GoFood Jadi Layanan Andalan Saat ini, GoRide Anjlok di Empat Negara

Rabu, 25 Maret 2020 | 10:27
TribunSolo.com/Ryantono Puji

Ratusan driver Gojek dan Grab se-Solo Raya demo di depan kantor ojek online Maxim di Jalan Sangaji No 21 D Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin (16/12/2019).

Nextren.com - Perusahaan raid-haling Indonesia yaitu Gojek sedang memasuki fase kesulitan untuk para mitra drivernya.

Bagaimana tidak, saat ini sejumlah mitra driver sedang mengalami penurunan pendapatan.

Menurut pantauan Nextren, mereka beralasan bahwa dengan adanya kebijakan work from home, para penumpang jadi sedikit yang memesan untuk layanan GoRide.

Adanya kebijakan bekerja di rumah memang sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan berkat perintah dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Kemenkominfo Kolaborasi dengan 6 Startup Tingkatkan Pelayanan Warga Terkait Virus Corona

Pemerintah Indonesia menetapkan arah tersebut dikarenakan penyebaran virus corona yang kian hari makin menjalar ke masyarakat Indonesia.

Gojek sebagai perusahaan yang menaungi ribuan mitra pengemudi tersebut juga menyadari hal tersebut.

"Masalah kami tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang dihadapi mitra driver, merchant dan service provider kami, di mana mata pencahariannya sangat bergantung pada perputaran roda ekonomi, yang kini tengah melambat akibat pandemi ini," ungkap Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi.

Baca Juga: Kini Bisa Cek COVID-19 Sendiri Dari Rumah Lewat Layanan Baru Halodoc dan Gojek Ini

Sebagai langkah solusi yang diberikan, Gojek telah melakukan penyumbangan dana untuk membantu kebutuhan para mitra dan merchant yang disampaikan melalui pernyataan Kevin Aluwi.

Sumber pendanaan yang diberikan perusahaan memiliki 3 lini, yaitu

- 25% gaji Co-CEO dan petinggi senior Gojek selama 12 bulan ke depan.

- Anggaran kenaikan gaji seluruh karyawan Gojek, dan

- Donasi dari partner-partner korporasi Gojek.

Baca Juga: Gojek Galang Dana Karyawan Untuk Sumbang ke Mitra dan Merchant

Gantikan Nadiem, Andre Soelistyo Jadi Bos Baru Gojek

Meskipun pihak Gojek menyatakan ada penurunan di sektor layanan transportasi tapi mereka mengklaim bahwa saat ini GoFood mengalami peningkatan pesanan.

Melansir dari Reuters, Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo menyatakan bahwa mereka melihat peningkatan jumlah pengguna GoFood untuk semua negara yang tersedia layanan Gojek (Indonesia, Filipina, Thailand, dan Singapura).

Baca Juga: Solusi Grab dan Gojek Saat Social Distancing Untuk Para Mitra

Ia juga mengatakan bahwa saat ini Gojek sudah melihat tren untuk layanan pesan-antar makanan tersebut di Indonesia memiliki dinamika yang meningkat memasuki darurat dua minggu.

Jadi, nampaknya dalam beberapa minggu ke depan, Gojek akan membuat program lanjutan untuk menangani masalah yang dihadapi oleh para mitra drivernya tersebut.

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya