Follow Us

Facebook Berikan Cara Untuk Memeriksa Apakah Akunmu Kena Hack

David Novan Buana - Minggu, 14 Oktober 2018 | 21:56
Facebook
Pexels

Facebook

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Facebook akhirnya membuka akses untuk memeriksa apakah akunmu terkena dampak pembobolan keamanan yang terjadi beberapa saat lalu.

Sebelumnya, Facebook menyatakan setidaknya ada 50 juta akun yang terkena dampaknya, dan kini dinyatakan hanya 30 juta akun yang positif tersentuh hacker.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apakah akunmu adalah salah satunya, kamu bisa memeriksanya di website khusus ini.

Baca Juga : Pembobolan Data 50 Juta Akun Facebook Terjadi lagi, Kini di Indonesia

Serangan terparah yang dialami oleh Facebook ini terjadi karena hacker berhasil mempergunakan kelemahan sistem dan mencuri kunci digital bernama access token.

Dari 30 juta akun yang berhasil dicuri access token oleh hacker, mereka terbagi ke dalam tiga kategori pembobolan data.

Pertama adalah akun yang dicuri nama dan informasi kontaknya, akun tersebut berjumlah sekitar 15 juta buah.

Sedangkan untuk akun yang menderita kerusakan terparah adalah yang telah diakses beragam datanya, seperti username, jenis kelamin, lokasi, bahasa, status hubungan, agama, alamat rumah, kota, tanggal lahir, pendidikan, dan pekerjaan.

Tidak sampai di situ, hacker juga berhasil mendapatkan data lain seperti tempat yang mereka tag, website, orang, atau halaman web yang disukai dan diikuti.

Ditambah lagi informasi seperti topik apa yang diakses di mesin pencarian serta perangkat yang digunakan untuk mengakses Facebook.

Dilihat dari situ, hampir semua data mengenai pengguna akun berhasil dibobol untuk kategori ini, sehingga keamanan mereka di dunia nyata menjadi terancam.

Source : Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest