Follow Us

Cara Mengenali Hoax di Facebook, Ini 10 Tips Langsung dari Sumbernya

None - Selasa, 09 Oktober 2018 | 19:02
Rosetta menjaga Facebook dari konten gambar dan video yang melanggar aturan.
http://www.freepressjournal.in

Rosetta menjaga Facebook dari konten gambar dan video yang melanggar aturan.

Nextren.com - Saat ini cara seseorang mendapatkan informasi memang sudah berubah.Tak hanya dari media resmi, tapi lebih banyak dari media sosial, seperti Facebook, twitter, dan lainnya.Berkat internet dan media sosial, informasi semakin mudah didapat. Namun karena ini pula berita palsu alias hoaks bisa beredar dengan luas dan cepat di publik.

Baca Juga : Huawei Bakal Segera Luncurkan Hape Gaming Baru Bertajuk Mate 20X Hoaks banyak ditemukan bertebaran di jejaring sosial, pesan berantai yang diteruskan lewat instant messenger, hingga situs yang memang sengaja memuat berita palsu. Bagaimana cara mengenali berita palsu supaya tak terjebak percaya, apalagi sampai ikut menyebarkannya? Facebook sendiri sudah memberikan sejumlah tips untuk menghindari hoax yang disebar lewat postingan Facebook, seperti dilansir dari KompasTekno.

1. Jangan langsung percaya dengan judul Hilangkan kebiasaan membaca berita dari judulnya saja. Buka berita tersebut, baca, dan proses secara perlahan.

Baca Juga : Google Gulung Bisnis Layanan Google Plus, Berpotensi Membahayakan!

2. Periksa URL atau alamat situsnya URL berita palsu biasanya berisi situs abal-abal yang alamatnya dibuat supaya mirip dengan situs resmi. Banyak situs berita palsu yang berupaya menipu pembaca dengan sedikit mengubah alamat URL. Cara untuk memastikannya bisa dengan membuka situs yang tercantum dan membandingkan alamat URL-nya dengan sumber terpercaya. 3. Cari tahu sumbernya Berita valid berasal dari sumber yang terpercaya. Telusuri dan cek sumber berita yang biasanya tercantum pada bagian bawah berita, pastikan memang benar-benar kredibel.

Baca Juga : Gempa Palu dan Donggala, Jaringan Indosat Pulih 90 PersenJika sumbernya merupakan organisasi tidak dikenal, lihat bagian "tentang" (about) di situsnya untuk melihat latar belakang mereka. Kalau ada yang mencurigakan, bisa jadi situsnya abal-abal. 4. Perhatikan penulisan dan format artikel/berita Berita hoaks seringkali mengandung kesalahan penulisan, baik tanda baca seperti koma, titik, huruf kapital, dan kesalahan penulisan lainnya. Hal ini sepele namun patut untuk diperhatikan.

Baca Juga : Game Fortnite Takkan Biarkan Pemain Curangnya Menang, Gamer Hati-hati!

5. Validasi foto yang yang ada DI era digital, apapun bisa dimanipulasi, termasuk foto dan video. Maka jangan langsung percaya dengan foto apapun. Kalaupun foto memang asli, bisa jadi konteks penggunaannya berbeda. Telusuri foto di pencarian internet untuk mencari tahu asalnya. Berita terpercaya memiliki sumber foto atau gambar yang tercantum di dalamnya. Foto biasanya tercantum sumber foto atau nama pengambil fotonya.

Baca Juga : Aplikasi Baru Pengganti Yahoo Messeger yang Telah Gulung Tikar 6. Periksa tanggal berita Tanggal berita merupakan bagian penting dalam sebuah berita. Periksa tanggal peredaran berita tersebut dan cocokkan dengan waktu dan masalah yang terjadi, terkait isu di dalamnya. Jangan lupa pula, tanggal peristiwa juga bisa diubah untuk mengelabui pembaca.

Baca Juga : 4 Kelebihan dan Kekurangan Pocophone F1 yang Harus Kamu Ketahui!

7. Cek bukti atau detail pendukung Sebuah berita kredibel memiliki beberapa pendukung atau kutipan dari para ahli dan sumber. Jika tidak ada, atau tidak menyebutkan nama sumber dengan jelas, validitasnya diragukan. 8. Kroscek dengan berita lain Periksa kebenaran sebuah laporan dengan laporan dari sumber berita lain tentang hal yang sama. Apabila tak ada berita lain yang membahas hal serupa, bisa jadi topik bahasannya memang tak pernah ada. Sebaliknya, apabila ada sumber-sumber kredibel lain yang bisa memperkuat pelaporan sebuah berita, maka ia semakin layak dipercaya.

Baca Juga : Apa Itu Extreme Overclocking? Apakah Bisa Digunakan Di Komputermu?9. Periksa keseriusan berita Kadang sebuah berita bohong tidak dimaksudkan untuk sengaja menyesatkan pembaca, melainkan sebagai humor belaka. Cek apakah sumber berita memang biasa menampilkan prodi, perhatikan juga nadanya, apakah serius atau bercanda/kasar. 10. Pelihara sikap kritis Yang terpenting, pembaca harus tetap kritis dan skeptis menyikapi segala informasi. Hanya teruskan berita yang diketahui memang bisa dipercaya. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Mengenali Hoaks dari Facebook"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest