Pesan Tiket di 110 Perusahaan Bis Lewat redBus, Tak Perlu ke Terminal dan Ketemu Calo

Selasa, 04 Desember 2018 | 14:58
Youtube

bis Pahala Kencana

Nextren.com - Masyarakat Indonesia tentu sudah terbiasa dengan taksi online, yang semuanya bisa dipesan lewat smartphone.Kini hadir pula aplikasi pemesanan bus secara online di Indonesia, bernama redBus.Jadi kalau selama ini untuk pesan tiket bus antar kota mesti ke terminal yang jauh dan macet, lalu sampai terminal ditarik-tarik calo, hal itu tak akan ditemui lagi.redBus, platform pemesanan bus antar kota & shuttle bus online terbesar di dunia, secara resmi meluncurkan layanannya di Indonesia (3/12). Para pengguna bus di seluruh Indonesia kini dapat memesan dan membeli tiket bus dan shuttle bus mereka secara online untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia dan memiliki rencana perjalanan yang pasti menggunakan redBus.

Baca Juga : Anterin, Jasa Transportasi Online yang Konon Diincar Mantan Supir UberredBus bertujuan untuk mengurangi pekerjaan secara manual dan membuat proses pemesanan bus jauh lebih mudah dan nyaman, baik bagi operator bus maupun pengguna bus di Indonesia.Setelah melayani lebih dari 18 juta pelanggan di seluruh dunia dan menjual lebih dari 170 juta tiket bus, redBus saat ini beroperasi di 6 negara, termasuk India, Kolombia, Indonesia, Malaysia, Peru, dan Singapura. Aplikasi mobile redBus telah diunduh lebih dari 32 juta kali dan termasuk dalam daftar 10 aplikasi perjalanan teratas di sebagian besar pasar. Peluncurannya di Indonesia akan mempercepat pertumbuhan angka tersebut mengingat banyak orang masih menggunakan bus sebagai moda transportasi favorit mereka.

Baca Juga : Surabaya Kini Bisa Naik Transportasi Online Ramai-Ramai dengan UberXL

“Setelah menyelesaikan berbagai permasalahan rumit yang dialami para pelanggan bus di berbagai negara, redBus diluncurkan di Indonesia dengan visi untuk mengubah ekosistem bus dan shuttle bus di Indonesia dan membuat hidup lebih simpel bagi para pelanggan bus,” ucap Prakash Sangam, CEO redBus.Aplikasi redBus ini akan membantu calon penumpang untuk memesan tempat duduk favorit mereka pada waktu perjalanan yang mereka inginkan.Calon penumpang tak perlu harus mengalami kesulitan dengan berdiri dalam antrian panjang di depan loket, atau bahkan ditarik-tarik oleh calon di terminal.Lebih dari 110 perusahaan otobus dan operator shuttle bus yang populer di Indonesia telah mempercayai redBus sebagai mitra resmi mereka untuk mendistribusikan tiket mereka secara online.

Baca Juga : Transportasi Online via Aplikasi BBM, Inilah Langkah Mudah Memesannya

redBus
redBus

aplikasi redBus

Beberapa perusahaan dan operator bus yang populer termasuk nama-nama besar seperti Sinar Jaya, Pahala Kencana, Lintas, Xtrans, Nusantara, Sumber Alam dan masih banyak lagi. Dengan dukungan dari para mitra ini, redBus dapat melayani sebagian besar permintaan bus dan shuttle bus yang berasal dari Jawa Barat & Jawa Tengah. redBus juga melihat minat yang besar pada rute pendek seperti Jabodetabek ke Bandung serta Joglo Semar (Yogyakarta, Solo, Semarang).Pengguna bus telah memesan tiket bus dan shuttle bus mereka pada lebih dari 1400 rute unik bus yang menghubungkan lebih dari 150 kota di Indonesia.

Baca Juga : Naik Taksi BlueBird Kini Bisa Perkirakan Tarif dan Bayar Lewat TCASH

Di akhir 2019, redBus bertujuan melipatgandakan jumlah mitra perusahaan otobus dan operator untuk memberikan pengguna lebih banyak pilihan, baik untuk perusahaan otobus maupun rute yang tersedia di seluruh Indonesia. Kami menargetkan untuk menjual lebih dari 200.000 kursi setiap harinya melalui www.redbus.id dan aplikasi mobile redBus,” ungkap Danan Christadoss, Country Head redBus Indonesia.Data redBus mencatat bahwa saat ini audiens pengguna bus terdiri dari mahasiswa dan profesional muda yang jauh dari kampung halaman mereka, baik laki-laki maupun perempuan, sebanyak 50% audiens tergolong dalam kelompok usia 18 hingga 24 tahun. Untuk lebih memudahkan seluruh proses pemesanan, redBus menyediakan beberapa pilihan pembayaran yang aman bagi pengguna di Indonesia.

Baca Juga : PUBG dan Free Fire Jadi Game Terbaik di Play Store Pada 2018

redBus
redBus

Prakash Sangam, CEO redBus dan Danan Christadoss, Country Head redBus Indonesia pada Peluncuran Aplikasi redBus (3/12)

Pembayaran tiket yang dipesan melalui redBus dapat dilakukan melalui transfer bank dengan menggunakan bank-bank populer seperti BCA, Mandiri, BNI dan BRI. Pengguna juga memiliki pilihan untuk membayar melalui GoPay atau melalui Alfamart terdekat mereka. Ada juga opsi untuk membayar melalui kartu Kredit dan Debit, namun redBus melihat belum banyak pengguna yang memilih opsi ini sekarang.

Baca Juga : Pemerintah China Monitor Lokasi Mobil Elektrik, Dibantu Pabrik Mobil

Peluang di Masa DepanredBus dilengkapi dengan fitur-fitur yang dikemas di dalam aplikasi, seperti mTicket di mana para pengguna dapat memperoleh tiket bus mereka melalui SMS langsung di ponsel mereka tanpa perlu mencetaknya ketika naik bus. Pengguna juga dapat membaca ulasan & peringkat oleh sesama pengguna bus sehingga membantu mereka memutuskan pilihan terhadap perusahaan bus. Fitur ini juga membantu operator bus memahami masalah konsumen di tempat dan meningkatkan layanan bus berdasarkan tanggapan pengguna.redBus berharap masyarakat Indonesia memiliki pengalaman memesan tiket bus secara online dengan mulus, tidak hanya sebelum pemesanan, tetapi juga selama dan setelah perjalanan bus mereka.

Baca Juga : Cara Bayar Taksi Blue Bird Pakai TCash, Bisa 'Hutang' Kalau Saldo KurangredBus akan segera memperkenalkan inovasi berbasis teknologi seperti navigasi ke terminal boarding dan pelacakan bus langsung menggunakan GPS. Untuk membantu perusahaan otobus menjadi lebih efisien dalam operasional mereka, redBus juga akan menyediakan analisis pasar dan permintaan serta solusi manajemen hasil bagi para perusahaan otobus.Sebagai tawaran perkenalan, seiring dengan berlangsungnya musim liburan dan liburan akhir tahun, redBus memberikan diskon hingga 35% untuk semua pemesanan tiket bus dan shuttle bus. Pengguna dapat memanfaatkan diskon tersebut dengan menggunakan kode: LAUNCH35 di redbus.id atau dengan mengunduh aplikasi mobile redBus dari Google Playstore atau Apple app store. Selain promo ini, pengguna juga dapat menikmati diskon dari perusahaan otobus serta diskon rute khusus dengan jaminan uang kembali yang tersedia di platform.

Baca Juga : Terobosan Aplikasi Pesaing Gojek Asli Indonesia Ini Pasti Bikin Driver Tak Demo Lagi

Seputar redBusredBus didirikan pada tahun 2006 di India dan saat ini merupakan platform tiket bus online terbesar di dunia. Setelah menyelesaikan permasalahan rumit yang dialami pelanggan bus di India, redBus juga meluncurkan layanannya di Singapura dan Malaysia pada tahun 2015,Tahun berikutnya, mereka mengakuisisi saham mayoritas di Peru berdasarkan platform tiket bus Busportal (sekarang redBus.Pe). Dengan akuisisi ini, redBus berhasil meluncurkan operasi di pasar Amerika Latin, Peru & segera sesudahnya, Kolombia.

Baca Juga : Cara Mudah Ketahui Semua Rute dan Jadwal Kendaraan UmumSecara global redBus telah menjual lebih dari 100 juta tiket bus hingga saat ini dan memiliki basis aplikasi lebih dari 15 juta pengguna. redBus kini menjadi bagian dari grup MakeMyTrip (Nasdaq, MMYT) yang merupakan agregator perjalanan terbesar di India dengan penawaran di berbagai kategori seperti Penerbangan, Hotel, Paket Liburan, dll.Ada tiga produk redBus yaitu redBus, redProWin dan redBus Partner, yang melayani dan menangani industri bus yang terfragmentasi di seluruh geografi.

Baca Juga : Cara Mudah Pajak Online Kendaraan, Cocok Buat Kamu yang Sibuk Banget

redBusAplikasi redBus memungkinkan pelanggan membeli tiket bus secara online. Konsumen, tergantung di mana mereka tinggal, dapat mengakses redBus di web (redbus.in, redbus.my, redbus.sg, redbus.id, redbus.pe dan redbus.co). Mereka juga dapat mengunduh aplikasi mobile berperingkat tinggi dari Google Play Store dan Apple App Store. Pelanggan bisa mencari layanan bus pada rute pilihannya, memesan tempat duduk dan melakukan pembayaran serta mengkonfirmasi pemesanan. Cara ini mempersatukan penyedia layanan dan pembeli pada satu platform untuk memfasilitasi pemesanan bus yang mudah.

Baca Juga : Sering Lupa Tempat Parkir Kendaraanmu? Coba Gunakan Aplikasi Ini!redProWinAdapun redProWin adalah solusi berbasis cloud yang dibuat untuk operator bus. Sekitar 800+ operator bus di India, Asia Tenggara dan Amerika Latin menggunakan platform ini untuk operasi sehari-hari mereka. Perangkat lunak manajemen inventaris yang revolusioner memastikan realisasi kursi dan pemanfaatan sumber daya, sehingga meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi operator bus.

Baca Juga : Sakpole, Bayar Pajak Kendaraan Dari Mana Saja Tanpa Antri Loh

Selama bertahun-tahun, melalui penggunaan teknik & analitik data, redBus telah menawarkan fitur seperti pelacakan bus LIVE, penetapan harga yang dinamis, pengelolaan hubungan dengan pelanggan, dll. Hal ini telah membantu operator bus meningkatkan efisiensi operasional serta kualitas layanan.redBus Partner redBus Partneradalah GDS untuk distribusi persediaan bus dan hingga kini telah digunakan oleh lebih dari 20.000 agen ritel dan 200+ OTA untuk menjual tiket bus ke pelanggan mereka. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya