Lazada Akui Peningkatan Penjualan Peralatan Gaming di Tahun 2020

Rabu, 15 April 2020 | 15:00
South China Morning Post

Pengepakan barang di gudang Lazada Indonesia.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Lazada merupakan salah satu e-commerce yang sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2012.

Setelah 8 tahun beroperasi, kali ini Lazada secara perdana melakukan kerjasama dengan salah satu tim esports Indonesia yaitu Evos.

Kerjasama keduanya resmi dilakukan pada 10 April 2020 lalu di Jakarta.

Keberanian Lazada untuk melakukan kolaborasi ini dikarenakan meningkatnya jumlah mobile gamers di Indonesia.

Baca Juga: Perubahan Perilaku Belanja di Lazada Saat Penerapan Physical Distancing dan WFH

Menurut data, ada sekitar 52 juta pengguna smartphone di Indonesia yang menggunakan smartphone untuk bermain game.

Selain itu, mobile gamers di Indonesia juga tercatat telah menyumbang sekitar 8,7 triliun Rupiah selama tahun 2019.

"Yang ingin dicapai melalui kerjasama dengan Evos ini adalah ingin meningkatkan kemajuan ekonomi kreatif," ungkap VP Marketing of Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto.

Pihak Lazada juga mengatakan bahwa dengan kolaborasi dengan Evos saat ini telah memberikan efek kepada perusahaannya.

Sejak kerasama tersebut, Lazada mengaku sudah mengalami keuntungan yang cukup konkrit terhadap peningkatan jumlah pelanggan.

Diketahui bahwa di awal perilisan kerjasama, Evos meluncurkan toko resmi penjualan merchandise tim di platform e-commerce Lazada.

"Kita tidak hanya ingin mereka (fans Evos) jadi pelanggan tapi kita juga akan berikan banyak keuntungan bagi mereka di Lazada," tutur Sawitri Hertoto.

Lazada memberikan sejumlah penawaran menarik seperti flash sale dan juga diskon-diskon seperti jaket Evos.

Baca Juga: EVOS Esports dan Lazada Gelar Audisi Terbuka Mobile Legends dan Free Fire

Instagram/ekooju
Instagram/ekooju

EVOS Oura

Terkait penjualan perangkat gaming, saat ini dikatakan oleh Sawitri telah mengalami peningkatan.

Penjualan voucher gaming dan aksesoris gaming juga menjadi salah satu yang mengalami kenaikan saat ini.

Namun, saat ditanyakan apakah ini imbas dari kerjasama dengan Evos, VP Marketing of Lazada Indonesia tersebut masih belum bisa memastikan.

Pasalnya, peningkatan penjualan barang yang berhubungan dengan mobile gaming sudah terjadi sejak awal tahun, dimana Lazada sendiri masih belum benar-benar fokus untuk di esports seperti sekarang.

"Jadi kita belum bisa mengakui juga peningkatan ini terjadi akibat adanya kerjasama dengan tim esports ini," jelasnya saat ditanyakan melalui telekonferensi.

Ke depannya, pihak Lazada akan bekerjasama dengan Evos mengadakan ajang pencarian pro player di Indonesia sebanyak 250 orang untuk Mobile Legends dan 250 orang untuk Free Fire.

Baca Juga: Hadapi Wabah Corona, Pengiriman Barang di Lazada Diperketat Termasuk Dari China

Rencananya, agenda ini akan diselenggarakan pada bulan Mei hingga Juni namun karena adanya pandemi, kemungkinan akan dijadwalkan secara ulang.

Untuk penggemar Evos juga bisa menikmati layanan live streaming melalui fitu Shopertaiment yang bisa memberikan pengalaman bermain bersama pemain Evos Mobile Legends.

Menurut pengakuan Sawitri, periode diadakannya Shopertainment juga akan diperpanjang hingga bulan Juni.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya