Perubahan Perilaku Belanja di Lazada Saat Penerapan Physical Distancing dan WFH

Rabu, 08 April 2020 | 20:43
way

Tampilan Situs Belanja Lazada

Nextren.com - Pada 27 Maret 2020 lalu, Lazada mengadakan diskon besar-besaran dari berbagai produk khususnya produk teknologi.

Terdapat handphone, laptop, TWS, hingga power bank yang ditawarkan dengan harga diskon pada platformnya.

Diskon banyak produk di Lazada itu dibuat sebagai perayaan ulang tahun.

Lalu seperti apa kondisi penjualan Lazada dengan beragam diskon itu, di saat Indonesia sedang menghadapi wabah virus corona?

Menurut Ferry Kusnowo, Chief Customer Experience Officer Lazada, karena saat ini kita tengah dalam kondisi pandemi Covid-19, maka produk-produk yang jumlah transaksinya meningkat juga berubah.

Baca Juga: Maraknya Penipuan Belanja Online Saat Kondisi Wabah Virus COVID-19, Ada yang Tertipu Rp 40 Juta!

Perubahan transaksi tersebut adalah dari produk – produk keinginan (wants), berubah menjadi produk-produk untuk kebutuhan (needs).

"Kami mencatat peningkatan jumlah transaksi di produk-produk kategori kesehatan, kebersihan dan juga kebutuhan rumah tangga seperti masker, hand sanitizer dan vitamin serta pembersih lantai dan sabun cuci tangan."

"Selain itu, kami juga melihat adanya peningkatan jumlah transaksi di kategori makanan dan minuman siap saji," ujar Ferry.

Baca Juga: Layanan Terbaru Taksi Bluebird COD, Bisa Kirim dan Ambil Barang Hingga Belanjaan Apa Saja

Pengaruh WFH ke Belanja Online

Di tengah meluasnya penerapan physical distancing, belanja online memang menjadi satu alternatif bagi banyak orang.

Lewat belanja online seperti di Lazada, konsumen bisa berbelanja dengan aman dan nyaman dari rumah, kapanpun dan dimanapun.

Data menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku pembeli dari produk-produk dalam kategori ‘keinginan’ ke produk-produk kategori ‘kebutuhan’.

Sementara kebutuhan akan barang-barang sehari-hari dan penunjang kesehatan, pencegahan penyakit maupun barang-barang kebersihan, juga mengalami peningkatan.

Baca Juga: Agar Dana Tak Bobol, Shopee Ajak Pengguna Bijak Finansial Saat Belanja Online

Lazada
Lazada

Ferry Kusnowo, Chief Customer Experience Officer Lazada

Untuk dapat memenuhi permintaan barang-barang yang dibutuhkan tersebut, salah satu langkah Lazada adalah bekerjasama dengan BULOG untuk memberikan kemudahan akses bagi konsumen dalam membeli barang kebutuhan pokok makanan, tanpa harus meninggalkan rumah tapi cukup dengan mengunjungi laman tertentu.

Sementara jika konsumen masih tetap harus beraktivitas di luar rumah, maka tim Lazada juga sudah menyiapkan halaman khusus yang berisi rekomendasi beragam produk yang dibutuhkan konsumen untuk membantu menjaga kesehatan mereka dan juga untuk mencegah penyakit.

Baca Juga: Situs Belanja Online Jadi Ramai Sejak Virus Corona Menyebar di Dunia

Produk gadget, handphone dan laptop tetap meningkat

Selama ini, produk gadget dan elektronik memang menjadi salah satu kategori produk yang paling dicari pembeli di situs belanja online, termasuk Lazada.

Nah, selama masa WFH ini barang-barang elektronik dan gadget juga selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen Lazada.

Di tengah penerapan physical distancing ini, banyak orang yang memutuskan untuk memusatkan kegiatan mereka di rumah.

Baca Juga: 3 Aplikasi Belanja Ini Bisa Bantu Emak-emak Belanja Sayur dan Buah Dari Rumah

Maka tim Lazada melihat adanya keinginan konsumen untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di rumah dan bisa terus terhubung dengan dunia luar.

Hal tersebut terlihat dari peningkatan jumlah transaksi pada kategori elektronik saat kampanye ulang tahun Lazada bulan lalu.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya