Follow Us

Avast Cleanup Terbaru Bisa Merapihkan PC dan Mac, Tak Sekedar Antivirus

Wahyu Subyanto - Rabu, 31 Oktober 2018 | 15:03
Ilustrasi Avast CleanUp
onlineprivacytips

Ilustrasi Avast CleanUp

Nextren.com - Produsen antivirus Avast, mengumumkan produk Avast Cleanup versi terbaru untuk PC dan Mac.Ini adalah produk pemeliharaan dan optimalisasi kinerja yang diklaim dapat membuat komputer beroperasi layaknya perangkat baru. Alat ini membantu pengguna PC agar dapat menyingkirkan perangkat lunak 'zombie' digital yang tidak dibutuhkan lagi oleh pengguna dengan mudah. Untuk pengguna Mac, produk ini dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan foto perangkat pengguna untuk menghemat ruang dan meningkatkan kinerja sistem.

Baca Juga : Cara Mudah Daftar WhatsApp Tanpa Harus Pakai Nomor Telepon Avast Cleanup for PC: Mengkarantina dan menghapus aplikasi yang tidak digunakanBiasanya, banyak PC dan laptop baik yang masih baru maupun yang sudah lama dioperasikan memiliki perangkat lunak/aplikasi yang tidak diperlukan lagi.Bisa juga karena keberadaan awalnya tidak pernah diketahui oleh pengguna. Aplikasi tersebut dapat memenuhi ruang penyimpanan dan mempengaruhi kinerja keseluruhan, keandalan sistem, dan masa pakai baterai.

Baca Juga : Kominfo: Indocomtech 2018 Sebagai Wadah Pembelajaran dan Inspirasi

Fitur ‘Software Cleanup' yang telah diperbaharui merupakan bagian dari Avast Cleanup yang diperuntukkan untuk PC. Fitur ini berfungsi untuk memburu aplikasi 'zombie': Avast Cleanup untuk PC mendeteksi adware, versi trial dari perangkat lunak, toolbars, dan pre-installed perangkat lunak lainnya.Avast Cleanup versi terbaru juga dapat mengidentifikasi program yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama.Avast Cleanup untuk PC me-list semua perangkat lunak yang terinstal, yang didasarkan pada blacklist / whitelist, algoritma heuristik, mesin rekomendasi Avast dan juga peringkat pengguna berbasis cloud.

Baca Juga : Realme C1 Laris Manis Tetapi Banyak Yang Mengeluh, Kenapa?

Avast Cleanup 2018
avast

Avast Cleanup 2018

Hal ini membantu pengguna dalam memutuskan perangkat lunak mana yang akan dihapus dan yang harus dipertahankan di PC mereka. Apabila ada keraguan tentang aplikasi tertentu, pengguna dapat menggunakan fitur karantina untuk menempatkan aplikasi tersebut di zona aman terlebih dahulu sehingga aplikasi yang dikarantina tersebut tidak mengkonsumsi baterai.Selanjutnya menghilangkan program itu pada saat pengguna yakin aplikasi itu tidak diperlukan lagi.Dalam beberapa kasus, mungkin pengguna tidak ingin meng-uninstall aplikasi yang mereka gunakan secara teratur, tetapi ingin memastikan bahwa aplikasi itu tidak menguras baterai saat tidak digunakan.

Baca Juga : 5 Deretan Smartphone Keren dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

'Sleep Mode' milik Avast yang dipatenkan akan membekukan sementara semua aktivitas latar belakang dari suatu aplikasi, seperti layanan, tugas terjadwal, atau item-item mulai saat tidak digunakan. Ketika pengguna mengoperasikannya, Avast Cleanup untuk PC akan mengaktifkan kembali aplikasi secara otomatis. Hal ini dapat menghemat sumber daya dan dapat meningkatkan kinerja terutama ketika pengguna memiliki banyak program yang diinstal di perangkatnya.

Baca Juga : Gelombang Otak Bisa Jadi Password, Peneliti Sudah Tahu CaranyaAvast Cleanup for Mac: Membenahi galeri foto yang berantakanDewasa ini, masyarakat sering memotret adegan atau objek yang sama berulang kali agar nantinya dapat memilih foto yang terbaik. Namun pemilihan foto ini sering dilupakan sehingga Avast Cleanup for Mac hadir dengan fitur Pembersih Foto baru.Fitur ini dapat mengidentifikasi foto berkualitas rendah atau yang terlalu banyak.

Selanjutnya akan ditunjukkan pada pengguna sehingga mereka dapat memilih foto mana yang akan dihapus.

Baca Juga : Xiaomi Yi Tawarkan Keamanan Rumah Lewat CCTV Mulai Rp 300 Ribuan

Photo Cleaner akan menemukan foto yang identik atau sangat mirip dan foto yang berkualitas rendah seperti foto yang beresolusi sangat kecil, buram, terlalu gelap atau terlalu jenuh. Photo Cleaner kemudian akan merekomendasikan ke pengguna untuk menghapus photonya sehingga hal tersebut dapat membebaskan memori.Avast Cleanup untuk PC dapat diunduh dengan biaya langganan tahunan sebesar $ 49,99 dan Avast Cleanup untuk Mac sebesar $ 59,99. Persyaratan sistem PC yang harus dipenuhi antara lain Windows 7, 8 dan 10 dan Pentium IV atau Athlon 64 kelas CPU dengan 256 MB RAM.

Baca Juga : Xiaomi Mi A2 RAM 6GB Resmi Hadir di India, Sudah Ada di Indonesia versi BMSedangkan untuk Mac ialah macOS 10.9 (Maverick) atau lebih baru dengan setidaknya 500 MB ruang disk. Koneksi Internet juga diperlukan untuk pembaruan keamanan otomatis.Avast saat ini digunakan lebih dari 400 juta pengguna online.Avast menawarkan produk di bawah merek Avast dan AVG untuk melindungi pengguna dari ancaman di internet dan ancaman IoT yang terus berkembang. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest