Nextren.com - Layanan pesan-antar makanan online, Go Food, meluncurkan empat fitur barunya untuk meningkatkan pengalaman para pelanggan.
Keempat fitur tersebut adalah GoFood Pickup, GoFood Turbo, GoFood Plus, dan satu fitur baru yang dikembangkan lewat kolaborasi GoFood dengan Google Assistant.
Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan empat fitur ini untuk meningkatkan standar bisnisnya di industri layanan pesan-antar makanan.
"Kami terus-menerus meningkatkan standar pelayanan kami agar sukses memenangkan hati pelanggan," tuturnya dalam peluncuran yang dilakukan di CGV Pacific Place, Jakarta, Kamis (16/1/2020).
Baca Juga: Pesan Makanan via GoFood di Papua, Berujung Bobolnya Rp 28 Juta Dari Rekening Bank
Berikut penjelasan fitur-fitur baru di GoFood yang sudah dapat digunakan sejak 2020.
1. GoFood Pickup
Fitur GoFood Pickup ini tidak menggunakan jasa pengantaran driver.
Tetapi konsumen bisa langsung memesan makanan di GoFood, dan kemudian langsung mengambilnya di restoran tanpa harus mengantre atau menunggu.
Untuk bisa menggunakan fitur GoFood Pickup, pelanggan cukup memilih opsi "pickup" setelah memesan menu yang diinginkan di GoFood.
Kemudian, pelanggan akan dikabarkan kapan makanan siap disajikan dan siap diambil.
Baca Juga: Jumlah Mitra Kuliner GoFood 400 Ribu, Ini Makanan Yang Paling Sering Dipesan Tahun 2019
"Pada saat pelanggan sudah sampai di restoran maka pelanggan bisa langsung menjemput pesanannya," ujar Catherine.
Dia mengatakan bahwa konsumen kerap tak sabar untuk segera menyantap makanan.
Inilah yang menjadi inspirasi di balik GoFood Pickup.
2. GoFood Turbo
GoFood Turbo menjamin makanan diterima oleh pelanggan dalam waktu lebih cepat dibanding lewat pemesanan biasa.
Fitur ini pun bisa dipakai untuk memesan dari banyak merchant berbeda dalam satu pesanan.
Baca Juga: Aplikasi GoPlay Saingi Netflix, Rp 99 Ribu Sebulan Gratis Ongkir GoFood Sebulan
Namun, fitur ini hanya berlaku untuk pemesanan menu restoran GoKitchen dan Gofestival yang berada di wilayah terdekat pelanggan.
Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan terdapat perbandingan kecepatan pengiriman makanan antara GoFood Turbo dan GoFood reguler.
"GoFood reguler biasanya mengirimkan makanan kurang lebih setengah jam, sedangkan GoFood Turbo sekitar kurang dari 25 menit waktu pengiriman," tuturnya kepada KompasTekno di acara yang sama.
Untuk mengaksesnya, Pelanggan cukup membuka laman utama GoFood dan akan langsung menemukan bar menu makanan untuk masing-masing fitur yang ingin digunakan.
Baca Juga: 7 Warung GoFood Artis Buat Buka Puasa, Ada Dian Sastro, Titi Kamal, Baim Wong
3.GoFood Plus
Fitur yang satu ini menawarkan paket berlangganan umtuk mendapat diskon makanan tanpa voucher.
Pelanggan GoFood Plus akan memperoleh potongan harga tiap kali memesan makanan selagi dalam masa langganan.
Potongan harga dari GoFood Plus bisa digabungkan dengan voucher GoFood sehingga pelanggan bisa memperoleh dua benefit sekaligus.
GoFood Plus sudah mulai digulirkan pada awal 2020, tapi masih terbatas untuk pengguna tertentu saja.
Pihak GoFood belum mengungkap kapan fitur ini akan tersedia secara meluas.
Baca Juga: Saat Rapper Terkenal di Amerika Ini Kangen Makanan Indonesia, GoFood Menyambutnya
4. Pesan via Google Assistant
Pelanggan GoFood kini juga bisa memesan makanan lewat GoFood dengan cara berbicara ke software Google Assistant.
Cara penggunaannya, pelanggan cukup memesan GoFood dengan menyebut "Hello Google", lalu memerintahkan Google Assistant untuk memesankan menu GoFood secara langsung.
Tak hanya saat pemesanan, Google Assistant dapat membantu memeriksa status pesanan makanan pelanggan.
"Kami ingin menyelesaikan masalah keinginan pelanggan, bukan hanya harga tetapi juga dari layanan. Ini menjadi standar baru agar memberikan pengalaman berkuliner baru," tutup Nila.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "GoFood Kini Punya Fitur Pengiriman Cepat dan Langganan Diskon Makanan"Penulis : Putri Zakia Salsabila