Follow Us

Cara Mengatasi Hape Android Lemot Dengan 6 Cara Mudah

Wahyu Subyanto - Selasa, 03 Juli 2018 | 16:38
Ilustrasi hape lemot
way

Ilustrasi hape lemot

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Smartphone saat ini terasa lebih mudah lemot, sehingga menganggu aktifitas sehari-hari.Tanpa disadari, memang banyak 'sampah' digital yang selalu dibuat oleh smartphone.Bentuknya berupa informasi aplikasi yang tak terpakai, termasuk cache memori dari WhatsApp, Facebook, Instagran dan sejenisnya.Sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang bisa membantu mengurangi lemot smartphone kamu.1. Efek 3 DimensiSiapa yang tak suka tampilan animasi di hapenya?Ya, tampilan efek 3 dimensi memang nggak bikin bosan.

(BACA : Dikabarkan Akan Segera PHK 1500 Karyawan, Benarkah HTC Bangkrut? )Namun ada resikonya, yaitu membebani kinerja hape dan bikin boros baterai, karena hape selalu memproses tampilan yang bergerak tersebut.Jadi ada baiknya kamu matikan saja efek 3 dimensi atau biasa disebut Live Wallpaper di hapemu.2. HomescreenAgar memudahkan penggunaan, Home screen atau layar utama hape biasanya dipenuhi oleh shortcut (pemintas) aplikasi. Kurangi shortcut di home screen tersebut agar tak menumpuk dan malah mengganggu kinerja serta tampilan ponselmu.

3. Aplikasi Tak Terpakai Akibat mudahnya install aplikasi yang kebanyakan gratis, maka orang biasanya seenaknya menginstall aplikasi.Biasanya karena tergoda iklan yang muncul tiba-tiba, dari aplikasi gratisan yang sudah diinstall sebelumnya.Setelah dicoba sekali dan merasa tak berguna, bukannya dihapus tapi dibiarkan dulu dengan harapan akan berguna suatu saat.

(BACA : OnePlus 7 Dikabarkan Bakal Jadi Hape 5G Pertama di Dunia, Siap Ngebut! )Nah, hindari kebiasaan menumpuk aplikasi yang tak terpakai ini. Lebih baik hapus beragam aplikasi dan game yang tak terpakai di hape, karena akan membebani saat membaca informasi di memori hape. Kalau suatu saat kamu butuh, lebih baik download ulang lewat saat mendapatkan sinyal WiFi.4. Uupdate OSSistem operasi smartphone yang terlambat dperbaharui atau diupdate, akan berpengaruh terhadap kinerja smartphone dalam memproses data. Jadi, langsung update sistem operasi hape kamu ya setiap muncul pembaharuan (update).

(BACA : Jelang Musim Haji, XL Beri Paket Internet Haji Tarif Rp 350 Ribu )5. Cache AplikasiDi Android, semua aplikasi akan meninggalkan data-data sampah (cache) hasil pemrosesan yang dilakukan aplikasi atau game.Soalnya, aplikasi atau game akan menyimpan cache dari data yang sebelumnya telah diproses.

Tujuannya sebenarnya juga baik, yaitu agar aplikasi yang sudah pernah dibuka sebelumnya nantinya bisa dibuka kembali lebih cepat. Setelah proses berjalan, maka cache yang tersimpan tersebut akan semakin besar, lalu menumpuk dan membuat berat kinerja smartphonemu. Jadi, secara teratur bersihkan chace tiap aplikasi yang sering kamu buka agar tak menumpuk.6. Factory ResetCara paling ampuh, mudah dan cepat mengembalikan kinerja hape agar enteng, adalah dengan melakukan Factory Reset.Factory Reset akan menghapus semua aplikasi, game, cache dan data apapun yang pernah ada di sebuah hape, menjadi kosong seperti baru dibeli pertama kali.Semua data akan dihapus, termasuk kontak, dokumen dan koleksi foto video.

(BACA : Ini Link Lengkap Untuk Pengumuman SBMPTN 2018, Semoga Berhasil! )Jadi sebelum melakukan factory reset, kamu harus backup dulu semua data yang diperlukan.Ada cara yang bisa dilakukan sebelumnya, agar kamu tak perlu repot-repot melakukan Backup data-data, yaitu dengan membiasakan diri menyimpan semua data ke microSD atau ke internet.Menyimpan data secara online bisa dilakukan baik lewat aplikasi, maupun ke penyedia penyimpanan online (cloud), seperti Google Drive, Dropbox, atau cara termudah adalah menyimpan di GMail. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest