Nextren.com - Wabah virus corona yang sudah menyerang Indonesia makin meluas.
Untuk membatasi penyebarannya, beberapa pemerintah daerah sudah membatasi pergerakan warganya.
Caranya dengan meliburkan sekolah dan kampus selama 14 hari, dan membatalkan acara-cara keramaian yang melibatkan orang banyak.
Di Jakarta, semua sekolah juga diliburkan, namun untuk kantor-kantor swasta dihimbau untuk melakukan aktifitas dari rumah (work from home atau WFH).
Baca Juga: Wabah Corona Malah Membuat Pengusaha Alat Kesehatan China Tambah Kaya Raya
Namun karena belum terbiasa, aktifitas Work from Home ini bisa jadi tidak berhasil, dan target tidak tercapai.
Bimo Prasetio, seorang pengacara perusahaan profesional lewat akunnya @bimoprasetio, memberikan tips penting agar aktifitas bekerja dari rumah ini bisa berhasil.
Menurut Bimo, untuk mendukung kebijakan pemerintah, maka kita harus punya strategi untuk bisa bekerja dimana saja secara efektif dan tetap produktif.
Untuk dapat bekerja remote, tentunya harus disupport dengan koneksi internet yang baik.
Baca Juga: Operator Baru Switch Mobile Nebeng Jaringan Smartfren, Bisa Dipakai Terus Meski Kuota Habis
Lakukan hal-hal berikut agar aktifitas bekerja dari mana saja ini bisa berhasil.
1. Koordinasi ke atasan dan tim
Mengkoordinasikan pekerjaan yang sedang dan akan dilakukan dengan atasan dan tim kita.
Selain itu, tentu saja kita harus memaksimalkan untuk bekerja dengan teknologi yang ada.
Ada Skype, HangOut, Trello, CRM, Email, Telegram/WA dan lainnya.
Baca Juga: Tak Ada Habisnya, Maret 2020 Satgas Waspada Investasi Hentikan 388 Fintech Pinjaman Online Ilegal
2. Membuat to do list harian pekerjaan
Agar tetap fokus, maka buat To Do List Harin berdasarkan skala prioritas dan juga target penyelesaiannya.
Di akhir hari buatlah Working report untuk mengevaluasi pekerjaan.
3. Lokasi kerja nyaman
Tentukan lokasi yang sesuai dan bisa bekerja dengan nyaman (walau tidak selalu ideal).
Pastikan bisa mudah untuk ISHOMA (Istirahat, Shalat & Makan).
Jika harus di rumah, pilih lokasinya apakah di meja dan kursi atau di tempat tidur yang lebih efektif.
Baca Juga: Begini Cara Tepat untuk Membersihkan iPhone dari Kuman Versi Apple
4. Persiapkan diri dengan baik.
Istirahat cukup, makan cukup. Jangan tidur dan makan berlebih atau kurang, karena akan menghambat produktifitas dan mengurangi konsentrasi. Sediakan minum (kecuali bagi yang berpuasa).
5. Adaptasi
Lakukan penyesuaian dan pengkondisian untuk memulai bekerja.
Bisa jadi suasana yang ada kurang tenang atau kondusif. Maka lakukan adaptasi.
caranya bisa menggunakan headset untuk mendengarkan musik atau murotal Quran.
Hal ini bisa dilakukan di awal sambil kordinasi pekerjaan, membuat to do list, baca email atau WA/telegram saat kordinasi pekerjaan.
Baca Juga: 5 Aplikasi Ini Cocok Temani Pekerja dan Siswa Yang Libur Akibat Virus Corona
6. Kelola waktu
Kelola waktu untuk bekerja, main sosmed dan lainnya. Ingat ada to do list dan target pekerjaan, maka jangan terlena dengan sosmed.
7. Berdoa dan mulai bekerja.
Agar berasa benar-benar bekerja seperti di kantor, maka perlu diawali dengan niat yang benar , berdoa dan fokus.