Follow Us

Perbandingan Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S8, Beda Banget Nggak Sih?

Wahyu Subyanto - Kamis, 01 Maret 2018 | 19:39
Samsung Galaxy S9 dan S9+
slashgear

Samsung Galaxy S9 dan S9+

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id - Akhirnya,Samsung resmi merilis Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang banyak dinantikan pecinta gadget di seluruh dunia.Kedua hape kelas atas Samsung itu menjadi penerus Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus.Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus yang sudah beredar di pasar tahun lalu, memang terbukti sangat mantap baik kinerja maupun kameranya.Maka, kehadiran Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus sebagai penerusnya, tentu membuat penasaran, sebenarnya apa saja sih kelebihan yang dibawanya?

(BACA : WhatsApp untuk iPhone Tawarkan Stiker Waktu dan Lokasi, Makin Seru! )Meskipun secara desain terlihat mirip, Samsung Galaxy S9 dan S9+ dan Galaxy S8 dan S8+ juga punya banyak perbedaannya.Berikut persamaan antara Galaxy S8 dan S8 Plus.1. Secara desain bisa dibilang nyaris sama persis2. Layar Super AMOLED 5.8 inci, resolusi 1440 x 2960 pixel, dilapisi Gorilla Glass 5, serta fitur Always-on display.3. Baterai Li-Ion 3000 mAh, dilengkapi fast charging

4. Kamera utama sama-sama dual kamera 12MP, hanya saja bukaan lensa di Galaxy S9 lebih besar (f/1.5)5. Kamera depan sama-sama resolusi 8MP, dengan fitur sama

(BACA : Perbandingan Samsung Galaxy S9 dan Asus Zenfone 5, Lebih Mantap Mana? )Sementara itu perbandingan spesifikasi keduanya adalah sebagai berikut.Desain SamaSebagai smartphone kelas paling atas Samsung, desain Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus ini dianggap mengecewakan.Tak ada banyak perubahan atau perbaikan dari sisi desain, dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus.Bahkan, desain keduanya sangat mirip, meski bezel di bagian atas dan bawah Galaxy S9 dan S9+ sedikit dikurangi.Hasilnya adalah tampilan yang lebih ringkas dengan layar yang tetap sama.Hal lainnya, fingerprint Galaxy S9 yang ada di bodi belakang ditaruh di bawah kamera, sementara di Galaxy S8 ada di samping kamera.

Samsung Galaxy S8 dan S8+
phonearena

Samsung Galaxy S8 dan S8+

Ini memang hal yang diharapkan pengguna Galaxy S8, karena terasa lebih mudah diakses.

(BACA : Plus Minus Hape dengan Baterai Tanam, Belum Banyak yang Tahu Nih! )KameraIni adalah fitur yang paling dinantikan dari Galaxy S9, membuat penasaran pemilik Galaxy S8 akan sebaik apa perbaikannya.Secara resolusi, ternyata masih sama saja yaitu memakai dual kamera 12 MP.Perbaikannya adalah kamera Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus diberikan Super Speed Dual Pixel.Hal itu membuat kamera bisa fokus lebih cepat serta mengurangi noise dalam kondisi low light.

(BACA : Perbandingan Samsung Galaxy S9 dan Nokia 8 Sirocco, Pilih Mana Ya? )Perbaikan di kamera Galaxy S9 dan S9 Plus yang satu ini paling penting dan menjadi pertama diterapkan di smartphone, yaitu dibekali kemampuan perpindahan aperture antara f/1.5 yang lebar dan aperture f/2.4. Sementara di Galaxy S8, aperturenya f/1.7.Aperture f/1.5 saat ini menjadi bukaan lensa kamera paling besar untuk sebuah kamera hape, membuat cahaya masuk bisa jauh lebih banyak.

Samsung Galaxy S9 dan S9+
slashgear

Samsung Galaxy S9 dan S9+

Makin banyak cahaya yang bisa masuk, tentu saja bisa memotret lebih baik dalam kondisi kurang cahaya (low light).Sementara aperture f/2.4 punya keunggulan bisa mendapatkan obyek yang lebih detil.

(BACA : Cara Jitu Temukan Judul Lagu Kesukaan Tanpa Menulis Liriknya di Google )Dual kamera belakang Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, bisa menghasilkan efek bokeh yang bisa diatur alias Live Focus.Prosesor dan MemoriUntuk pasar Amerika Serikat dan Tiongkok, Samsung Galaxy S9 dan S9+ dibenamkan chipset Snapdragon 845, sedangkan negara lainnya diberikan chipset Exynos 9810.Sementara untuk Galaxy S8 dan S8+ di AS dan Tiongkok, memakai Snapdragon 835, sedangkan negara lainnya memakai Exynos 8895. Sisi memori RAM juga ditingkatkan, yaitu dari 4GB (Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus) menjadi 6GB di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.Sementara memori internalnya masih sama, yaitu 64 GB.

(BACA : Heboh Asus Zenfone 5 Disebut Mirip iPhone X, Ini Alasannya )

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest