Follow Us

China Bakal Terangi Langit Malam Pakai Bulan Buatan

David Novan Buana - Kamis, 18 Oktober 2018 | 20:10
Pada 2020, China akan punya dua bulan untuk terangi malam.
news.cgtn.com

Pada 2020, China akan punya dua bulan untuk terangi malam.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Rasanya hanya China saja yang bisa punya rencana untuk terangi langit malam dengan meluncurkan satelit yang berfungsi sebagai bulan buatan.

Melalui satelit penerangan tersebut, langit malam di kota China Chengdu yang merencanakan aksi tersebut akan diterangi oleh obyek di langit dengan kekuatan 8 kali cahaya bulan.

Satelit yang rencananya akan diluncurkan pada 2020 tersebut, hanya dua tahun lagi, akan bisa dikendalikan dari Bumi untuk menerangi bagian tertentu di Chengdu.

Baca Juga : Gubernur California Berencana Luncurkan Satelit Cuaca Tanpa NASA

Menariknya, pihak China yang diwakili oleh Wu Chunfeng selaku pimpinan dari kontraktor antariksa privat Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co. (Casc), mengatakan sudah sempat meluncurkan satelit prototipnya selama beberapa tahun belakangan.

Itu sebabnya teknologi untuk satelit penerangan langit tersebut sudah matang, dan bisa diluncurkan pada 2020 nanti.

Cahaya yang dihasilkan oleh satelit juga dikatakan bisa menerangi daerah dengan diameter 10 hingga 80 Km, dengan pengendalian penerangannya berada di radius puluhan meter.

Masih belum diketahui apakah rencana tersebut didukung pula oleh pemerintah pusat China, tetapi Casc sendiri adalah kontraktor untuk program antariksa negara China.

Jadi ada kemungkinan pemerintah mendukung teknologi tersebut, dan seperti yang diketahui oleh orang di kalangan teknologi, China memiliki teknologi antariksa lebih baik dibandingkan Amerika Serikat.

Tentu saja ada kekhawatiran bahwa cahaya yang dihasilkan oleh satelit tersebut akan menganggu ekosistem hewan, terutama hewan nocturnal.

Tidak hanya akan menganggu siklus tidur mereka, tetapi juga akan menyebabkan rusaknya rantai makanan karena hewan yang dimangsa tidak akan keluar dari persembunyiannya seperti ketika gelap.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest