisa mengingatkan dalam postingan Facebook Fanpage khusus berjualan bahwa usaha mereka pindah ke layanan online.

Selain itu penjual atau pengusaha juga perlu untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara rutin agar tidak menghilangkan kepercayaan pelanggan.

Facebook hadirkan fitur tanggapan otomatis di Messenger dan Instagram khusus bisnis agar ketika konsumen bertanya ada beberapa informasi yang mungkin dibutuhkan.

Baca Juga: Dewan Pengawas Konten Facebook Berwenang Melawan Mark Zuckerberg, Ada Wakil Indonesia Loh

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, penjual juga perlu menghadirkan acara online seperti sesi live di Facebook atau Instagram.

Facebook memberikan rekomendasi topik yang tepat untuk penjual siarkan langsung di Instagram atau Facebook.

- Adakan tanya jawab

- Lakukan siaran langsung dengan mewawancarai salah satu pemirsa

- Tampilkan dan jelaskan produk atau layanan yang ditawarkan

- Buat video tutorial

- Buat serial Live

Baca Juga: Cara dan Tahapan Jualan Online Dengan Mudah Selama Penerapan PSBB

Dalam melakukan siaran live juga disarankan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi agar tayangan menjadi lancar.

Agar video live stabil, penjual bisa gunakan tripod atau sandarkan smartphone ke dinding atau buku.

Jika penjual ingin menambah daya tarik konsumen yang menonton live perlu juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan.

Untuk mendapat penonton lebih banyak, penjual juga perlu untuk membuat postingan dan Stories sebelum memulai live.

Bila penjual ingin informasi pada live bisa diterima ke semua pengikutnya, penjual bisa membagikan live tersebut ke Stories.

Bagi kalian yang menjual melalui Facebook dan Instagram pun perlu juga untuk membagikan gambar produk atau yang kalian tawarkan secara menarik.

Baca Juga: 5 Perubahan Kebiasaan Pengguna Grab Selama Pandemi, Belanja Online!

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto