Rela Beli Samsung QLED 8K TV 2020 Seharga Rp 50 - Rp 160 Juta? Begini Kemampuannya

Senin, 20 April 2020 | 21:53
Samsung

Samsung QLED TV Q950T dengan bezel tipis

Nextren.com – Samsung Electronics Indonesia resmi memperkenalkan generasi terbaru jajaran QLED 8K TV bagi masyarakat Indonesia.

QLED 8K TV Q950TS memperkenalkan Infinity Screen, yang memproduksi rasio screen-to-body hingga 99%, ditambah audio surround-sound, resolusi 8K dalam desain yang tipis. Ketebalan Q950 hanya 15 milimeter untuk seluruh layar, sehingga dapat menempel rata pada dinding.

Menurut Fomalhaut Sundamen, TV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, televisi layar besar semakin diminati oleh pasar, dan di televisi besar tersebut resolusi 8K paling berperan.

Dengan rasio screen-to-body hampir 99%, saat disaksikan dari jarak 3 hingga 4,5 meter konsumen dapat menikmati efek infinity screen dimana bezel seolah menghilang, seolah menghilangkan batasan antara TV dan sekitarnya.

Baca Juga: Pixar Ajak Penggemar Untuk Belajar Menggambar Tokoh Film Onward

Generasi terbaru Quantum Processor 8K pada Q950 meningkatkan kekuatan AI Upscaling yang menggunakan machine learning untuk menganalisis setiap adegan konten, pixel demi pixel. Maka, tontonan apapun akan ditampilkan dengan kualitas 8K hingga detil terkecil.

Ketika sensor TV tradisional hanya dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya, Adaptive Picture selangkah lebih maju dengan menyesuaikan distribusi cahaya dalam setiap adegan. Gambar tetap jelas, tampilan kontras tetap baik. Karena audio sama pentingnya dengan video untuk pengalaman menonton yang memukau, Q950 dilengkapi dengan speaker di setiap sudut layar, yang memiliki sub-woofers di bagian belakang.

Ketika dikombinasikan dengan Object Tracking Sound+ dengan software AI untuk mengikuti kecepatan suara audio dengan pergerakan objek pada layar, Q950 dapat menghasilkan 5.1 channel surround sound yang tajam.

Baca Juga: Cara Daftar Rapid Tes dan Tes PCR COVID-19 Lewat Aplikasi Halodoc

Q950 juga dapat menyesuaikan volume dialog sebagai respon untuk suara latar seperti blender atau vacuum cleaner.

Active Voice Amplifier (AVA) mendeteksi jenis suara tersebut dan secara otomatis meningkatkan kejernihan suara.

Saat Anda menonton sementara anggota keluarga lain memasak, suara-suara latar tersebut diklaim tidak akan mengganggu kenikmatan menonton.

Samsung
Samsung

Ketipisan Samsung QLED 8K Q950 2020

Fungsi cerdas

Berbagai fungsi cerdas pada Q950 turut mendukung agar pengguna dapat melanjutkan pekerjaan saat berada di rumah.

Tap View memungkinkan konsumen untuk mirroring layar smartphone pada TV hanya dengan menyentuhkan dua perangkat tersebut.

Baca Juga: Luna Maya Wawancara 3 Kali Sehari Sebagai YouTuber Setelah Kelamaan di Rumah

Di tengah video call, sulit melihat wajah puluhan peserta yang tergabung, atau presentasi yang ditampilkan terlalu kecil di layar smartphone – masalah ini kerap menjadi gangguan.

Dengan Tap View, cukup aktifkan NFC kemudian ketukkan smartphone ke QLED TV dan video call, puluhan peserta, dan presentasi akan tampil di layar besar dan memudahkan pengguna mencerna isi meeting-meeting penting.

Anak perlu mencari materi untuk tugas sekolah?

Pada tahun 2020, Bixby, sebagai asisten AI Samsung, juga kian cerdas.

Tidak hanya berguna untuk mengontrol TV, mencari video referensi tugas, Bixby juga dapat menemukan jawaban untuk berbagai pertanyaan.

Baca Juga: Peserta Kartu Pra Kerja Wajib Habiskan Rp 1 Juta untuk Pelatihan Online Seperti Ini

Koneksi Smartphone ke TV

Saat terus tinggal di rumah, kita tetap perlu menjaga stamina dan menstimulasi tubuh dengan berolahraga rutin.

Berolahraga menjadi semakin efektif memanfaatkan fitur Multi-View.

Fitur ini membantu konsumen menyaksikan dua sumber layar sekaligus, dari televisi dan mirroring dari smartphone, dengan memproyeksikan layar smartphone pada TV dan menampilkan jendela terpisah pada konten TV.

Dengan 14 layout berbeda, pengguna dapat menyesuaikan pengalaman menonton mereka, mulai side-by-side hingga picture-in-picture.

Baca Juga: Pemesanan iPhone SE 2020 Resmi Dibuka Lewat Apple Online Store

Anda dapat berolahraga di rumah, menonton video tutorial olahraga, dan pada saat yang sama Anda dapat memeriksa posisi Anda dengan kamera smartphone yang telah dimirroring ke layar TV.

Di tengah kesibukan sehari-hari, break sejenak untuk bermain game dapat menjadi pilihan.

Dengan bantuan Multi View, Anda dapat membuka walkthrough via smartphone, menampilkannya di TV untuk memandu dan meneruskan permainan game konsol yang sedang berjalan.

Baca Juga: Cara Cek Sendiri Status IMEI Pelanggan Telkomsel dan XL Axiata, Resmi atau Legal?

Pengalaman Menonton 8K

Ada berbagai cara untuk menikmati konten berkualitas 8K, meski video yang dimiliki belum beresolusi 8K.

Melalui fitur AI Upscaling, QLED 8K TV bahkan bisa membantu menikmati resolusi 8K meskipun hanya tersedia konten resolusi rendah.

Konsumen pun dapat menikmati konten 8K kreasinya sendiri. Kini saat Samsung Galaxy S20 telah dilengkapi dengan kamera 8K, konsumen mampu mengambil video 8K, kemudian berbagi video di YouTube, dan menikmati konten di layar besar dengan mentransfernya ke QLED 8K TV lewat fitur Smart View atau Tap View.

Samsung QLED 8K TV 2020 akan tersedia dalam 2 tipe: Q950TS (75 dan 85 inci) dan Q800T (65 dan 82 inci) pada harga Rp. 49.999.000 – 159.999.000,-.

Preorder dibuka melalui situs Samsung pada 20 April – 5 Mei 2020, dan konsumen yang melakukan preorder akan langsung mendapatkan Galaxy S20 Ultra (khusus untuk 65Q800T langsung mendapatkan Galaxy S20).

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya